6 Tempat Terbaik Menikmati Lumpia Semarang di Kota Asalnya

JNEWS – Lumpia Semarang merupakan oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Semarang. Selain itu, kurang afdal jika tidak menikmati lumpia di kota asalnya. Kebanyakan wisatawan langsung menuju ke Jalan Pandanaran untuk mencari lumpia. Pandanaran adalah pusat oleh-oleh terkenal di Semarang. Sementara, sebenarnya lumpia enak tidak hanya bisa ditemukan di jalan tersebut.

Dikutip dari laman Warisan Budaya Kemdikbud, kata lumpia berasal dari serapan dialek Hokkien, yaitu loenpia atau lun pia, yang bercampur dengan bahasa Jawa, yaitu lum ping, menjadi lumpia. Lun atau lum artinya lembut, sedangkan pia artinya kue. Lumpia atau lunpia merupakan spring roll atau kue gulung dengan bentuk basah atau kering.

6 Tempat Terbaik Menikmati Lumpia Semarang

Sejak tanggal 1 Januari 2014, lumpia Semarang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. Pengakuan tersebut membuat lumpia makin populer. Nama-nama yang selama ini legedaris tak mau ketinggalan dengan turut memperbaiki kemasan dan cara berpromosi.

Berikut adalah 6 tempat terbaik menikmati lumpia Semarang yang tak boleh dilewatkan.

6 Tempat Terbaik Menikmati Lumpia Semarang di Kota Asalnya

1. Lunpia Cik Me Me (LCM)

Lunpia Cik Me Me (LCM) bisa dikatakan sebagai lumpia paling populer di Semarang. LCM merupakan pelopor lumpia bersertifikasi halal. Cik Me Me merupakan generasi ke-5 lunpia Semarang. Hebatnya, Cik Me Me tak segan beradaptasi dengan preferensi konsumen zaman sekarang.

Lunpia Cik Me Me memiliki akun media sosial dan website yang rapi sehingga pembeli bisa mendapatkan informasi tentang semua produk LCM dengan mudah, termasuk lokasinya. Toko LCM menerapkan sistem terbuka dan ramah sehingga pengunjung dapat menyaksikan proses pembuatan lumpia, bahkan boleh ikut membuat lumpia sendiri. Sementara itu, anak-anak dapat bermain di playground. Untuk bersantap di tempat, LCM menyediakan tempat yang bersih dan nyaman. Namun, tidak banyak kursi karena mayoritas pengunjung memborong lumpia untuk dibawa pulang.

Alamat Lunpia Cik Me Me di Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Semarang Tengah. Buka jam 05.00-22.00. Harga lumpia plain isi rebung Rp17.000. Harga lumpia original berisi rebung, telur, dan udang Rp19.000. Sedangkan harga lumpia dengan isian istimewa dari daging kepiting hingga kambing Rp29.000.

Baca juga: 10 Makanan Khas Semarang dari Tahu Gimbal sampai Lumpia

2. Loenpia Mbak Lien

Loenpia Mbak Lien juga termasuk legendaris. Tempatnya masuk gang sekitar 100 meter, namun tidak akan terlewat karena gapura dan neon sign nama Mbak Lien sangat mencolok di depan gang.

Dahulu pembeli mendapatkan suasana yang unik jika makan di sini karena harus duduk mepet tembok gang jika sedang ramai. Namun sekarang sudah ada tempat makan di dalam ruangan yang bersih, nyaman dan ber-AC. Selain itu, ada pula cabang baru Mbak Lien di Madukoro yang lebih modern dan eksklusif sehingga dapat menjadi pilihan favorit keluarga untuk menikmati lumpia Semarang di kota asalnya.

Alamat Loenpia Mbak Lien di Jl. Pemuda Gg. Grajen No. 1, Pandansari, Semarang Tengah. Cabang baru di Ruko Semarang Bizpark 1, Jl Madukoro Raya No.19. Buka jam 08.00-21.30. Harga lumpia original spesial isi udang dan ayam, baik basah, goreng maupun teppan Rp19.500.

3. Loenpia Gang Lombok

Jika ingin menikmati lumpia dengan cita rasa tempo dulu, wajib datang ke Gang Lombok. Loenpia Gang Lombok sekarang dikelola oleh generasi ke-4 dan sudah berdiri sejak lebih dari 100 tahun tanpa cabang. Porsi lumpia di sini besar dengan penyajian sederhana seperti zaman dulu.

Untuk makan di tempat, hanya ada beberapa kursi di dalam ruangan yang sederhana. Namun saking enaknya, banyak yang tidak keberatan makan sambil duduk di luar dan di dekat sungai yang bersih.

Alamat Loenpia Gang Lombok di Gg. Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah. Buka jam 08.00-17.00 saja. Harga lumpia basah atau goreng Rp22.000.

4. Lunpia Express

Dibandingkan para penjual lumpia Semarang legendaris di atas, Lunpia Express termasuk masih muda. Namun karena itu, Lunpia Express menyediakan tempat yang luas, nyaman, adem dan dengan penyajian yang bagus, khas restoran modern. Parkir mobil juga cukup luas. Tempat ini cocok untuk mencicipi lumpia Semarang bersama keluarga.

Alamat Lunpia Express di Jl.Gajahmada No. 142 AA, Gabahan, Semarang Tengah. Buka jam 05.00-22.00. Harga lumpia rebung atau vegetarian Rp8.000. Harga lumpia original isi rebung, ayam dan udang Rp15.000. Harga lumpia dengan isian istimewa seperti kepiting Rp20.000.

5. Lumpia Lanny

Lumpia Lanny merupakan lumpia rumahan. Letaknya sedikit masuk gang (di mulut gang). Bahkan untuk makan di tempat menggunakan bagian depan rumah pemiliknya yang bernuansa oriental dan tidak luas. Namun tempat ini cukup nyaman karena ber-AC.

Lumpia Lanny sudah bersertifikasi halal MUI. Uniknya, di sini ada varian lumpia less sugar. Porsi lumpia termasuk besar dengan harga yang murah.

Alamat Lumpia Lanny di Jl. Kp. Plampitan No. 81, Kembangsari, Semarang Tengah dan memiliki cabang di Jakarta, Surabaya dan Tegal. Buka jam 07.00-21.00. Harga lumpia ori sedang isi ayam dan telur Rp11.000. Harga lumpia ori besar Rp14.000. Harga lumpia kepiting ukuran besar Rp19.000.

6. Bandeng Juwana Erlina

Sebenarnya tempat ini tidak khusus menjual lumpia Semarang. Ada banyak menu lain. Namun, berhubung menyatu dengan pusat oleh-oleh paling ramai di Semarang, maka penting untuk diketahui bahwa pembeli atau wisatawan dapat menikmati lumpia di lantai 2 pusat oleh-oleh ini. Setelah capek belanja, wisatawan tidak perlu jauh-jauh membelah Kota Semarang yang padat untuk mencari lumpia.

Alamat Bandeng Juwana Erlina di Jl. Pandanaran No. 57, Randusari, Semarang Selatan. Buka Jam 06.30-22.00. Harga lumpia udang Rp17.500, sedangkan harga lumpia ayam Rp18.500.

Baca juga: Cara Kirim Makanan Oleh-oleh Khas Daerah Lewat JNE

Sebenarnya banyak lumpia Semarang enak yang bisa direkomendasikan karena di sinilah surganya lumpia. Namun tak semua penjual menyediakan ruang untuk makan di tempat. Setelah menikmati lumpia di kota asalnya, jangan lupa membawa lumpia sebagai oleh-oleh untuk keluarga, tetangga atau sahabat.

Exit mobile version