Lengkapi Penampilanmu, Ini Cara Pilih Aroma Parfum Sesuai Acara

ilustrasi gambar jenis dan aroma parfum

Closeup of a woman spraying perfume on her wrist at home

Seperti aksesoris, parfum menjadi produk yang seringkali digunakan sebagai langkah akhir untuk melengkapi penampilan sebelum menjalankan berbagai aktivitas. Tak hanya sekadar wangi, terdapat beberapa jenis dan aroma parfum yang bisa kamu pilih berdasarkan tingkat konsentrasi yang mempengaruhi ketahanan aromanya.

Baca juga: Pilihan Baru Mobil Niaga Terjangkau Bagi UMKM

Agar tetap harum sepanjang hari, berikut tips dari Shopee dalam memilih aroma parfum yang cocok sesuai aktivitasmu:

Parfum citrus agar tetap fresh beraktivitas seharian

Urusan aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja, sebaiknya kamu memilih parfum dengan aroma yang menyegarkan seperti citrus untuk meningkatkan energi dan mood serta memberikan nuansa yang ceria.

Jika ingin menambah kesan feminin, kamu juga bisa menggunakan parfum citrus yang dikombinasikan dengan notes floral yang ringan.

Tidak hanya sekadar wangi, terdapat beberapa jenis parfum yang bisa kamu pilih berdasarkan tingkat konsentrasi yang mempengaruhi ketahanan aromanya.

Kategori konsentrasi parfum sebenarnya ada banyak, namun umumnya dibagi menjadi tiga yaitu Eau de Cologne (EDC) dengan tingkat 2-5%, Eau de Toilette (EDT) dengan tingkat 5 – 15%, dan Eau de Perfume (EDP) dengan tingkat 15 – 20%.

Saat melakukan kegiatan dengan mobilitas yang tinggi, tentunya kita membutuhkan parfum dengan konsentrasi yang lebih banyak agar tetap tahan lama namun tetap soft untuk beraktivitas seharian, maka itu kamu bisa memilih parfum dengan jenis EDT, ya!

Baca juga: Stop Berkendara Sambil Main HP! Bisa Didenda Rp750 Ribu Lho

Parfum gourmand untuk date night

Selain tampil maksimal dengan menggunakan outfit terbaik dan riasan makeup, parfum juga menjadi hal penting untuk melengkapi penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri setiap akan pergi kencan.

Untuk meninggalkan kesan yang feminin, manis, dan memorable kamu bisa menggunakan parfum dengan wangi gourmand, yaitu wangi yang berasal dari makanan seperti vanilla, caramel, cokelat, dan sebagainya.

Tidak hanya aromanya yang memikat dan lezat bak makanan penutup, parfum gourmand juga cenderung memiliki sillage, projection, dan longevity (SPL) yang lebih kuat.

Sehingga wangimu pun akan lebih tahan lama, dapat tercium dari jarak jauh, dan masih meninggalkan jejak bahkan setelah kamu telah meninggalkan ruangan!

Wangi floral dan woody yang elegan

Ketika menghadiri acara formal dan resmi, tentunya kita ingin memberikan impresi terbaik dengan menciptakan persona yang elegan dan anggun. Kamu bisa memilih parfum dengan notes floral yang klasik seperti lily of the valley, jasmine, dan rose.

Baca juga: Kasus Ciki Ngebul, Pakar: Batasi Penggunaan Nitrogen Cair

Jika merasa wangi floral terlalu biasa, kamu juga bisa bereksperimen menggunakan teknik layering. Teknik ini menggabungkan dua parfum berbeda untuk menciptakan wangi yang baru, guna membuat signature scent yang khas dan tidak pasaran.

Tidak ada aturan tetap dalam melakukan layering parfum, tapi sebaiknya kamu mencampur dua parfum dengan wangi berbeda seperti floral dan woody untuk mendapatkan aroma yang benar-benar baru dan unik.

Exit mobile version