Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat puasa di bulan ramadan

Marhaban ya Ramadan! Tidak terasa bulan Ramadan telah kembali hadir di tengah kita semua. Selama satu bulan penuh umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa dimulai dari matahari terbit hingga tenggelam.

Puasa Ramadan wajib hukumnya bagi umat Muslim. Sebagaimana perintah berpuasa Ramadan sudah jelas tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman:

“Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumu-shiyam, kama kutiba ‘alaladzina min qablikum la’allakum tattaqun.”

Yang artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (Berpuasa) agar kamu bertakwa.”

Baca Juga: Puasa Sebentar Lagi! Simak Tips Sahur Pertama Agar Puasa Lancar

Di samping memiliki makna spiritual, puasa ternyata juga membawa segudang manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah sejumlah manfaat puasa:

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan berat badan

Puasa dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori. Dalam keadaan puasa, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, sehingga membantu membakar lemak tubuh yang tidak dibutuhkan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengubah pola makan (puasa) dan gaya hidup merupakan cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Puasa diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang berarti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes, puasa ternyata juga mendatangkan manfaat yang bagus untuk mengontrol gula darah. Pada saat berpuasa, insulin akan membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh. Dengan kata lain, puasa meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti tubuh lebih efektif dalam memproses gula darah dan mencegah diabetes.

Baca Juga: Masuk Puasa, JNE Prediksi Kiriman Kuliner Khas Lampung akan Tumbuh

4 Meningkatkan fungsi otak

Puasa diketahui dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dan memperbaiki fungsi otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan belajar.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara membersihkan sel-sel yang rusak dan merangsang produksi sel-sel baru.

Itu dia tadi sejumlah manfaat puasa yang bisa kamu ambil hikmahnya. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga di bulan yang penuh berkah ini kita senantiasa mendapat kebaikan yang berlimpah.

Exit mobile version