Lokapala Jadi Satu-satunya Game Lokal yang Dipertandingkan di PON XX Papua

game esports lokapala

Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 yang akan berlangsung pada Oktober 2021 tidak hanya dimeriahkan oleh olahraga fisik, tapi juga olahraga elektronik atau dikenal dengan nama lain esports. Di antara berbagai macam game mobile yang dipertandingkan, nama Lokapala mencuri perhatian.

Bagaimana tidak, dari berbagai game mobile yang dipertandingkan di PON, game Lokapala menjadi satu-satunya game yang dikembangkan oleh developer anak bangsa, yakni oleh Anantarupa Studios. Dengan kata lain, Lokapala mencetak sejarah sebagai gim esports lokal pertama yang ikut serta dalam acara turnamen Esports Nasional.

Dengan hadirnya Lokapala pada PON XX Papua nanti, diharapkan dapat menjadi langkah awal bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri esports, baik di kancah nasional maupun global. Hal ini pun disambut antusias oleh PT Telkom Indonesia, sebagai induk dari PT Melon Indonesia selaku publisher game Lokapala di Indonesia.

Baca Juga: 5 Fitur yang Berguna untuk Bermain Game di Smartphone

“Telkom sangat mendukung ekosistem gim di tanah air sejalan dengan terus berkembangnya industri eSports di Indonesia, tentunya diharapkan masyarakat  tidak hanya menjadi konsumen saja, oleh karena itu kita juga mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang bisa mendunia,” ujar Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid dalam siaran persnya.

Senada dengan Fajrin, Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia juga merasa bangga Lokapala bisa dilibatkan dan menjadi salah satu game mobile yang dipertandingkan di PON XX Papua 2021. Sebagai bagian dari Telkom Group, PT Melon Indonesia disebut siap mendukung pertumbuhan industri esports di Tanah Air.

Semoga game Lokapala bisa diterima dan meramaikan industri game di Indonesia. Bukan hanya game Lokapala saja, tapi kami juga ingin menunjukkan bahwa talent dan pengembangan game yang luar biasa ini bisa mengangkat kiprah gim lokal bukan hanya di kancah dalam negeri tetapi mampu juga menembus ke pasar global,” ujarnya.

PON XX Papua ini, cabang esports Lokapala akan menggunakan sistem friendly match, di mana para pemain Lokapala bisa mendaftarkan dirinya dan rekan tim sebagai atlet.  Sistem friendly match ini juga menjadi ajang promosi Lokapala sebagai game lokal dan game terbaru untuk mempermudah peserta dari berbagai daerah, karena saat mendaftar tidak terdapat peraturan tim harus berada dalam provinsi yang sama.

Baca Juga: Game Mobile Tales of Phi, Ajak Gamer Bermain Sambil Belajar

Pertandingan kualifikasi esport Lokapala di PON XX Papua 2021 ini akan berlangsung pada tanggal 6-7 September 2021 secara online. Sedangkan untuk semifinal dan final akan berlangsung pada tanggal 22-26 September 2021 secara offline di Papua. Pertandingan ini untuk memperebutkan prizepool dengan total hadiah sebesar Rp 200.000.000.

Untuk registrasi Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini juga telah resmi dibuka dan pemain bisa mendaftar secara langsung di www.garudaku.com.

Selain mendukung penuh game Lokapala di ajang PON XX Papua 2021, PT Melon Indonesia dan Telkom Indonesia akan terus mendukung pengembang game di Indonesia dalam program Indigo Game Incubation (Indigo), sehingga kedepannya gim buatan anak bangsa bisa terus bersaing di pasar nasional serta global.

Hal ini selaras dengan misi Telkom Indonesia yakni mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa. PT Melon Indonesia sebagai anak perusahaan memperkuat posisi Telkom sebagai Digital Telco untuk memperkuat ekosistem game lokal karya anak bangsa.

Baca Juga: Mode Zombie Undead Siege Akhirnya Hadir Kembali

Exit mobile version