Manfaatkan Medsos, AW Collections Bisa Kirim Hingga 2.000 Paket per Hari!

AW Collections dalam cerita joni JNE

Di era modern seperti saat ini, terutama ketika pandemi covid-19 mewabah, tidak sedikit dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang kemudian memanfaatkan platform media sosial untuk berjualan. Salah satu keuntungan yang didapat dengan menerapkan strategi bisnis online tentu saja kamu bisa menjangkau pasar lebih luas lagi. AW Collections sendiri menjadi satu dari sekian banyak pelaku UMKM yang sudah sukses mengimplementasikan strategi bisnis menggunakan platform media sosial.

Sekadar informasi, AW Collections merupakan bisnis yang bergerak di bidang hijab dan fashion. Usaha ini didirikan oleh sepasang suami istri, yakni Arif Aryanto dan Wiwid Sofiyanti, yang berdomisili di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan bidangnya, AW Collections menjual berbagai macam model hijab, mulai dari hijab bergo, pashmina, dan lainnya yang berdiri sejak 2015.

Baca Juga: Giliran Chikoisme Bercerita Manfaat JLC! Bisa Jalan-jalan ke Eropa!

Dalam sesi bincang-bincang dengan JNE di segmen Cerita Joni, kedua pasangan ini bercerita awal mula mereka usaha hanya bermodalkan sekitar Rp 314.000. Itu pun uang tersebut merupakan hasil patungan di antara keduanya.

“Dulu dia kan masih kerja di bank swasta, saya masih kuliah semester tiga. Ingin punya usaha bareng,” tutur Wiwid.

Ketika ditanya mengapa hijab yang menjadi produk jualannya, Arif pun menjawab bahwa hijab saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok seorang wanita muslimah. Arif juga menyebut bahwa saat ini hampir 90% wanita menggunakan hijab.

Selama kurang lebih 5 tahun berjalan, AW Collections pun mencoba untuk berinovasi. Dari awalnya hanya berjualan hijab, kemudian mereka memasukkan produk-produk fashion lainnya, seperti baju, tunik, gamis, kulot jeans, dan lainnya.

Salah satu progress yang paling mereka syukuri adalah bagaimana AW Collections ini bisa mengirimkan hingga 2.000 paket per hari. Padahal, di awal mereka memulai usaha pada 2015 lalu, hanya mengirimkan paket sekitar 10 sampai 20 paket per hari. Begitu juga dengan jumlah karyawannya, di mana sekarang ini sudah berjumlah 30 karyawan.

“Kami selalu update produk terbaru dan berani mencoba. Lalu memasang iklan,” tutur Wiwid menceritakan bagaimana AW Collections bisa mengapalkan ribuan paket setiap hari. Tidak lupa, Wiwid dan Arif selalu menjaga agar bagaimana paket kirimannya bisa rapih dan aman sampai ke tangan konsumen. Dengan paket yang rapih, maka menurut Wiwid konsumen akan menjadi lebih senang ketika unboxing paket tersebut.

Bicara mengenai bisnis online, para pelaku UMKM dituntut harus sabar dalam melayani pembeli. Begitu juga dengan Wiwid dan Arif, di mana mereka sering beberapa kali menemukan konsumen yang rewel menanyakan kapan paketnya tiba. Salah satu trik untuk menghadapi konsumen yang rewel adalah dengan mencantumkan resi.

Baca Juga: Buat UMKM, Gini Caranya Dapetin Sertifikat Halal

Memanfaatkan JLC

Sebagai UMKM yang memiliki banyak pelanggan, tentu pengiriman yang padat tidak terhindarkan. Bahkan seperti yang disebutkan di atas, pengiriman bisa mencapai 1.000 hingga 2.000 paket per harinya. Paham akan aktifitas pengiriman yang padat, Wiwid dan Arif pun memanfaatkan program JNE Loyalty Card (JLC).

Sekadar info, JNE Loyalty Card (JLC) merupakan program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE. Pemegang JLC akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik.

Baca Juga: Ratu Kriuk Sukses Kirim Hingga 3 Kuintal per Hari

Pemegang JLC akan mendapat reward satu poin untuk setiap transaksi senilai 25 ribu rupiah di JNE. Poin tersebut bisa ditukar dengan hadiah menarik atau diskon khusus di banyak merchant. Ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa akhirnya Wiwid dan Arif memutuskan untuk menjadi member JLC.

“Yang pertama kan dapat point. Kemudian point itu setiap harinya bertambah karena pengiriman setiap hari ada. Point tersebut pun bisa ditukar,” ujar Wiwid.

Nah, dari hasil penukaran poin tersebut, AW Collections bisa mendapatkan delapan buah ponsel dan satu buah kamera lho. Ingin seperti mereka? Buruan daftar member JLC sekarang juga! Informasi lengkap bisa mengunjungi link berikut https://jlc.jne.co.id/sign.

Baca Juga: Rejeki di Bulan Penuh Berkah! Ikuti Lomba Penulisan Blog JNE 2021!

Exit mobile version