Daftar 50 Kota Termahal di Dunia dan Dampaknya

JNEWS – Hong Kong, Singapura, dan Zurich adalah kota termahal di dunia di tahun 2023, menurut situs Mercer. Survei ini mereka lakukan untuk mengetahui biaya hidup yang diperlukan oleh angkatan kerja di negara-negara dunia.

Faktor-faktor utama yang memengaruhi hal ini tampak semakin banyak di tahun 2023. Mulai dari eskalasi krisis Rusia-Ukraina, Timur Tengah, dan belum pulihnya kondisi akibat COVID-19 ternyata hanya beberapa faktor saja.

Dengan adanya kebijakan moneter yang agresif dan kondisi keuangan global yang ketat, banyak negara kemungkinan akan mengalami pertumbuhan pendapatan yang lebih lambat tahun ini, ditambah dengan meningkatnya pengangguran. Tingkat utang di banyak negara tetap tinggi dan inflasi inti belum mencapai puncaknya di banyak pasar. Inflasi dan fluktuasi nilai tukar secara langsung mempengaruhi gaji dan tabungan karyawan internasional.

Kota Termahal di Dunia dan Termurah 2023

Itinerary Singapura - Taman Merlion

Sekali lagi, Hong Kong kembali menduduki puncak peringkat kota termahal di dunia. Disusul oleh Singapura, yang naik enam posisi sejak tahun lalu, mendorong Zurich ke posisi ketiga.

Sementara biaya hidup paling murah ditemukan di Havana, yang turun 83 posisi, sebagian disebabkan oleh devaluasi mata uang yang signifikan di pertengahan tahun lalu. Dua kota lain yang termurah adalah dua kota di Pakistan — Karachi dan Islamabad.

Sampai dengan akhir tahun 2023, saat hasil survei ini disosialisasikan, hanya dua dari 10 kota termahal di dunia ini berlokasi di Asia. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya, yakni empat kota.

Meski hanya dua, tetapi kota-kota ini justru berada di peringkat teratas. Ada Hong Kong di peringkat pertama, diikuti oleh Singapura di peringkat kedua.

Sepuluh besar global mencakup lima kota di Eropa, dengan empat di antaranya berada di Swiss, dan yang kelima adalah Kopenhagen. Kota-kota termahal di dunia lainnya di wilayah ini termasuk London, Wina, Amsterdam, Praha (naik 27 posisi dalam peringkat global sejak tahun lalu), dan Helsinki.

Tel Aviv tetap menjadi kota termahal di dunia mewakili area Timur Tengah, berada di peringkat 8 secara global. Kota termahal berikutnya di wilayah ini adalah Dubai (peringkat 18) dan Abu Dhabi (peringkat 43). Keduanya mengalami kenaikan peringkat yang cukup signifikan sejak tahun lalu. Sementara Riyadh (peringkat 85) dan Jeddah (peringkat 101) di Saudi Arabia juga naik dalam daftar global, masing-masing naik 18 dan 10 posisi.

Di Amerika Tengah dan Selatan, Nassau menempati peringkat sebagai kota termahal di dunia (peringkat 10 secara global), diikuti oleh San Juan (peringkat 44) dan Buenos Aires (peringkat 45). Perlu dicatat bahwa beberapa lokasi di wilayah ini naik secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dengan San Jose naik 76 posisi dan Mexico City naik 70 posisi.

New York City (peringkat enam dalam peringkat global) tetap menjadi kota termahal di dunia yang berlokasi Amerika Utara, diikuti oleh Los Angeles (peringkat 11) dan San Francisco (peringkat 14). Semua kota di AS dalam peringkat tersebut naik sejak tahun lalu, dengan perubahan terbesar terjadi di Detroit (naik 27 posisi), Houston dan Cleveland (keduanya naik 24 posisi).

Kota-kota Afrika yang menempati peringkat tertinggi dalam peringkat biaya hidup global adalah Bangui (peringkat 26), Djibouti (peringkat 27), dan Luanda (peringkat 30). Kota-kota termurah di wilayah ini termasuk Windhoek, Durban, dan Tunis. Menariknya, kota-kota ini berada tidak jauh di belakang Kairo, yang turun 63 posisi sejak tahun lalu.

Baca juga: 48 Jam di Singapura: Itinerary Singkat untuk Menikmati Kota

Daftar 50 Kota Termahal di Dunia

Berikut adalah daftar 50 kota termahal di dunia selengkapnya, menurut situs Mercer.

  1. Hong Kong, Hong Kong (SAR)
  2. Singapura, Singapura
  3. Zurich, Swiss
  4. Jenewa, Swiss
  5. Basel, Swiss
  6. New York City, Amerika Serikat
  7. Bern, Swiss
  8. Tel Aviv, Israel
  9. Kopenhagen, Denmark
  10. Nassau, Kepulauan Bahama
  11. Los Angeles, Amerika Serikat
  12. Shanghai, Tiongkok
  13. Beijing, Tiongkok
  14. San Francisco, Amerika Serikat
  15. Honolulu, Amerika Serikat
  16. Seoul, Korea Selatan
  17. London, Inggris
  18. Dubai, Uni Emirat Arab
  19. Tokyo, Jepang
  20. Shenzhen, Tiongkok
  21. Boston, Amerika Serikat
  22. Miami, Amerika Serikat
  23. Washington, Amerika Serikat
  24. Chicago, Amerika Serikat
  25. Vienna, Austria
  26. Bangui, Republik Afrika Tengah
  27. Djibouti, Djibouti
  28. Amsterdam, Belanda
  29. Atlanta, Amerika Serikat
  30. Luanda, Angola
  31. Seattle, Amerika Serikat
  32. Kinshasa, Republik Demokratik Kongo
  33. Praha, Ceko
  34. Helsinki, Finland
  35. Paris, Prancis
  36. Guangzhou, Tiongkok
  37. Berlin, Jerman
  38. Munich, Jerman
  39. Conakry, Guinea Republic
  40. N’Djamena, Chad
  41. Brussels, Belgia
  42. Victoria, Seychelles
  43. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
  44. San Juan, Puerto Rico
  45. Buenos Aires, Argentina
  46. Den Haag, Belanda
  47. Lagos, Nigeria
  48. Frankfurt, Jerman
  49. Milan, Italia
  50. Philadelphia, Amerika Serikat

Lalu Jakarta di peringkat berapa? Dalam daftar kota termahal di dunia versi situs Mercer ini, Jakarta berada di urutan ke-151. Posisi ini berada di bawah ibu kota Ekuador, Quito, dan berada di atas Sao Paulo, Brasil.

Dampak Menjadi Kota Termahal di Dunia

Menjadi kota termahal di dunia memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif, pada berbagai aspek kehidupan di kota tersebut. Berikut beberapa dampaknya.

Dampak Ekonomi

Dampak Sosial

Dampak pada Infrastruktur

Dampak pada Bisnis

Dampak pada Pariwisata

Baca juga: Menyelami Keindahan Eksklusif: 10 Destinasi Wisata Termahal di Indonesia

Secara keseluruhan, menjadi kota termahal di dunia menciptakan tantangan signifikan, baik bagi penduduk, pemerintah, maupun bisnis, yang harus menyeimbangkan antara daya tarik ekonomi dan tekanan biaya hidup.

Oleh karena itu, kota-kota termahal perlu mengembangkan kebijakan yang seimbang untuk memastikan keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang dapat mendukung kesejahteraan seluruh penduduknya.

Exit mobile version