Lenovo Indonesia Ajak Orang Tua Terapkan Sehat Digital bersama Anak

Kasus Covid-19 yang kembali menyebar cepat di Indonesia, membuat para siswa kembali menjalani sekolah online atau pembelajaran jarak jauh. Sejak awal pandemi secara global, masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah yang mengakibatkan aktivitas digital meningkat selama di rumah. Namun meski semua ini di lakukan dirumah, kita juga harus melihat sehat digital dalam penerapannya.

Para orang tua yang harus bekerja dan anak-anak yang belajar dari rumah memanfaatkan perangkat-perangkat elektronik untuk menunjang keseharian mereka.

Termasuk untuk mengisi waktu luang atau kebutuhan bermain karena terbatasnya kegiatan di luar rumah, seperti bermain game atau menonton film lewat laptop atau tablet menjadi solusinya.

Baca juga: 4 Tips Menjadi Smart Parents di Masa Pandemi

Menurut data dari We Are Social 2021, rata-rata penggunaan perangkat elektronik setiap harinya adalah 8 jam 52 menit untuk mengakses internet. Peningkatan ini membuat para orang tua khawatir akan kemungkinan efek pada Kesehatan.

Melihat situasi ini, Lenovo bekerja sama dengan Keluarga Kita untuk melakukan survei dalam mengetahui permasalahan yang dialami orang tua dan anak, serta perasaan orang tua terhadap anak dalam penggunaan gadget selama pandemi.

Berikut adalah lima poin utama yang menjadi sorotan dari hasil survei yang dilakukan oleh Keluarga Kita pada lebih dari 300 orang tua:

Sebanyak 33,33% dari mereka merasa permasalahan utama pada anak dalam menggunakan gadget adalah anak masih melanggar kesepakatan screen time. Karena itulah, 39,06% orang tua khawatir kesehatan mata anak terganggu

Terlepas dari permasalahan pada anak, 58,59% orang tua pun merasa lelah melihat layar, tetapi semua aktivitas harian yang mereka lakukan ada di layar (kerja, bisnis, komunikasi, dan lainnya)

Untuk itu, 38,72% orang tua terus mencari kegiatan offline yang menarik untuk anak dan orang tua.

Baca juga: Nyaris Gulung Tikar, UKM Ini Bertahan Karena Beralih ke Online

Serta, 60,94% dari mereka juga menginginkan anak-anaknya memiliki aktivitas online dan offline yang seimbang namun masih bingung dalam hal penerapan sebat digital.

Dapat disimpulkan bahwa orang tua menyadari aktivitas di dunia digital saat ini dan seterusnya tidak dapat dihindari. Namun demikian, gaya hidup di dunia digital yang sehat, aman dan nyaman adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Untuk mewujudkannya, orang tua menghadapi tantangan besar, bukan saja dari anak tapi dari diri sendiri. Maka dibutuhkan ide-ide aktivitas dan panduan yang dapat membantu orang tua mempraktekannya dengan mudah.

Untuk itu, Lenovo Indonesia melalui kampanye #SehatDigital mengajak para orang tua untuk melakukan aktivitas offline dan online yang menyenangkan, aman, dan mudah bersama anak di rumah.

“Melalui kampanye #SehatDigital, kami berharap orang tua dan anak dapat menjalani kegiatan secara seimbang antara aktivitas online dan offline. Dengan perangkat Smart Learning dari Lenovo, kini belajar lebih cerdas dan terhubung lebih cepat ujar Budi Janto.

Kegiatan ini dapat menjawab kebutuhan orang tua dalam mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat bersama anak, seperti berdiri dan bergerak selama 10 menit setiap 1 jam, memperbaiki postur tubuh setiap 30 menit, aktivitas fisik selama 30 menit perhari, ngobrol tanpa melihat layar 2 kali dalam sehari, serta mengajak anak beraktivitas di depan layar.

Baca juga: Suroso, Kantin Kejujuran JNE Yogyakarta dan Value Perusahaan

Rangkaian fitur Smart Learning Lenovo juga dirancang untuk membantu pelanggan mendapatkan yang terbaik saat sekolah online tanpa mengorbankan kesehatan digital mereka. Smart Learning ini memiliki fitur-fitur utama, seperti:

Melalui kampanye ini, Lenovo juga mengadakan kompetisi sehat digital challenge yang dibuka dari 22 Februari 2022 hingga 25 Maret 2022 untuk para orang tua dan anak dalam melakukan aktivitas offline serta online yang aman bersama anak selama 3 hari.

Para peserta dapat berkesempatan untuk memenangi 1 unit Lenovo IdeaPad Slim 3i dan GoPay senilai Rp500,000,- untuk masing-masing 10 pemenang.

Exit mobile version