Kisah Sukses Agen JNE Explore, Dua Kali Raih Agen Terbaik

Saat ini sudah ada 40 karyawan yang bekerja di JNE Explore.

Berkat inovasi yang terus dilakukan dan kerja keras seluruh karyawan sehingga jumlah pengirimannya terus bertumbuh, Agen JNE Explore sudah dua kali meraih penghargaan sebagai agen terbaik dalam kategori ‘Best Growth Agent’.

Di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, nama agen JNE Explore sudah terkenal. Begitu juga dari segi kualitas pelayanannya, sehingga masyarakat di kawasan tersebut tidak ragu lagi untuk mengirimkan paketnya via agen yang dirintis sejak akhir tahun 2011 silam ini.

Layanan yang baik dan juga pertumbuhan omset yang terus meningkat dari tahun ke tahun Agen JNE Explore, tidak lepas dari kerja keras sang pendiri sekaligus pemilik agen, seorang perempuan energik dan cantik bernama Elli. Ia merintis usaha sebagai mitra keagenan JNE bersama sang suami.

“Waktu agen mulai beroperasi, kami dan suami serta 2 orang karyawan melakukan terobosan dengan promosi menyelipkan poster agen ke para loper koran di kawasan Tanjung Duren. Bersyukur, hasilnya tidak mengecewakan”, kenang Elli.

Dalam waktu tidak terlalu lama Agen JNE Explore sudah mulai dikenal oleh masyarakat khususnya sekitaran Tanjung Duren. Mereka pun tidak ragu untuk mengirim paketnya ke agen kami,” tambahnya menceritakan awal mula agennya berdiri saat ditemui JNEWS, Jumat (4/6/2021).

Baca juga : Hobi Olahraga Panahan? Yuk Gabung di JNE Archery Club!

Terobosan lain yang dilakukan, pada masa-masa awal berdirinya agen, diantaranya malakukan jemput bola paket (pick up) tanpa mematok jumlah paket yang akan dikirimkan. Selain itu Elli juga memperpanjang jam operasional, sehingga masyarakat yang akan mengirimkan paket tetap dilayani meski  di agen-agen lain sudah tutup.

Elli mengaku, tidak salah ketika memutuskan untuk memilih JNE sebagai mitra bisnisnya, karena sejak tahun 2011 brand JNE sudah sangat populer di masyarakat sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspress dan logistik terdepan di Indonesia.

“Kami dan suami saat itu merasa yakin memilih JNE akan mendatangkan kesuksesan. Apalagi  kami dan suami serta dua orang karyawan terus bekerja kerasa untuk menggaet para customer,” beber wanita ramah dan murah senyum ini.

“Ketika itu, sosial media atau e-commerce yang sedang populer Kaskus. Mengingat branding JNE sudah sangat di kenal oleh masyarakat, kami tidak kesulitan untuk menggaet customer. Adapun paket lebih didominasi kosmetik dan fashion,” ujar Elli.

Selain melakukan pick up dan menambah jam operasional, Elli juga membuat customer service sendiri untuk melayani komplain dari para pelangganya, sehingga komplain dari customer bisa secepatnya diselesaikan oleh agennya karena ada petugas bagian CS sendiri.

“Dengan adanya karyawan agen saya yang khusus menangani CS, customer yang komplain langsung dilayani, bila permasalahan tidak bisa diselesaikan sendiri di agen, maka kami bawa ke Kantor Pusat JNE di Tomang. Para customer yang komplain langsung dilayani oleh karyawan agen dan hari itu juga  masalahnya disampaikan ke kantor pusat, sehingga para pelanggan merasa puas karena langsung mendapat jawaban,” ucapnya.

Baca juga : JNE – Media Group, Kembali Distribusikan Bantuan Korban Bencana NTT

Pemilik Agen JNE Explore, Elli, yang sudah membuka agen sejak Desember 2011.

Seiring berjalannya waktu, terutama setelah booming e-commerce, pada 2015 agen JNE Explore mengalami lonjakan kiriman tinggi, sehingga ia pun menambah karyawan menjadi 20 orang.  Peningkatan kiriman di atas, tidak membuatnya bersantai-santai, akan tetapi justru menambah semangat baru untuk terus bekerja keras.

“Hasilnya pada 2016 agen kami mendapat penghargaan Best Growth Agent, sebagai agen yang memiliki pertumbuhan tinggi dengan hadiah utama berwisata ke China,” kenang Elli. Penghargaan serupa, kembali diraih pada 2018 dengan hadiah jalan-jalan ke Turki.

Menurut Elli, meski pada 2020 pandemi Covid-19 mulai mewabah, Agen JNE Explore terus tumbuh, dan pada 2021 sudah mempekerjakan 40 karyawan, dengan tambahan beberapa unit armada operasional baik motor, kendaraan roda 3 maupun mobil box.

“Kami tidak akan henti untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para customer, terlebih JNE Pusat terus memberikan berbagai layanan kemudahan, seperti pembayaran cashless Ovo, Gopay yang ada cashback-nya. Kami juga merasa bersyukur sejak Oktober 2020 diberi kepercayaan untuk delivery paket di area Tanjung Duren,” pungkas Elli.*

Baca juga : Tinjauan Manajemen Berkala Penerapan ISO 9001 : 2015

Exit mobile version