Manfaat Tersembunyi ‘Buah Surga’, Buah Tin

buah tin banyak berkhasiat untuk kesehatan

Sumber: Canva.com

JNEWS – Salah satu buah yang disebutkan dalam Alquran dan digambarkan ada di surga adalah buah tin. Buah tin atau buah ara memiliki rasa manis yang unik, bertekstur lembut dan kenyal. Buah ini tumbuh subur di dataran Mediterania dan Timur Tengah.

Sebelum adanya gula, buah tin sejak dulu digunakan sebagai pemanis buatan. Selain itu buah tin ternyata juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalam buah tin terkandung energi, protein, karbohidrat, folat, niacin dan lain sebagainya yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi buah tin maka banyak manfaat yang kita dapatkan untuk kesehatan tubuh di antaranya :

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung dan stroke.Penyebabnya, yakni ketidakseimbangan kalium akibat mengonsumsi tinggi natrium. Buah tin adalah makanan sehat yang kaya kalium dan dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan tersebut. Sementara itu, kadar serat di dalamnya dapat membantu membuang kelebihan natrium.

Meningkatkan kesehatan jantung

Memakan buah tin secara rutin dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan mampu meningkatkan kesehatan jantung. Trigliserida adalah partikel lemak dalam darah

yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Kandungan fenol dan asam lemak omega-3 yang ada di buah tin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga kesehatan mata

Buah tin mengandung beta karoten yang kemudian menjadi vitamin A saat diolah oleh tubuh. Nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan sel-sel mata dan membantu menjaga penglihatan.

Meningkatkan kepadatan tulang

Buah tin merupakan sumber kalsium dan potasium yang baik. Mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Menyembuhkan anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Dengan mengonsumsi secara rutin buah tin, kandungan zat besi di dalamnya dapat menjaga kadar hemoglobin dalam darah sehingga bisa menyembuhkan anemia.

Mencegah kanker

Daun buah tin dan getah alami dari tanaman buah tin dalam penelitian menunjukkan aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar manusia, kanker payudara, kanker serviks dan sel kanker hati.

Mencegah hipertensi

Hipertensi adalah gangguan yang dapat terjadi karena ketidakseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah tin kandungan potasium di dalamnya dapat membantu menjaga keseimbangan tersebut.

Mengobati asma

Kita bisa mengonsumsi jus buah tin untuk meredakan asma. Karena, di dalam buahnya mengandung senyawa fitokimia yang efektif melawan radikal bebas pemicu asma.

Meningkatkan fungsi otak

Dalam buah tin terdapat kandungan vitamin B kompleks yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki daya ingat. *

Baca juga: Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh

Exit mobile version