Lebih Modern, 200 Ribu UMKM Bakal Didigitalisasi

syarat daftar grabfood

Untuk mendaftar Grabfood, kamu bisa simak informasinya di bawah

Mengakselerasi UMKM masuk digital, KemenkopUKM kembali menggandeng kerja sama. Kali ini dilakukan dengan Grab serta PT Indonesia Digital Identity (VIDA) dengan tujuan mendigitalisasi 200.000 UMKM di Indonesia.

“Kerjasama itu melalui penerapan solusi transaksi digital sebagai peningkatan dari proses bisnis manual guna mendukung perluasan digitalisasi, serta peluang ekonomi untuk pelaku UMKM di Indonesia,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim.

Arif meyakini otentikasi identitas elektronik dan solusi transaksi digital akan mendorong proses bisnis yang lebih efisien bagi para pelaku UMKM.

Menurut Arif, proses verifikasi dan otentifikasi akan menjadi bagian penting dari aktivitas digital untuk memastikan bahwa tidak ada identitas yang salah dan menjamin adanya otentikasi data.

BACA JUGA : Kontribusi PLN Bagi UMKM Daerah di Tengah Pandemi

“Mendorong transformasi digital UMKM melalui penerapan teknologi menjadi prioritas pemerintah. Proses tersebut menjadi signifikan karena dapat meningkat kepercayaan antara para pelaku bisnis dalam digital era, dimana proses ini dapat mendorong percepatan para pelaku usaha untuk terhubung dengan ekosistem digital,” jelas Arif.

Grab akan menyambut 200 ribu pelaku UMKM binaan KemenkopUKM untuk bergabung dalam platform Grab sebagai mitra merchant GrabFood, GrabMart, dan GrabKios.

Sementara sebagai bagian dari proses registrasi, VIDA akan menghadirkan layanan otentikasi identitas elektronik serta tandatangan digital bersertifikat bagi UMKM untuk menghadirkan proses pengelolaan, kontrak, dan transaksi berbasis kepercayaan untuk transaksi online yang lebih aman.

“Identifikasi elektronik memungkinan bisnis dan konsumen untuk membuktikan secara elektronik bahwa identitas mereka adalah benar dan mendapatkan akses terhadap layanan atau melaksanakan transaksi online,” imbuh Arif.

Lebih dari itu, otentikasi identitas elektronik dapat digunakan untuk transaksi business-to-business dan business-to-consumer dan menawarkan pebisnis untuk memperluas basis konsumen mereka dengan menghadirkan otentikasi identitas konsumen dan bisnis yang terpercaya.

BACA JUGA : Sinergi Youtap Bersama Bank Mandiri Majukan Digitalitasi UMKM

Arif menekankan bahwa pihaknya mempunyai agenda besar transformasi usaha mikro, Salah satunya mendorong UMKM sektor informal menjadi formal. “Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi komitmen Grab dalam memberi ruang bagi pelaku usaha untuk tumbuh dan berkembang di Indonesia,” tukas Arif.

Lebih lanjut Arif menekankan, selama ini kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM dengan Grab telah berjalan dengan baik melalui berbagai kolaborasi program.

“Dengan tambahan dukungan dari VIDA sebagai mitra layanan teknologi verifikasi dan autentifikasi yang aman dan terpercaya, kami optimis solusi teknologi yang disediakan oleh VIDA dapat turut menjaga keamanan data dalam transaksi yang dilakukan oleh para UMKM mitra binaan,” papar Arif.

Exit mobile version