Langkah Tepat Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Anjing dan Kucing

cara menghilangkan bau tidak sedap pada hewan peliharaan anjing dan kucing

Memiliki peliharaan, seperti anjing dan kucing, memang menggemaskan. Kita jadi memiliki teman yang bisa diajak bercanda di rumah. Namun, kehadiran hewan peliharaan memang menyebabkan bau tidak sedap. Meski demikian, ada beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap pada anjing dan kucing.

Dibanding kucing, anjing cenderung menghasilkan bau yang lebih kuat. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bau tidak sedap ini, mungkin akan sangat mengganggu, terutama bagi tamu yang datang ke rumah.

Baca Juga: 5 Kiat Mulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Eits, tenang. Berikut ini kami bagikan tips bagaimana menghilangkan bau tidak sedap yang dihasilkan oleh hewan peliharaan. Let’s check this out!

Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Hewan Peliharaan

1. Buka semua pintu dan jendela

Ruangan yang tertutup tentu akan lebih lembab. Nah, lembabnya ruangan ini tentu akan membuat bau tidak sedap akan bertahan di dalam ruangan. Agar rumah selalu segar, maka sering-sering lah untuk membuka pintu dan jendela. Atau sebisa mungkin buatlah ventilasi yang dapat mengakomodir sirkulasi udara lebih baik. Langkah ini terbilang efektif jika aroma hewan peliharaan tadi belum menempel pada perabot rumah. Oleh karenanya, kamu juga harus rajin membersihkan perabot rumah.

2. Bersihkan karpet dengan uap

Kucing dan anjing dikenal gemar bersantai di karpet. Untuk itu, buat kamu yang memasang karpet di dalam rumah, rajin-rajin lah untuk membersihkan karpet tidak hanya dengan menyedot menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan karpet setidaknya dengan air streamer. Membersihkan karpet dengan uang dinilai tepat untuk mengangkat noda yang menimbulkan aroma tidak sedap dari kucing atau anjing.

Baca Juga: Intip 4 Tips Pilih Tempat Sampah yang Pas

3. Pakai larutan cuka

Langkah menghilangkan bau tidak sedap dari hewan peliharaan ini efektif untuk permukaan seperti lantai atau dinding rumah. Caranya adalah bersihkan terlebih dahulu seluruh permukaan dinding dan lantai dengan seksama. Kemudian pel atau lap permukaan dindin dan lantai menggunakan larutan cuka yang dicampur dengan air bersih. Kamu pun tidak perlu khawatir, karena campuran air dan larutan cuka ini aman bagi kesehatan.

4. Menggunakan taburan baking soda

Selain menggunakan larutan cuka, kamu juga bisa memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap. Baking soda ditaburkan di sudut ruangan atau di atas perabot yang memiliki aroma tidak sedap. Diamkan selama beberapa saat sampai aroma tidak sedap itu hilang. Kemudian kamu tinggaln membersihkan sisa baking soda tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner atau sapu.

Baca Juga: Tips Memilih Kompor Induksi untuk Pemula

5. Rajin cuci tempat tidur anjing dan kucing

Anjing dan kucing senang untuk tidur di satu tempat. Terlebih jika kamu memiliki tempat tidur khusus untuk mereka. Nah, kamu tugasnya adalah membersihkan tempat tidur mereka sesering mungkin. Cucilah dengan menggunakan detergen pada umumnya, lalu jemur hingga kering.

6. Rajin mandikan hewan peliharaan

Sebagai pemilik hewan peliharaan, kamu wajib memandikan hewan kesayanganmu. Kalau tidak, maka hewan kesayanganmu tidak ada bedanya dengan hewan liar. Mandikan mereka setiap minimal satu bulan sekali untuk menghilangkan bau tidak sedap. Kalau tidak ada waktu, kamu bisa memanfaatkan jasa grooming atau pemandian hewan yang biasanya disediakan di pet shop.

Exit mobile version