Lebih Bahaya dari Soda, Hindari 5 Minuman Manis Ini

Belakangan ini heboh pemberitaan soal dugaan ujaran kebencian yang dilayangkan oleh netizen terhadap minuman manis Esteh Indonesia. Seperti yang dilontarkan melalui media sosial Twitter, minuman Chizu Red Velvet buatan Esteh Indonesia dinilai terlalu manis dan berbahaya bagi kesehatan.

Sempat melayangkan somasi kepada konsumennya itu, Esteh Indonesia kemudian meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi beberapa hari yang lalu itu. Pihak Esteh Indonesia mengaku sudah berdamai dengan konsumen yang disomasi tersebut.

“Kami berkomitmen menerima saran serta kritik dari masyarakat agar dapat terus menjadi lebih baik. Kami mohon maaf apabila sudah membuat gaduh,” tulis manajemen Esteh Indonesia.

Baca Juga: 5 Faktor yang Bikin Tubuh Gampang Loyo

Apa yang dilontarkan oleh netizen dengan akun bernama @gandhoyy itu sebenarnya tidak salah. Minuman manis memang berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus. Hanya saja, cara menyampaikannya yang terlalu frontal.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan peringatan kepada masyarakat terkait bahaya terlalu banyak mengonsumsi gul atau minuman manis. Menurutnya diabetes menjadi salah satu penyakit yang mengalami tren kenaikkan dari tahun ke tahun dan disebut sebagai ‘ibu’ dari segala penyakit.

“Terakhir apa yang saya lihat, 13 persen dari penduduk Indonesia itu diabetes. Diabetes ini adalah mother of all diseases, orang bilang,” ujar Menkes Budi seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Nah, oleh karenanya buat kamu yang sering minum minuman manis, sudah saatnya menghentikan kebiasaan tersebut. Berikut ini 5 minuman manis yang bahkan punya kandungan gula setara minuman bersoda.

5 Minuman Manis yang Sebaiknya Dihindari

1. Jus Buah

Mungkin bagi sebagian orang ada yang menganggap bahwa jus buah adalah minuman yang sehat. Tapi, pada kenyataannya jus buah juga termasuk minuman yang memiliki kadar gula tergolong tinggi, apalagi jika minuman jus buah yang dijual di gerai jus. Sebab, hampir kebanyakan gerai yang menjual jus buah turut menyertakan gula sebagai pemanis. Kalaupun tidak pakai gula pun, tetap tidak direkomendasikan. Lebih baik konsumsi buah utuh yah.

2. Teh Manis

Nah, ini nih minuman favorit orang Indonesia yang juga menjadi minuman manis tidak sehat. Teh manis bisa dijumpai di semua tempat di Indonesia. Bahkan, kalau kita bertamu pun suguhan paling sederhana biasanya teh manis. Tapi, tahu kah kamu kalau terlalu banyak minum teh manis bisa berbahaya?

Beberapa merek atau teh manis yang dijual di pasaran memiliki kandungan gula lebih dari 30 gram lho. Kalaupun ingin mengonsumsi teh, disarankan tanpa gula. Apalagi kalau teh hutam yang punya sifat antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan.

3. Minuman Yoghurt

Banyak yang bilang bahwa kandungan probiotik dalam minuman yoghurt baik untuk kesehatan usus. Namun, minuman yoghurt yang dijual di supermarket sebenarnya juga tidak lah sehat. Hal ini karena kebanyakan minuman yoghurt tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi.

Sebagai info, dalam sebotol kecil minuman yoghurt bisa terdapat kandungan 26  gram gula yang umumnya berisi gula fruktosa dan pure dari buah. Kalaupun memang ingin mengonsumsi yoghurt, pilihlah yoghurt alami yang dibuat sendiri tanpa gula.

Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung, Penyakit Mematikan di Dunia

4. Minuman Cokelat

Selain kopi dan teh, minuman cokelat juga menjadi favorit masyarakat. Terbukti dari banyaknya gerai minuman cokelat yang beredar di pasaran. Meski demikian, ahli gizi dari Chicago, Amerika Serikat, Renee Clerkin mengatakan bahwa minuman cokelat lebih tergoling makanan penutup ketimbang minuman.

Dalam sebuah minuman cokelat mengandung 400 kalori dengan 43 gram gula. Kadar tersebut bahkan lebih besar diabnding sekaleng minuman cola. Alternatif lain kalau kamu ingin mengonsumsi minuman cokelat bisa membuat sendiri dan mengganti gula dengan kayu manis.

5. Minuman Susu Non-Diary dengan Pemanis

Susu non-diary atau susu yang dihasilkan bukan dari sapi juga menjadi populer di kalangan masyarakat. Alasannya sih, minuman ini katanya lebih sehat dari susu hewani. Bahkan orang-orang yang sedang diet pun mengonsumsi minuman ini.

Susu non-diary biasanya adalah susu almond, susu kedelai, atau susu gandum. Memang jenis susu ini lebih baik dibanding susu sapi kalau tidak ditambahkan pemanis. Pasalnya yang dijual di pasaran biasanya ditambahkan pemanis. Mengonsumsi susu non-diary dengan cara seperti itu tentu tidak bagus.

Baca Juga: Ragam Buah yang Aman untuk Kadar Gula Darah

Exit mobile version