Tip untuk Membuat Video yang Menarik dengan Lagu TikTok Viral

Membuat video yang menarik dengan lagu TikTok viral itu merupakan satu paket. Video yang menarik akan membuat orang senang melihatnya hingga selesai, bahkan diulang beberapa kali. Sedangkan lagu TikTok yang sedang viral akan membantu meningkatkan peluang agar video tersebut viral.

Salah satu kunci untuk terus eksis di TikTok adalah tidak boleh ketinggalan tren. Kebanyakan artis yang memiliki jutaan pengikut di TikTok selalu ambil bagian dalam tren apa pun, termasuk tren musik pengiring. Pengguna TikTok yang tidak punya tim media sosial seperti para selebriti bisa memantau tren melalui fasilitas atau fitur yang disediakan TikTok.

Tip Membuat Video dengan Lagu TikTok Viral

Untuk mengetahui lagu yang sedang viral di TikTok itu sudah difasilitasi oleh pengembangnya sendiri. Berikut adalah fasilitas-fasilitas dari TikTok yang bisa digunakan untuk membuat video dengan lagu TikTok viral.

1. Menggunakan Fitur Viral di TikTok

TikTok telah menyediakan fitur Viral di Tiktok bagi pengguna yang tidak mau repot. Fitur ini dibuat agar pengguna bersemangat mengunggah konten meski memiliki banyak keterbatasan. Umumnya, alasan utamanya adalah sibuk, tidak ada waktu luang, atau tidak ada ide. Kesemuanya bisa ditanggulangi dengan langkah-langkah mudah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok, lalu ketuk tanda “+”.
  2. Pengguna bisa langsung membuat video dengan menyentuh lingkaran merah. Jika sudah punya simpanan video yang siap diunggah, ketuk tulisan “Unggah” di samping lingkaran tersebut.
  3. Setelah video yang akan diunggah muncul di layar, ketuk tanda melodi di bagian bawah layar.
  4. Pada layar akan muncul beberapa daftar lagu berdasarkan kategori Temukan, Favorit, Viral di TikTok, dan sebagainya. Pilih “Viral di TikTok”.
  5. Pada layar akan muncul deretan musik yang sedang viral di Tiktok. Musik atau lagu tersebut bisa didengarkan dulu satu per satu untuk menetapkan pilihan dengan mengetuk tanda panah putih di thumbnail.
  6. Jika sudah memilih, ketuk tanda centang di kotak merah.
  7. Audio bisa diatur agar pas dengan adegan di video dengan fitur “Pangkas”.
  8. Ada fitur untuk menyesuaikan suara asli dengan penambahan suara. Jadi, suara asli dari rekaman video dapat dipadukan dengan audio dari TikTok. Pengguna bisa mengatur suara mana ingin lebih ditonjolkan.
  9. Setelah itu ketuk tulisan “Berikutnya” untuk mengisi deskripsi atau caption dan mengatur cover.
  10. Langkah terakhir ketuk “Posting”, maka video sudah tayang menggunakan lagu TikTok viral.

Baca juga: 5 Cara Download Sound TikTok Paling Mudah

2. Menggunakan Kolom Search

Cara ini digunakan untuk riset lagu TikTok viral lebih dahulu karena belum siap untuk langsung mengunggah konten. Ini merupakan cara yang paling mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Ketik “trending” di kolom Search.
  3. Di bawah kolom Search akan muncul beberapa pilihan. Ketuk “Sounds” untuk memunculkan deretan lagu TikTok viral. Pengguna dapat mendengarkan lagu-lagu yang sedang viral tersebut untuk mendapatkan inspirasi.

3. Riset Melalui Creative Center Tiktok

TikTok menyediakan fasilitas bagi kreator untuk melakukan riset tagar, lagu dan segala hal yang dibutuhkan untuk membuat konten viral. Berikut adalah cara melakukan riset lagu TikTok viral di TikTok Creative Center:

  1. Buka situs TikTok for Bussiness.
  2. Gulir ke bagian paling bawah halaman utama. Ketuk tulisan “Creative Center”.
  3. Di tengah halaman ada tulisan “Wondering what’s hot on TikTok?”. Ketuk tulisan “Get Started” di bawahnya.
  4. Pada bagian atas di halaman yang baru terbuka, ada tulisan “Browse what’s trending now in America”. Kata America bisa diganti dengan nama negara atau regional lain. Misalnya diganti dengan Indonesia.
  5. Setelah itu gulir ke bawah untuk memilih kategori. Pilih “Songs”.
  6. Pada halaman yang baru terbuka, ada pilihan Last 7 days, Last 30 days dan Last 120 days. Pilihan tersebut menunjukkan lagu yang sedang trending 7, 30 atau 120 hari terakhir.
  7. Di sebelah pilihan hari-hari di atas, ada pilihan “New to top 100” dan “Approved for business use”. Pengguna tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.
  8. Sebagai contoh, untuk lagu yang sedang trending teratas di Indonesia 7 hari terakhir adalah Dumes (Live) oleh Dike Sabrina. Di sebelah judul lagu ini ada grafik trend dan tulisan “See analytics”.
  9. Jika tulisan “See analytics” dibuka, maka akan keluar data mengenai lagu Dumes tersebut, meliputi grafik naik turunnya permutaran lagu tersebut selama 7 hari, beberapa contoh video yang menggunakan lagu Dumes, tema video yang menggunakan lagu Dumes, dan popularitas lagu tersebut di seluruh dunia.
    Dari data tersebut terlihat bahwa lagu Dumes paling banyak diputar untuk video dengan tema tradisional. Di bawah Indonesia, lagu Dumes juga populer di negara-negara yang banyak terdapat tenaga kerja Indonesia atau TKI, yaitu Taiwan, Malaysia, Singapura dan Makao.

Melalui Creative Center ini, pengguna tidak hanya mengetahui lagu Tiktok viral, tapi juga bisa menyesuaikannya dengan target audience.

Baca juga: Cara Jualan via Live TikTok untuk Olshop dan Tips supaya Banyak Viewers

Demikianlah cara menemukan lagu TikTok viral untuk membuat video yang diunggah lebih menarik. Jangan sampai ketinggalan tren.

Exit mobile version