Cewek Kue, Bumi, dan Mamba: Pengertian dan Panduan Tampilan yang Fashionable

Mamba adalah istilah fashion yang menunjukkan kecenderungan seseorang, khususnya wanita, pada warna hitam. Istilah tersebut viral berturut-turut setelah istilah cewek kue dipopulerkan oleh akun TikTok @javamassie, diikuti dengan istilah cewek bumi. Setelah itu banyak gadis, bahkan ibu-ibu, yang mengidentifikasikan dirinya pada salah satu kecenderungan tersebut.

Para desainer terkenal tidak ketinggalan dengan tren tersebut. Mereka melemparkan ide-ide desain yang menarik untuk tampil maksimal. Cewek kue, bumi, atau mamba adalah tren yang berasal dari gaya bebas masyarakat awam. Tapi tak ada salahnya mencoba berbagai saran penampilan yang memikat seperti di bawah ini.

Cewek Kue

Mamba adalah istilah fashion yang menunjukkan kecenderungan seseorang, khususnya wanita, pada warna hitam

Cewek kue identik dengan penampilan yang ceria, didukung dengan nuansa warna-warna cerah dan playful, serta aksesori lucu. Biasanya cewek kue memilih warna kuning, pink, hijau pupus, toska, dan sebagainya. Namun, mereka tidak mengenal warna yang seragam ala Teletubbies. Bisa saja mereka mengenakan frame kacamata kuning menyala tapi mengenakan sandal berhiaskan boneka berwarna pink.

Baca juga: Tip dan Panduan Foto Selfie OOTD Hijab ala Fashionista

Namun jika ingin memperbanyak pilihan warna cerah dan tampil lebih fashionable, teori color wheel bisa dicoba. Dikutip dari Farah.id, awalnya color wheel hanya terdiri dari 12 warna yang ditata dalam satu lingkaran dan kemudian berkembang. Teori ini diperkenalkan oleh Sir Isaac Newton. Penggemar sains pasti mengenal nama yang juga menemukan teori Newton I, II dan III tentang gaya pada benda ini.

Ada beberapa tip memilih warna yang berpedoman pada teori color wheel untuk fashion, yaitu:

1. Warna Komplementer

Ini merupakan warna-warna yang berseberangan langsung dalam lingkaran tersebut. Agar menjiwai sebagai cewek kue, pilih warna-warna yang muda dari masing-masing gradasi warna yang ditampilkan dalam lingkaran itu. Contoh: ungu dengan kuning, oranye dengan biru, toska dengan pink dan sebagainya.

2. Warna Analogous

Warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran juga layak dipilih. Cewek kue bisa memilih beberapa warna sekaligus, tidak harus berpasangan. Contoh: oranye dengan pink, biru dengan toska, atau kuning, oranye, dan hijau.

3. Warna Triadik

Warna-warna ini jika ditarik garis akan membentuk segitiga sama sisi di tengah lingkaran. Contohnya hijau, ungu, dan oranye. Contoh lain adalah biru, pink dan hijau.

4. Warna Split Komplementer

Warna ini membentuk huruf Y di lingkaran. Contohnya perpaduan warna merah, oranye dan biru muda.

5. Warna Tetradic

Cewek kue bisa mengenakan 4 warna sekaligus sekali tampil. Contohnya perpaduan warna ungu, pink, hijau dan kuning.

Cewek Bumi

Cewek bumi memancarkan aura yang adem. Mereka menyukai warna earth tone, yang terinspirasi dari warna daun, kayu, tanah, bahkan batu. Warna-warna ini mudah ditemui pada merek-merek produk kegiatan outdoor, namun pada produk fashion juga tidak sedikit.

Berikut panduan warna-warna yang cocok untuk cewek bumi.

1. Khaki

Warna ini sudah populer jauh sebelum ada istilah cewek bumi. Warna coklat muda seperti jerami ini cocok untuk celana dan sepatu.

2. Terakota

Terakota merupakan warna yang populer untuk interior dan eksterior rumah. Namun warna batu bata ini juga cocok digunakan untuk celana, sepatu dan tas.

3. Sage Green

Warna ini viral pada Lebaran lalu. Bahkan banyak seragam keluarga pengantin yang memilih warna ini. Sage green memberikan kesan lembut dan manis. Warna ini cantik untuk baju muslim atau dress dengan kesan santai.

4. Tan atau Camel

Warna cokelat muda sedikit krem ini terinspirasi dari warna unta di padang pasir. Warna tan disukai oleh para pencinta kegiatan luar ruangan. Warna netral ini cocok dipadukan dengan banyak warna lain.

5. Taupe

Warna cokelat keabu-abuan ini memberi kesan santai dan adem. Karena memberi kesan minimalis, warna ini bisa dipadukan dengan warna earth tone lain agar lebih menarik.

Cewek Mamba

Seperti namanya, cewek mamba adalah perempuan dengan gaya berbusana yang terinspirasi dari ular black mamba yang hitam dan mengkilat. Cewek mamba tak hanya menyukai warna serba hitam tapi juga menunjukkan kepribadian yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi.

Kegemaran cewek mamba adalah mengenakan baju dan aksesori serba hitam. Sejatinya serba hitam itu tidak membosankan. Warna hitam bisa tampil sederhana, tetapi bisa juga terkesan sangat mewah. Pemilihan bahan, model dan aksesoris baju mempengaruhi kesan yang ingin ditampilkan.

Beberapa cara untuk menampilkan warna hitam dengan berbagai kesan yang bisa dicoba cewek mamba adalah sebagai berikut.

1. Jaket kulit

Salah satu pilihan favorit cewek mamba adalah jaket kulit warna hitam. Tampilan bak rock star ini bisa dipadukan dengan kaos hitam atau dress hitam dari bahan ringan. Jika menginginkan sedikit aksen, bisa didapatkan dari resleting dan kancing jaket dari besi.

2. Sepatu

Mengenakan sepatu hitam mengkilat dengan hak tinggi datar atau sepatu boot bisa juga jadi pilihan yang pas untuk cewek mamba. Sepatu seperti ini membantu meningkatkan penampilan jauh lebih keren dan berwibawa.

3. Kalung

Jika ingin mengenakan aksesori, kalung mutiara berwarna putih adalah pilihan yang sangat oke. Kalung ini akan mengubah gaun atau tunik hitam menjadi lebih elegan dan anggun.

4. Mengenakan sepatu sport

Penampilan sporty, santai dan gaul bisa diciptakan cewek mamba dari baju serba hitam dipadukan dengan sepatu sport warna apa pun.

5. Mengenakan kacamata hitam

Busana yang sudah serba hitam ditambah dengan kacamata hitam akan memunculkan penampilan yang misterius.

Baca juga: Cantiknya Baju Rajut dalam Berbagai Gaya dan Kesempatan

Cewek kue, cewek bumi, dan cewek mamba adalah bagian dari tren yang tumbuh dari kecenderungan individu yang kemudian diidentikkan menjadi 3 kelompok besar. Panduan tampilan yang fashionable untuk masing-masing tipe di atas menunjukkan bahwa fashion itu menyenangkan dan tiap orang berhak menampilkan preferensi gayanya.

Exit mobile version