Manfaat Minyak Kelapa VCO dalam Rutinitas Harian

Manfaat minyak kelapa VCO sudah terbukti baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan bagi tubuh seperti mampu meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan kulit.

Virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak hasil dari ekstraksi kelapa tanpa adanya proses pengolahan dengan kimia seperti minyak pada umumnya. Proses inilah yang kemudian memperjelas makna dari kata virgin dalam penamaannya. Sebab prosesnya secara alami, tidak dihilangkan baunya, tidak dijernihkan maupun mengurangi elemen penting di dalamnya.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, VCO memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, kulit hingga rambut. Apalagi sekarang ini perawatan kulit menggunakan bahan alami tengah populer di berbagai kalangan masyarakat. Itulah mengapa banyak yang menjadikan VCO sebagai bahan baku kosmetik, body care hingga mengonsumsinya secara langsung sebagai asupan gizi berkalori tinggi.

Minyak kelapa VCO sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Tapi, sebelum menggunakannya perlu dilakukan uji coba kecil di area kulit untuk memastikan bahwa minyak ini tidak menimbulkan efek samping seperti kulit menjadi merah atau gatal.

Supaya penggunaannya bisa maksimal untuk kesehatan dan kecantikan, perlu tahu bagaimana cara penggunaannya. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Rutinitas Harian dan Cara Penggunaannya

Manfaat Minyak Kelapa VCO dalam Rutinitas Harian

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di dalam minyak kelapa VCO memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antivirus. Jadi, dengan mengonsumsinya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi dari penyakit dan infeksi

Cara penggunaan: cara yang paling mudah adalah dengan minum VCO secara langsung, satu sendok makan per hari. Bisa juga dengan mencampurnya dengan segelas air putih atau ke minuman lainnya seperti jus atau smoothie. Tapi, perlu diingat hindari konsumsi berlebihan karena VCO mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Baca juga: Mengeksplorasi Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

2. Menurunkan Berat Badan

Walaupun mengandung lemak, tetapi lemak di dalam VCO merupakan lemak sehat yang justru dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya bisa meningkatkan jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh sehingga membantu proses penurunan berat badan.

Cara menggunakan: untuk yang menjalani program diet, cara mengonsumsi VCO bisa dengan minum langsung satu sendok per hari, maupun dicampur ke dalam minuman. Bisa juga menambahkan 1 sendok makan VCO ke dalam salad.

3. Sebagai Cleansing Oil

Untuk perawatan kulit, manfaat minyak kelapa VCO salah satunya bisa digunakan sebagai cleansing oil. Penggunaan cleansing oil bertujuan untuk membersihkan make up yang menempel setelah beraktivitas seharian. Kadang kala ada pembersih yang membuat kulit wajah kering dan ketarik setelah menggunakannya. Sebagai gantinya, bisa membersihkan make up dengan VCO.

Cara penggunaan:  tuangkan minyak di telapak tangan, lalu oleskan perlahan di bagian wajah yang akan dibersihkan. Ambil kapas lalu usap perlahan hingga bersih. Kemudian, ambil handuk yang sudah direndam dengan air hangat, kompres perlahan di seluruh area wajah.

4. Mengatasi Rambut Kering dan Rusak

Jenis rambut kering dan rusak akibat penggunaan cat maupun tindakan seperti rebonding memerlukan perawatan khusus agar akar rambut bisa kembali sehat. Manfaat minyak kelapa VCO bisa sebagai pengganti serum perawatan rambut. Tak hanya itu saja, kandungan pelembap alami pada VCO bisa membantu rambut untuk lebih terhidrasi.

Cara penggunaan: tuangkan 2-3 tetes minyak VCO di tangan, oleskan dari batang sampai ujung rambut, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas rambut dan keramas seperti biasa. Bisa juga dengan mengoleskan minyak ini 2-3 jam sebelum keramas. Apabila dilakukan secara rutin, rambut akan kembali sehat dan berkilau.

5. Pengganti Minyak Goreng

Kandungan lemak jenuh yang tinggi pada VCO, menjadikannya salah satu lemak terbaik untuk memasak dengan suhu tinggi, termasuk di dalamnya menggoreng. Lemak jenuh mampu mempertahankan strukturnya saat dipanaskan pada suhu tinggi. Oleh karena itu, VCO menjadi alternatif yang aman untuk memasak pada suhu tinggi termasuk penggunannya pada teknik deep fried.

Cara penggunaan: tuangkan 2-3 sdm pada wajan untuk menumis. Apabila ingin menggoreng, gunakan minyak secukupnya.

Baca juga: Mengenal 10 Alternatif Minyak Goreng Selain dari Kelapa Sawit

6.  Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Manfaat minyak kelapa VCO berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kandungan minyak ini yang antibakteri, membuatnya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mulut.

Cara penggunaan: gunakan teknik oil pulling, ini merupakan metode kuno dengan cara menggerakkan dan mengunyah minyak di dalam mulut selama beberapa menit. Melakukan teknik ini dengan VCO bisa membersihkan bakteri dalam mulut.

7. Deodoran

Minyak kelapa VCO akan luruh apabila bertemu dengan suhu tubuh. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa minyak ini cocok dalam pembuatan deodoran.

Cara penggunaan: campurkan ½ cangkir minyak VCO, ¾ baking soda, 1-2 tetes essential oil. Panaskan minyak VCO dengan api kecil, campur baking soda sambil diaduk hingga merata. Matikan kompor, tuangkan essential oil secukupnya untuk memberikan wangi alami. Tuang ke dalam cetakan dan masukkan ke lemari es sampai bentuknya padat.

Manfaat minyak kelapa VCO sangat baik untuk tubuh dan bisa digunakan untuk rutinitas harian. Tapi sekali lagi, perlu ingat bahwa VCO mengandung lemak jenuh. Jadi, konsumsilah dengan bijak dalam jumlah yang wajar dan sesuai kebutuhan pribadi. Apabila tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Exit mobile version