Kerupuk Kulit Ikan Patin Nge’Dani dari Cirebon, Digemari Semua Kalangan*

Kota Cirebon terletak di wilayah pantai bagian utara Jawa atau dikenal sebagai jalur pantura. Cirebon dikenal dengan julukan Kota Udang.

Sebutan ini bukan tanpa alasan. Sebab, sejak masa kepemimpinan Pangeran Cakrabuana alias Raden Walangsungsang, Cirebon dikenal sebagai kota penghasil udang rebon.

Tak heran bila terasi udang atau rebon kerap menjadi buah tangan. Selain terasi udang dan rebon, Cirebon mempunyai beberapa oleh-oleh khas daerah.

Baca juga: Ragam Oleh-oleh Khas Makassar, Mulai dari Kain Tenun Sampai Kopi Toraja

Antara lain, tape ketan daun jambu, sirup legendaris Tjampolay, hingga kerupuk kulit ikan patin.

Kerupuk kulit ikan yang satu ini diolah dari kulit ikan patin asli nan segar yang melalui proses penjemuran matahari. Memiliki citarasa yang gurih dengan menggunakan perpaduan rempah-rempah pilihan yang semakin meningkatkan citarasa kelezatannya.

Salah satu brand kerupuk kulit ikan patin yang bisa jadi pilihan adalah Patin Nge’Dani. Oleh-oleh khas Cirebon ini disebur bisa bikin ketagihan dan digemari oleh warga setempat hingga luar daerah.

Pendiri Kerupuk Kulit Ikan Patin Nge’Dani, Dani Maulana merintis usaha ini dari nol. Bahkan, sebelum terjun ke dunia bisnis, Dani berprofesi sebagai marketing di perusahaan distribusi.

Baca juga: 3 Jurus Bertahan Buat UMKM di Era Disrupsi

Dani memulai usaha kerupuk kulit ini pada November 2019. Di awal produksi Dani hanya mampu membuat 1 kg kerupuk kulit. Namun saat ini bertambah hingga 200 kg.

Tak hanya untuk diri sendiri, usaha ini juga bermanfaat buat orang lain dengan mempekerjakan untuk packingnya.

Harga yang ditawarkan kerupuk kulit ikan Patin Nge’Dani pun terbilang terjangkau dengan rasa yang nikmat. Makanan khas ini banyak dijumpai di toko-toko oleh-oleh di Kota Cirebon.

Mematok harga ekonomis mulai dari Rp2.000-Rp20.000, Dani menjualnya di warung-warung kelontong, kantin, termasuk di kantin sahabat yang ada di Bima.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

Dani juga menawarkan kemasan premium yang dibanderol Rp20.000 per kemasan. Berbeda dengan harga ekonomis, kemasan premium ini hanya dijual di rumah makan-rumah makan seperti RM Lawang Abang jl pemuda, RM Istana SOP patin sumber, H Moel seafood Sudarso, dan beberapa toko oleh-oleh di Cirebon seperti Pangestu sukalila, mall UKM di DPPUKM Cipto, Rumah BUMN PLN Gunungsari.

Selain itu, Dani juga menyediakan produknya secara online agar bisa dipesan oleh pembeli dari seluruh kota di Indonesia melalui layanan Pesona Oleh-oleh Nusantara (Pesona).

 

*Artikel ini merupakan bentuk kerjasama antara JNEWS Online dengan Pesona Nusantara, sebuah wadah online bagi para pelaku UMKM untuk menjual oleh-oleh dan makanan khas lokal dari berbagai daerah di daerah Indonesia.

 

Exit mobile version