Ketahui Fungsi Japan Rail Pass Sebelum Liburan ke Jepang

fungsi japan rail pass

Fungsi Japan Rail Pass – Buat kamu yang hobi bepergian, sudah tentu paham bahwa sebelum berangkat kamu musti melakukan berbagai macam persiapan. Selain mempersiapkan barang bawaan, seperti pakaian, uang, itinerary, hingga obat-obatan, kamu juga perlu mempersiapkan transportasi ketika berada di tempat tujuan wisata.

Jika kamu ada rencana untuk pergi ke Jepang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya JR Pass. Pasti beberapa orang ada yang menyarankan jika kamu pergi ke Jepang sebaiknya membeli tiket tersebut.

Saran tersebut ada benarnya, ada juga tidaknya. Nah, lalu apa itu JR Pass? Apakah kamu wajib membeli tiket tersebut kalau ke Jepang? Simak informasinya berikut ini!

Baca Juga: Tempat Wisata Mulai Dibuka Kembali, Cek Tips Aman Liburan Berikut

Apa itu JR Pass?

Sesuai namanya, JR Pass atau Japan Rail Pass sendiri merupakan tiket terusan untuk menaiki tranportasi umum di Jepang, baik itu kereta, shinkansen (kereta cepat), maupun bus. Hanya saja, tiket ini hanya berlaku untuk transportasi milik perusahaan Japan Railway (JR).

Dengan kata lain Japan Rail Pass ini hanya bisa digunakan pada kereta yang masuk ke dalam jaringan JR, seperti JR Kyushu, JR Shikoku, JR West, JR Center, JR East, dan JR Hokkaido. Jika kita memiliki Japan Rail Pass , kita cuma menunjukkan pass ini kepada petugas stasiun dan kita bisa masuk ke dalam tanpa harus mengantri membeli atau mengisi tiket.

Jenis JR Pass

Sebelum kamu membelinya, kamu tentu harus mengetahui jenis-jenisnya. Ada dua jenis, yakni JR Pass Ordinary dan JR Pass Green 1st Class. Kalau kamu membeli yang JR Pass Green 1st Class, maka kamu bisa menikmati perjalanan yang nyaman ala kelas eksekutif dan bisnis dengan kursi yang lebih lebar.

Untuk yang JR Pass Ordinary kamu bisa mengeluarkan kocek sekitar Rp3,7 juta untuk dewasa dan Rp1,9 juta untuk anak-anak. Sementara yang JR Pass Green harga yang dijual sekitar Rp5,3 juta untuk dewasa dan Rp2,6 juta untuk anak-anak.

Baca Juga: Aturan Baru, Calon Penumpang Pesawat Wajib PCR

Harga yang dimaksud untuk perjalanan selama 7 hari. Selain 7 hari, ada juga pass untuk perjalanan 14 hari dan 21 hari. Harganya pun akan lebih mahal.

Ada juga pass yang khusus untuk wilayah tertentu. Seperti misalnya jika kamu hanya ke Hokkaido, maka sebaiknya membeli JR Hokkaido Rail Pass saja. Ketika kamu sedang berada di Osaka saja, maka beli yang JR West, karena bisa dipakai di Kyoto, Nara, Kobe, Himeji, yang notabene letaknya dekatan dengan Osaka.

Apakah kamu harus beli JR Pass?

Nah, pertanyaan seperti itu mungkin sering terlontar ketika seseorang ingin membeli Japan Rail Pass. Jawabannya adalah tergantung dengan tujuan wisatamu. Jika kamu hanya berlibur di Tokyo dan tidak bepergian ke luar Tokyo, maka sebaiknya jangan.

Japan Rail Pass memang hanya bisa dipakai di jaringan JR saja, tidak bisa dipakai di luar kereta lainnya. Untuk bepergian di Tokyo, kamu bisa menggunakan jalur lain, seperti subway, metro, Keihan, Odakyu, Keio, dan lainnya. Kamu bisa mengandalkan pass lain, seperti Tokyo Subway Pass yang dijual dengan harga lebih murah.

Lain ceritanya kalau kamu bepergian ke tiga kota selama 7 hari, maka akan sangat berguna. Apalagi misalnya dari Tokyo, kamu mau pergi ke Hokkaido, Kyoto, Osaka, atau kota lainnya, maka disarankan untuk membelinya

Baca Juga: Cara Membuat Visa Agar Tidak Ditolak

Exit mobile version