Lewat IDGX 2021, Kementerian Kominfo Ingin Game Lokal Tembus Pasar Luar Negeri

Kementerian Kominfo dukung perkembangan game lokal lewat IDGX 2021

Perkembangan industri game lokal di Indonesia semakin tumbuh pesat. Menyadari hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan dukungan terhadap industri game di Indonesia melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021.

Melalui ajang IDGX 2021, Kementerian Kominfo berupaya mendorong industri gim nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri. Kementerian Kominfo pun menyatakan bahwa lanskap digital Indonesia menunjukkan potensi besar atas perkembangan ekosistem game nasional.

Baca Juga: Dibekali Dimensity 1100, POCO X3 GT Libas Semua Game “Berat”

“Kita ingin melihat para pelaku industri gim dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan game developer global, dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar tapi juga pemain penting dalam tatanan industri gim dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Menkominfo dikutip dari siaran persnya.

Menurut Menkominfo, Kementerian Kominfo berupaya memanfaarkan momentum perkembangan industri game dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem game nasional. Kementerian Kominfo pun memposisikan sebagai inisiator dalam menangkap momentum tersebut sehingga bisa menghasilkan kebijakan dan program yang mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku industri kreatif di Indonesia, secara khusus pelaku industri game atau permainan di Indonesia.

Terdapat empat kegiatan utama dalam ajang IDGX 2021, yaitu IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Setiap kegiatan melibatkan banyak pihak dari pelaku industri gim baik dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Vivo X70 Pro ditenagai Dimensity 1200-vivo, Bikin Gaming Bebas Panas

Menkominfo pun berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, serta menambah jejaring baru. Bahkan Menkominfo mendorong pelaku pelaku industri game Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

“Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk permainan atau game yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki,” ungkapnya.

Dalam menyelenggarakan IDGX 2021, Kementerian Kominfo turut melibatkan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Dengan adanya kolaborasi bersama AGI, Kementerian Kominfo berharap IDGX 2021 dapat bejalan menarik dengan program yang lebih variatif, inovatif dan kreatif, sehingga bisa menjadi sarana pengembangan para game developer dalam negeri baik dari segi kualitas produk maupun kapasitas dari entitas unit usaha.

Di samping itu, penyelenggaraan IGDX 2021 juga dapat menjadi penghubung bagi talenta Indonesia di bidang gim agar dapat menemukan tempat untuk mengembangkan diri dan membangun ekosistem game dalam negeri.

“Saya akan terus mendorong dan mengawasi agar program ini dapat terlaksana dengan sebagaimana seharusnya dan terselenggara sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Baca Juga: Tips Jadi Shoutcaster Andal, Nggak Sekadar Komentar

Exit mobile version