Laptop Mulai Lemot, Kenali Biang Keroknya

 

Selain smartphone, laptop pun kini sudah menjadi sebuah kebutuhan utama para pekerja, terlebih di era pandemi yang menutup semua aktivitas lebih ke arah online.

Namun demikian, penggunanya pasti akan sangat kesal dan jengkel ketika sedang menggunakan namun tiba-tiba pergerakkan laptop menjadi lamban alias lemot.

Akibat laptop yang lemot tersebut, ujung-ujungnya pekerjaan pun menjadi terhambat. Namun jangan lantas menyerah, kenali dulu apa penyebab gawai andalan Anda tersebut bermasalah.

Ilustrasi Laptop Lemot

BACA JUGA : Hobi Diecast? Nih Tips Pintar Memilih Biar Tak Kecewa

Melansir dari beragam sumber yang ada, paling tidak ada 4 masalah yang biasa membuat kinerja komputer pintar Anda menjadi lemot ?

– RAM

Salah satu biang keladi lemotnya laptop karena kapasitas RAM yang terlalu kecil. Seiring dengan banyaknya file perkerjaan yang disimpan serta ditambah dengan ragam aplikasi yang harus dibuat secara bersamaan, membuat beban kerja RAM menjadi berat.

Nah, sebagai solusinya, anda bisa menambah kepastias RAM yang digunakan. Misalkan saat ini hanya 4GB, Anda bisa mengupgradenya menjadi 6GB, hal ini cukup memungkinkan apalagi saat ini banyak laptop yang menyediakan slot dual channle.

– Hardisk Penuh

Masuk seputar memori, selain RAM ada baiknya dicek kapasitas hardisk yang dimiliki. Karena bila file terlalu banyak akibatnya juga berdampak pada kerja sistem yang terlalu berat dan membuat lemot.

Ilustrasi stres saat WFH/ dok. indianexpress.com

Sistem operasi biasanya membutuhkan tempat tersendiri untuk menyimpang file sementara. Sementara ketika dibutuhkan namun ruang tak ada, otomatis membuat laptop akan menjadi melambat.

BACA JUGA : Wajib Punya … Laptop Gaming MSI Bertema Pesawat Antariksa

Cara mengatasinya sudah pasti dengan menghapus file-file besar yang memang tak lagi dibutuhkan atau tidak terlalu penting. Bisa juga dengan menghapus cache, thumbnails, dan lain sebagainya.

– Aplikasi

Tanpa disadari, kegiatan menginstali ragam apalikasi juga berpotensi membuat kinerja sistem menjadi lemah, apalagi saat beberapa aplikasi langsung dibuka sekaligus. Prinsipnya, tiap membuka aplikasi pasti dibutuhkan prosesor, hardisk, dan memotri, bila semua aplikasi dibuka secara bersamaan, otomatis sistem pada laptop akan melemah.

– Virus

Masalah klasik yang sampai saat ini belum musnah juga dikarenakan malware dan virus. Saat laptop terjangkit virus, selain ragam kerusakan lainnya, salah satu gejalan utamanya adalah kerja yang menjadi lemot.

Karenanya, untuk mengatasi hal ini disarankan Anda punya antivirus yang capak untuk diandalkan sebagai perangkat keamanan di sistem operasi laptop.

Exit mobile version