Kiat Berpuasa Tapi Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

kiat berpuasa tapi tetap sehat

Sumber: Canva.com

JNEWS – Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat Muslim. Namun jika ditilik dari sisi kesehatan, di balik nilai ibadah puasa yang dijalankan selama sebulan penuh, juga tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi tentu saja jika itu dijalankan dengan aturan yang benar dan tidal asal-asalan.

Lalu bagimana memadukan antara kiat berpuasa dengan baik sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan. Berikut 6 tips dan kiat berpuasa yang sehat :

Jangan Tinggalkan Sahur

Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup.

Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat kita cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Sedangkan menyantap makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak.

Segera Berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instan energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

Makanlah Secara Bertahap

Saat berbuka sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar. Namun, makan makanan manis seperti kolak atau minum teh hangat. Kemudian istirahatkan sesaat, bisa kita gunakan jeda itu untuk menjalankan shalat Magrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan. Baru setelah itu bisa melanjutkan kembali makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Dan setelah Tarawih dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

Konsumsi Cukup Air

Lebih dari 60 % tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik setiap organ tubuh kita membutuhkan air. Tanpa air yang cukup tubuh akan mengalami gangguan. Untuk itu perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air di sini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk di dalamnya. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar bisa minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

Kendalikan Emosi

Di antara tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Secara psikologis, ini mempengaruhi mental spiritual kita dan dengan mengendalikan emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat dan merasakan kedekatan dengan Tuhan, sehingga  membuat hati kita damai. *

Baca juga: 7 Superfoods Menu Berbuka Puasa untuk Jaga Energi dan Kesehatan

Exit mobile version