Ragam Bisnis Kuliner Populer Meski Jualan di Gang

Salah satu strategi dalam membuka bisnis kuliner adalah berjualan di tempat yang strategis. Meski demikian, membuka usaha kuliner di tempat yang kurang strategis pun rupanya bisa mendatangkan banyak pelanggan, seperti yang dilakukan oleh pemilik bisnis kuliner di gang sempit berikut ini.

Buat kamu pecinta kuliner, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan ragam bisnis kuliner yang membuka usaha di gang sempit. Ada banyak sekali penjual makanan enak yang membuka usahanya di gang sempit, bahkan di antaranya sudah terkenal dan sering didatangi oleh pengunjung, baik yang pejalan kaki, hingga mengendari kendaraan roda empat sekalipun.

Ya, meski membuka usaha di gang sempit, kebanyakan dari penjual makanan ini selalu ramai dikunjungi. Mungkin ini salah satu bentuk kekuatan dari media sosial, di mana usaha tersebut dengan mudah tersiar ke khalayak.

Penasaran kan gang mana saja yang punya makanan enak? Yuk simak ragam bisnis kuliner di gang sempit berikut!

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong di Bandung Instagramable dan Hits

1. Gang Aut

Gang yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu pembaca Jnews. Kami pun sebelumnya sudah pernah membahas salah satu kuliner yang ada di Gang Aut ini. Gang yang terletak di kawasan Suryakencana, Bogor, Jawa Barat ini dipenuhi berbagai penjualan makanan enak, mulai dari Asinan Ahauw, bir kocok, olahan pepes, lumpia basah, dan masih banyak lagi. Gang Aut juga menjadi tempat mangkalnya Martabak Encek, Soto Kuning Bang Salam, dan laksa Bogor racikan Mang Wahyu yang legendaris.

2. Gang Selot

Selain Gang Aut, di Bogor ada juga nih Gang Selot yang berlokasi di pinggir Jalan Ir H. Juanda, tidak jauh dari Istana Bogor. Konon gang ini sudah ada dari tahun 1974, dan pada tahun 2016 lalu Gang Selot sudah diresmikan sebagai sentra kuliner sehat di bawah binaan Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor. Ada puluhan pedagang yang berjualan di sini, seperti tukang tahu slawi, soto mie, toge goreng, doclang, bakso, es pala, es alpukat, dan lainnya. Karena gang ini bersebelahan dengan SMP dan SMA Negeri 1 Bogor, maka soal harga sudah pasti menyesuaikan kantong pelajar.

3. Gang Lombok

Gang yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah ini juga dikenal sebagai salah satu gang kuliner di Indonesia. Salah satu tempat kuliner terdekat di Semarang yang terkenal di gang ini tentu saja adalah lumpia Semarang yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Selain lumpia Semarang tadi kamu juga bisa mencicipi kuliner lainnya, yakni wedang tahu, Mie Tahubak, Mie Siang Kie (nonhalal), hingga aneka es yang bikin dahaga kamu hilang. Gang Lombok ini juga berdekatan dengan salah satu lokasi wisata di Semarang, yakni Klenteng Tay Kak Sie.

Baca Juga: 5 Kuliner Murah dan Enak di Bogor

4. Gang Gloria

Kalau kamu lagi berada di kawasan Glodok, Jakarta Barat dan sedang mencari tempat kuliner terdekat di sana, kamu bisa nih mampir ke Gang Gloria. Meski terlihat kurang meyakinkan, coba dulu deh masuk. Kawasan pecinan di Jakarta ini meyuguhkan daftar kuliner enak yang bisa kamu pilih, seperti ada Kopi Es Tak Kie yang sudah buka sejak 1927, Kari Lam, Gado-gadi Direksi, Mie Kangkung, dan masih banyak lainnya. Buat kamu yang muslim, di sini juga banyak lho kuliner yang halal. Jadi, jangan khawatir yah.

5. Gang Kalimati

Masih di sekitaran kawasan Glodok, Jakarta Barat, kali ini bisnis kuliner enak yang ada di dalam gang berlokasi di Gang Kalimati. Di sini ada beberapa makanan Tionghoa yang bisa kamu coba, seperti misalnya ci cong fan yang merupakan makanan mirip dengan pangsit yang disajikan dengan kecap asin dan sambal. Lalu ada juga soto tangkat Pak Jumanta yang sudah buka sejak 1971. Di luar itu ada juga mipan, es cincau hijau, talas gula karamel, mie Belitung, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Gudeg Jogja Enak dengan Rasa Lezat dan Otentik

Exit mobile version