Ketika Enceng Gondok Membawa Berkah Bagi Rumah Anyaman

Dari sesuatu yang danggap menjadi hama tanaman, UKM Rumah Ayaman Mandiri milik Elsa Padidipur di Kota Makassar, sukses menyulapnya menjadi sebuah kerajinan yang justru menghasilkan cuan alias penghasilan.

Yup, bermodalkan enceng gondok yang melimpah di beberapa sungai sekitar rumah, Elsa mencoba berkreasi dengan membuat anyaman. Seperti diketahui, tumbuhan ini memang memiliki tekstur yang sangat berserat yang cocok untuk dibentuk menjadi kerajinan.

Anyaman yang dibentuk Elsa dari enceng gondok memiliki ragam bentuk dan bisa dibilang cukup mempesona. Mulai dari kota tisu, aneka bentuk tas kaum hawa, keranjang, tudung saji, sampai dijadikan alas kaki atau sandal.

“Tumbuhan ini sangat mudah ditemui dan bahkan cenderung menjadi hama jika jumlahnya terlalu banyak di perairan. Untuk itu saya mencoba cari cara untuk bisa memanfaatkan tumbuhan itu menjadi produk kerajinan tangan” ujarnya.

Enceng Gondok

BACA JUGA : Dari Skateboard Bekas, Kacamata Kabau Tembus Pasar Mancanegara

Eceng gondok atau Eichhornua Crassipes sudah menjadi ciri khas bagi UKM Elsa. Ragam karajinan tangan yang dibuatnya pun makin menarik dengan dipadukan warna-warna serta aneka aksesories.

Menariknya, UKM anyaman yang digawangi Elsa melalui tanaman hama itu tak hanya dimanfaatkan sendiri. Elsa ikut berbagi kebahagian dan berkat dengan membuka lapangan pekerjaan, terutam bagi ibu rumah tangga dan kalangan lainnya.

Bermula dari empat orang pekerja, kini usai Elsa bergaung dengan Pertamina, dia mampu memberdayakan 10 perkerja ibu rumah tangga, janda, sampai anak yatim dari panti usuhan untuk meracik eceng gondol menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual.

Upaya ini menjadi salah satu implementasi dari SDGs tujuan ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Perkembangan usaha Elsa dari tahun ke tahun makin meningkat.

Selain di lingkup Makassar, dia mampu menjual produknya hingga ke Surabaya, Kalimantan, dan Papua. “Semoga terus bisa saya kembangkan hingga bisa menjadi peluang untuk ekspor” tandasnya.

Dok ; sulawesibisnis.com

BACA JUGA : Ridwan Kamil Minta Emak-emak se-Jawa Barat Belanja Produk UMKM

Agus Suprijanto, Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, sangat mengapresiasi bisnis yang dijalani oleh Elsa. Menurut dia, Pertamina akan mendukung mimpi Elsa untuk mengekspor produknya hingga terwujud.

“Melalui roadmap pembinaan UMK naik kelas yakni pada tahapan Go Global, Pertamina akan membantu hingga produknya bisa tembus pasar mancanegara,” ujarnya.

Exit mobile version