Tren Viral Kirim Pesan Anonim: Pengertian, Risiko, dan Isu Keamanan yang Perlu Diketahui

Pesan anonim dahulu dikenal dengan surat kaleng. Pesan ini dianggap tidak bertanggung jawab, aneh, menakutkan, tapi juga bikin penasaran. Apalagi jika kata-katanya seperti dari seorang pemuja rahasia. Belakangan hal itu dijadikan permainan online di Instagram dan viral.

Interaksi online sudah menjadi salah satu penggerak utama ekonomi. Para developer berlomba-lomba menciptakan tren baru yang sering kali didasarkan pada hal-hal lama atau hal-hal sepele, antara lain seperti surat kaleng ini.

Pengertian Pesan Anonim

Tren Viral Kirim Pesan Anonim: Pengertian, Risiko, dan Isu Keamanan yang Perlu Diketahui

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, arti anonim adalah tanpa nama, tidak beridentitas, awanama, atau tidak ada penandatangannya. Dalam hal ini, seseorang akan mengirimkan pesan tanpa mencantumkan identitas, dan orang lain akan menerima pesan tanpa identitas tersebut.

Di Instagram, pesan anonim ini dikemas dalam bentuk permainan yang memanfaatkan fitur Story. Untuk memainkannya, pengguna Instagram harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang paling populer adalah NGL (Not Gonna Lie), yang bisa diinstal dari Google Play atau App Store.

Pesan anonim ini sangat mudah dimainkan dan menjadi hiburan untuk menyemarakkan suasana akun Instagram yang dimiliki. Yang harus selalu diingat adalah bahwa ini hanyalah permainan, tidak perlu dianggap serius.

Baca juga: 7 Langkah Cara Menambah Instagram Follower yang Mungkin Belum Pernah Dicoba

Risiko Pesan Anonim

Tujuan permainan pesan anonim adalah dikirimnya pesan-pesan tanpa identitas. Jika kemudian muncul rasa penasaran sehingga ingin mengetahui siapa pengirim pesan tersebut, maka sebaiknya permainan dihentikan. Itu merupakan tanda-tanda bahwa mental sudah dipengaruhi secara tidak sehat sehingga sudah keluar dari tujuan permainan.

Karena itu, sebelum mengikuti tren viral ini, ada beberapa risiko yang penting untuk dipahami lebih dahulu, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengirim pesan bisa siapa saja yang diizinkan mengakses Story, meskipun bukan pengikut. Itu artinya, penerima pesan tidak bisa mengontrol apakah pengirim pesan sudah dikenal, orang baik, bukan orang aneh dan sebagainya. Dengan demikian, jika penerima pesan tidak siap mental, maka pesan-pesan tersebut akan mengganggu pikirannya.
  2. Ada kemungkinan pengirim pesan melewati batas dengan menganggap pesannya sangat penting untuk dibalas. Padahal tidak ada kewajiban bagi penerima untuk membalas pesan karena itu hanyalah permainan. Kadang netizen yang kecewa dapat melakukan hal-hal yang di luar nalar.
  3. Buka NGL tapi tidak ada yang mengirimkan pesan berisiko besar bagi yang kurang percaya diri. Orang-orang yang tidak memiliki rasa percaya diri yang baik akan merasa tidak populer, bahkan merasa tidak layak mendapat perhatian. Padahal banyak sekali faktor mengapa orang-orang tidak merespons permainan ini.
  4. Pesan berupa pujian bisa menyebabkan penerima lupa bahwa itu hanyalah permainan. Rasa penasaran terhadap identitas pengirim pesan dapat menyita pikiran sehingga produktivitas dan kreativitas menurun karena sibuk mencari tutorial cara mengetahui siapa pengirim pesan tersebut. Apabila berlanjut, rasa penasaran dapat berubah menjadi khayalan dan obsesi.
  5. Permainan ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan cyberbullying melalui link pesan, baik terhadap orang yang sudah diincar atau random semata. Penerima pesan akan diliputi rasa tidak aman dan kekhawatiran yang berlebihan.

Dengan demikian, dalam menyikapi tren permainan pesan anonim, penting untuk menimbang segala risiko yang ada dengan bijaksana. Permainan ini, meski terlihat sederhana, dapat membawa dampak yang cukup signifikan pada kesehatan mental, kenyamanan, dan keamanan pribadi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertahankan batas-batas yang sehat dan memahami bahwa permainan ini hanya sebatas hiburan, bukan alat untuk mendapatkan validasi atau pengakuan.

Cara Bermain Pesan Anonim

Cara mengikuti tren ini cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Instal aplikasi “NGL – q&a anonim” di Google Play untuk ponsel android atau “NGL – t&j anonim” di App Store untuk ponsel berbasis iOS. Di Google Play, permainan ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali.
  2. Masuk ke aplikasi NGL.
  3. Ketuk “Get Questions”.
  4. Ketik username Instagram yang digunakan.
  5. Ketuk “Done”.
  6. Ketuk “Share” untuk mendapatkan tautan NGL.
  7. Kemudian beralih ke Instagram untuk membuka Story.
  8. Ketuk “Create”.
  9. Ketuk ikon “Sticker” lalu cari fitur “Link”. Masukkan tautan dari NGL tadi. Pengguna dapat menambahkan pengantar, misalnya “kirimi aku pesan anonim” atau kata-kata lain yang lebih seru, misalnya “kirimi aku gombalan”.
  10. Pesan-pesan anonim akan ditampung dalam Inbox di aplikasi NGL. Penerima pesan bisa membalas pesan-pesan tersebut.

Langkah Aman Bermain Pesan Anonim

Permainan ini aman bagi pengguna Instagram asal memperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. NGL hanyalah sebuah permainan. NGL dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lebih penting, tetapi tetap didasari dengan pemahaman bahwa kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Inti dari permainan adalah pesan yang tidak diketahui pengirimnya sehingga mencari tutorial cara mengetahui pengirim pesan itu sudah melenceng. Itu berarti penerima pesan sudah terpengaruh terlalu jauh.
  3. Jangan pernah membuka peluang untuk pertanyaan pribadi, misalnya dengan pengantar “kirim pertanyaan tentang diriku”. Penanya anonim mungkin saja berniat jahat.
  4. NGL dapat dimanfaatkan untuk survei kepuasan atau survei lainnya yang tidak membutuhkan identitas pemberi pesan.
  5. Jika isi pesan tidak menyenangkan, abaikan saja. Jika isi pesan melecehkan atau mengancam, tutup permainan. Merespons pesan yang tidak diketahui pengirimnya merupakan kesia-siaan yang diciptakan sendiri.

Baca juga: Tips Membuat Desain Feed Instagram yang Menarik Calon Pembeli untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

Instagram termasuk platform media sosial yang sebenarnya tidak mengizinkan penggunanya untuk memakai aplikasi pihak ketiga. Namun para developer selalu punya cara untuk ikut nimbrung di platform yang sedang populer. Sedangkan keamanan penggunaan aplikasi, dalam hal ini untuk permainan pesan anonim, adalah mutlak menjadi tanggung jawab pengguna.

Exit mobile version