Kolab JNE dan Inisiatif Zakat Indonesia Berdayakan Pedagang Kaki Lima

Head of EGD JNE Hary Purnama (kanan) bersama GM Pemberdayaan IZI, Haryono saat peluncuran Lapak Berkah.

JNEWS – Berkolaborasi dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), JNE meluncurkan Lapak Berkah yang diperuntukan bagi para pedagang kali lima. Untuk tahap pertama ada 8 pedagang yang mendapatkan bantuan lapak atau gerobak tersebut.

Wajah Suwarni (41 tahun), seorang penjual mie ayam yang biasa menjajakan dagangannya di kawasan Pasar Slipi tampak sumringah, saat mengikuti acara peluncuran Lapak Berkah hasil kolaborasi JNE dan IZI, di Rumah Singgah IZI, Kawasan Slipi, Jakarta Barat, Selasa (3/9/2024).

“Alhamdulillah, memang ini rezeki saya mendapat bantuan gerobak hingga permodalan bahkan bimbingan. Bagi pedagang kaki lima seperti saya ini gerobak atau lapak adalah modal yang paling utama dan harganya juga cukup mahal, namun sekarang saya dapat gratis,” ujarnya kepada JNEWS sambil tersenyum.

Sebelumnya, Suwarni menggunakan gerobak sewa yang kondisinya sudah jelek sehingga keuntungannya pun harus dibagi termasuk untuk sewa lapak. Dari berjualan mie ayam hasilnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk untuk biaya sekolah anak-anaknya.

Baca juga: Pesan Presdir JNE di Hari Pelanggan Nasional 2024

Rasa syukur dan senang mendapat bantuan Lapak Berkah juga diutarakan oleh Nurdin (34 tahun) penjual martabak cireng yang biasa berjualan di kawasan Pasar Tanah Abang. “Saya serasa bagai mimpi. Saat itu sedang berjualan dengan kondisi gerobak yang sudah reyot, tiba-tiba didatangi dan didata staf IZI, bahwa saya akan mendapatkan Lapak Berkah, permodalan dan pendampingan supaya usahanya lebih maju. Saya seketika itu langsung sujud syukur, berterima kasih kepada Allah SWT,” ucap perantau asal Tasikmalaya tersebut.

Suwarni, salah satu pedagang penerima bantuan Lapak Berkah dari JNE-IZI.

“Terima kasih JNE dan IZI, semoga usaha dan aktivitasnya ke depannya semakin maju. Dan tentunya martabak cireng saya juga semakin laris manis. Sekarang semangat berjualan saya juga semakin bertambah,” Nurdin menambahkan.

Suwarni dan Nurdin adalah dua orang pedagang dari 8 pedagang kaki lima yang siang itu mendapatkan bantuan Lapak Berkah. Secara simbolis bantuan Lapak Berkah diserahkan oleh Head of EGD JNE Hary Purnama bersama dengan General Manager Pemberdayaan IZI, Haryono.

Hary Purnama mengungkapkan, bahwa bukan pertama kali ini saja JNE berkolaborasi dalam hal kebaikan dengan IZI. Adapun kolaborasi dalam Lapak Berkah ditujukan untuk pemberdayaan ekonomi para pedagang kali lima yang biasa berjualan makanan. “Gerobak Berkah merupakan dana zakat perusahaan tahun 2023, sehingga perekonomian para pelaku pedagang kaki lima akan lebih berdaya,” jelas Hary.

Diungkapkannya, JNE dimana pun berada ibarat pohon yang selalu memberi manfaat bagi sekelilingnya. “Semoga bantuan Lapak atau Gerobak Berkah ini bermanfaat dan usaha mereka lebih maju lagi,” ucap Hary sambil tidak lupa meminta doa kepada penerima bantuan agar JNE ke depannya lebih berjaya lagi.

Sementara itu Haryono mengapresiasi JNE yang selalu mempercayakan IZI dalam hal penyaluran zakatnya termasuk dalam pemberdayaan ekonomi para pedagang kali lima dengan donasi Lapak Berkah hingga permodalannya.

Baca juga: JNE Ternate Salurkan Bantuan bagi Korban Bencana Banjir Bandang

“Terima kasih JNE untuk kerjasamanya. Di tempat lain program ini sudah banyak yang berhasil, para pedagang jualannya menjadi meningkat sehingga perekonomian mereka lebih berdaya. Saya juga berpesan kepada para pedagang nanti jika berhasil jangan lupa sedekahnya karena di luar sana masih banyak yang mebutuhkan seperti ini,” tandas Haryono. *

Exit mobile version