Masih Pakai 3G? Berikut Sejumlah Manfaat Layanan 4G

internet 4G

Tidak terasa, lima tahun sudah teknologi seluler 4G LTE telah mengudara dan dirasakan oleh pengguna smartphone. Meski demikian, masih cukup banyak lho dari masyarakat Indonesia yang belum tahu manfaat layanan 4G.

Sebelum kita ulas manfaat layanan 4G, kita sedikit flashback dulu deh ke belakang. Sebelum hadirnya 4G LTE, teknologi seluler Indonesia terdiri dari teknologi 2G dan 3G. Teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, begitu juga dengan ciri khasnya. Tentu saja bila dibandingkan dengan 4G, kecepatan internet yang disuguhkan lewat kedua teknologi sebelumnya tidak sebanding atau bisa dibilang cukup lambat.

Seperti misalnya kecepatan 2G dengan mengandalkan Global Packet Radio Services (GPRS) bisa mencapai 50 kilobyte per second. Sedangkan untuk kecepatan maksimum yang ditawarkan 3G digadang mencapai 2 Mbps saat dalam posisi diam dan 384 Kbps saat dalam keadaan bergerak.

Nah, lalu untuk teknologi 4G sendiri memiliki kecepatan internet yang 500 kali lebih kencang dari 3G. Secara teori, dalam kondisi bergerak atau ketika kamu berada di dalam kendaraan, 4G sanggup menghantarkan kecepatan hingga 10 Mbps dan 100 Mbps saat berada dalam posisi diam. Berikut tabel perbandingan antara 2G, 3G, dan 4G.

Lho, memang seberapa penting sih internet cepat? Ketika kita berbicara mengenai internet cepat, kita tidak hanya bicara soal membuka media sosial dengan cepat, streaming video, hingga bermain game tanpa lag. Memang hal tersebut penting, tapi ada yang lebih penting dari sekadar bermain game atau menonton video tanpa lag, yakni turut meningkatkan taraf hidup khalayak.

Baca Juga: Cara Hapus Cache, Tumpukan File yang Bikin Laptop Lemot

Sejumlah Manfaat Layanan 4G

Sebagai gambaran mengenai manfaat internet cepat, dalam hal ini pengunaan layanan 4G, berikut ini akan kami berikan beberapa contohnya:

1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Percaya nggak kamu kalau hadirnya 4G menciptakan peluang lapangan pekerjaan? Coba deh, ketika 4G muncul, ada banyak sekali aplikasi yang bermunculan, salah satunya aplikasi ride hailing, seperti Gojek dan Grab. Kedatangan kedua perusahaan tersebut lantas menciptakan lapangan pekerjaan baru, yakni menjadi pengemudi (driver) ojek online.

Sontak dengan adanya Gojek dan Grab, profesi pengemudi ojek jadi naik kelas. Mereka yang tadinya hanya mengandalkan penumpang dari pangkalan, jadi lebih mudah mendapatkan penumpang. Tidak cuma digeluti mereka yang memang pengemudi ojek, profesi ojek online juga menjadi incaran mereka yang tidak memiliki pekerjaan.

2. Mendorong UMKM Bertransformasi Digital

Kehadiran layanan 4G juga mendongkrak tren belanja dan berjualan online di kalangan masyarakat seiring dengan munculnya sejumlah perusahaan e-commerce. Sebelumnya mungkin berjualan online hanya dilakukan bagi mereka yang memiliki modem dan komputer. Namun, ketika layanan 4G ini ada, mereka yang hanya bermodalkan smartphone pun bisa dengan mudah berjualan.

Hal ini tentu berkaitan dengan proses transformasi digital di kalangan pelaku usaha di semua segmen, baik itu yang skala besar, sampai skala kecil seperti UMKM. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, menuntut semua pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan dunia digital agar bisa bertahan.

Baca Juga: Jangan Gaptek Soal NFC dan Apa Kegunaannya

3. Video Call dan Video Conference Jadi Lancar

Proses komunikasi tanpa kita sadari mulai berbeda ketika muncul pandemi COVID-19, dari yang tadinya harus bertatap muka, menjadi dilakukan secara virtual, baik melalui panggilan telepon biasa atau video call. Sebelum ada 4G LTE, teknologi 3G pun sudah bisa dipakai untuk video call, tapi dengan koneksi yang kurang kencang.

Namun, dengan menggunakan 4G LTE, semua hal itu bisa dilakoni dengan lancar. Tentu saja, hal ini membuat proses bekerja jarak jauh atau WFH (work from home) dan belajar dari rumah jadi nyaman.

4. Meningkatkan Produktivitas

Di era internet seperti sekarang, konten menjadi salah satu industri yang maju. Tidak sedikit dari masyarakat yang menggantungkan pendapatannya melalui konten internet, mulai dari gambar, video, dan lainnya. Manfaat layanan 4G berikutnya bisa bikin kegiatan upload video menjadi lebih cepat.

Dengan adanya internet yang memadai, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang menggeluti profesi sebagai content creator, baik itu di platform YouTube atau media sosial lain, seperti Instagram. Internet yang kencang dari 4G juga membuat kegiatan bermain game menjadi lancar yang akan berdampak terhadap kemanjuan industri gaming dan esport Indonesia.

Baca Juga: Ada Tambahan Kuota 5GB dari 3, Jangan Sampai Nyesel

Apa yang disampaikan di atas merupakan sebagian kecil dari banyaknya manfaat layanan 4G yang bisa kita dapat dapatkan. Buat kamu yang belum beralih ke 4G, segera tukarkan SIM card lama kamu di sejumlah gerai operator terdekat.

Exit mobile version