Masker Korea untuk Semua Jenis Kulit: Bagaimana Memilih yang Tepat

Masker Korea sudah menjadi salah satu bahan utama perawatan kulit perempuan Indonesia. Artis-artis Korea yang cantik dan berkulit mulus telah berhasil membuat gadis-gadis di Indonesia meniru cara perawatan kulit ala Korea. Permintaan terhadap masker Korea cukup tinggi sehingga sekarang telah disediakan di mal dan toko-toko online.

Meski sama-sama Asia, tetapi tak otomatis masker Korea cocok untuk kulit Indonesia. Pengguna masker wajib untuk memahami karakter kulitnya sendiri. Masker Korea juga harus terdaftar di BPOM agar kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Caranya mudah, cukup masukkan kata kunci produk atau merek pada kolom pencarian di website BPOM.

Jenis-Jenis Masker Korea

Masker Korea untuk Semua Jenis Kulit

Di Korea, masker sudah menjadi tren sekaligus kebutuhan. Masker merupakan bagian dari rasa percaya diri. Saat ini sheet mask sedang sangat disukai. Sheet mask juga sangat populer di Indonesia. Sebenarnya jenis masker Korea itu bermacam-macam, yaitu sebagai berikut.

Baca juga: 3 Cara Cek BPOM Untuk Memastikan Keaslian Produk Obat dan Makanan

1. Sheet mask

Masker ini berupa lembaran yang telah dibasahi dengan berbegai ramuan alami. Sheet mask sangat digemari karena mudah diaplikasikan ke wajah. Bentuk sheet mask lucu-lucu sehingga para gadis gemas dan menyukainya. Karena kepraktisan tersebut, banyak juga remaja laki-laki yang menggunakannya.

2. Rubber face mask

Masker ini ada dua macam, yaitu berbentuk bubuk yang harus dilarutkan dulu dan berbentuk seperti sheet mask tetapi lebih tebal. Masker karet ini memiliki efek mengencangkan kulit wajah. Cara melepaskan gampang, yaitu seperti masker peel-off sehingga lebih praktis dari masker bubuk biasa.

3. Clay mask

Masker yang sering juga disebut masker lumpur ini lebih cocok untuk kulit berminyak. Masker ini menggunakan bahan dasar tanah liat. Umumnya dijual dalam bentuk pasta.

4. Peel-off mask

Jenis masker ini umumnya dijual dalam bentuk gel. Setelah kering, masker akan menempel ketat di wajah. Untuk membukanya cukup dengan ditarik. Masker ini disukai karena praktis dan efeknya dingin di wajah.

5. Sleeping mask

Masker ini umumnya dijual dalam bentuk gel dan krim. Sleeping mask digunakan untuk mengembalikan kelembapan, kekenyalan, dan kecerahan kulit pada saat tidur. Ketika bangun, kulit yang kusam setelah seharian beraktivitas telah kembali sehat.

6. Masker bubuk

Ini merupakan nenek moyang segala macam masker yang ada sekarang. Masker bubuk adalah produk masker yang pertama kali digunakan di dunia. Umumnya masker bubuk lebih aman untuk semua jenis kulit karena minim bahan pengawet, pengental, dan sebagainya.

7. Wash-off mask

Ini hanya istilah untuk semua jenis masker yang cara membersihkannya harus dibilas dengan air.

Cara Menggunakan Masker Korea

Cara menggunakan masker Korea bisa berbeda, tergantung jenis maskernya. Namun ada beberapa langkah yang sama, antara lain:

1. Bersihkan Wajah

Langkah awal penggunaan masker sama untuk semua jenis, yaitu wajah harus dalam keadaan bersih. Meskipun pergi keluar rumah, sebaiknya tetap bersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran yang tak terlihat oleh mata.

2. Cermati Aturan Pakai

Baca aturan pemakaian agar tak salah menggunakannya. Misalnya untuk sheet mask, jangan keliru menggunakan kertas pelindung yang lebih keras. Itu bukan maskernya. Maskernya adalah yang tipis  dan basah, cenderung transparan. Begitu pula cara membersihkannya. Jika masker lain harus dibilas, sheet mask justru tidak boleh dibilas dengan air setelah pemakaian.

3. Jangan Menggosok Wajah

Perlakukan wajah dengan hati-hati. Misalnya untuk masker pasta yang mengeras di wajah perlu cara khusus untuk membersihkannya. Caranya dengan menggunakan sellulose sponge yang telah dicelupkan ke dalam air hangat lalu diusapkan dengan lembut. Jika terpaksa, bisa menggunakan handuk kecil atau waslap yang bersih. Lakukan beberapa kali hingga sisa masker hilang.

4. Selalu Pergunakan Peralatan yang Bersih

Misalnya handuk untuk mengeringkan wajah yang baru saja dibersihkan dengan air. Sedangkan untuk mencampur masker dengan larutan atau mengoleskan masker ke wajah, usahakan menggunakan alat yang bersih.

Hindarilah menggunakan jari, karena dapat membuat masker tidak rata di wajah dan bisa terkontaminasi sehingga menambah risiko bagi yang berjerawat.

5. Sekali Pakai

Jika kemasannya sachet, usahakan sekali pakai langsung habis. Contohnya untuk sheet mask, jangan lupa menghabiskan seluruh cairan yang biasanya masih tersisa di dalam kemasan. Cairan tersebut dapat dioleskan ke bagian tubuh yang lain.

Untuk masker bubuk atau masker lain yang sudah dilarutkan, sebaiknya sisa pasta masker yang mengering tersebut tidak disimpan untuk digunakan di lain hari. Pasalnya, kandungan manfaatnya sudah menurun, bahkan bisa saja sudah terkontaminasi.

6. Ikuti Petunjuk Produsen

Ikuti saran lama waktu penggunaan masker dari produsen. Gunakan alarm sebagai pengingat waktu. Jika terlalu lama, kulit akan kering.

Ikuti juga frekuensi penggunaan masker sesuai dengan saran produsen. Jika terlalu sering, kulit akan iritasi atau menjadi sangat kering. Umumnya produsen akan memberikan saran sesuai dengan jenis kulit, apakah kulit kering, berminyak atau sensitif.

Baca juga: Korean Beauty: Rahasia Perawatan Kulit yang Memikat dari Produk Korea Online

Demikianlah panduan tentang cara memilih masker Korea yang cocok untuk untuk berbagai jenis kulit. Masker yang cocok pada seseorang, belum tentu cocok buat orang lain. Selalu kenali jenis kulit, bahan dan cara penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum membeli. Yang paling penting, cek status masker tersebut di BPOM.

Exit mobile version