8 Tips Menentukan Konsep Dekorasi untuk Pernikahan

Setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan menginginkan sebuah pesta yang sempurna. Salah satu bentuk kesempurnaan tersebut dapat diwujudkan dari pemilihan dekorasi pernikahan yang tepat.

Pernikahan menjadi momen sakral yang hanya berlangsung sekali dalam seumur hidup. Tidak heran jika banyak pasangan yang menginginkan momen ini dapat dilewati dengan sempurna. Dekorasi pernikahan menjadi salah satu elemen pendukung agar pasangan dapat mewujudkan pesta pernikahan yang diimpikan.

Dekorasi pernikahan yang tepat akan memberikan nuansa tersendiri. Apakah menginginkan pernikahan yang romantis, elegan, klasik, atau modern, dekorasi dapat mencerminkan gaya dan kepribadian hidup sang pasangan. Venue pernikahan yang dihias dengan indah dan terkoordinasi dengan baik juga dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi tamu undangan. Suasana yang dirancang dengan baik akan menciptakan suasana yang hangat, menyenangkan, dan memikat, sehingga tamu merasa disambut dan terlibat dalam momen bersejarah dalam hidup pasangan pengantin.

Namun, tidak jarang pasangan calon pengantin yang masih bingung dalam memilih dekorasi pernikahan. Nah, berikut ini disajikan beberapa tips memilih dekorasi pernikahan yang tepat. Semoga bisa membantu calon pasangan pengantin mana pun yang berencana hendak menghelat pesta pernikahan dalam waktu dekat.

8 Tips Memilih Dekorasi Pernikahan yang Tepat

Terdapat beberapa jenis dekorasi pernikahan, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Yang bagus biasanya juga akan menguras kantong. Akan tetapi tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips memilih dekorasi pernikahan ala Bridestory, untuk mewujudkan pernikahan yang diimpikan.

Tips Foto Pre Wedding agar Hasilnya Estetik Maksimal

1. Tentukan Keinginan Kamu dan Pasangan

Sebelum memutuskan mencari vendor pernikahan, kamu perlu mencari tahu apa yang disukai oleh pasangan. Elemen dekorasi pernikahan seperti apa yang hendak diusung. Hendaknya, elemen ini dapat merepresentasikan personality dari kamu dan pasangan. Untuk mempermudah, kamu dapat menggali sejumlah unsur personal pasanganmu, mulai dari hobi, kepribadian diri, hingga beberapa komponen favoritnya. Cari tahu apa yang disukai dan tidak disukai, ya.

Baca juga: Tips Memilih Cincin Emas untuk Pernikahan

 2. Memilih Tema

Setelah mengetahui elemen apa yang disukai, kamu perlu mencari referensi dekorasi pernikahan melalui platform online. Ada banyak perusahaan wedding organizer yang menyediakan referensi yang bisa dipilih.

Kamu hanya perlu memilih dan mengumpulkannya sesuai dengan tema yang akan diusung. Jika masih mengalami kesulitan, maka kamu bisa menggali berdasarkan warna yang akan diusung dalam pernikahan.

3. Hindari Mengumpulkan Referensi Tema yang Bertolak Belakang

Apakah kamu dan pasangan memiliki tema pernikahan impian yang berbeda? Jika iya, maka kamu tidak dianjurkan untuk memasukkan elemen-elemen yang bertentangan. Elemen yang bertolak belakang ini akan menyulitkan dekorator dan mengganggu keselarasan antar ornamen. Misalnya, kamu suka tema yang futuristik dan pasanganmu menyukai hal-hal yang klasik. Keduanya merupakan tema yang cukup bertentangan bukan?

4. Mencari Palet Warna yang Sesuai

Hal berikutnya yang dapat dilakukan dalam menentukan dekorasi pernikahan adalah dengan menentukan palet warna yang sesuai. Pallet warna ini dapat menjadi acuan untuk menentukan gaya interior venue. Misalnya, jika gedung yang dipilih memiliki nuansa kolonial, maka gaya interior yang cocok adalah warna klasik seperti off white, gold, atau soft pink. Sementara jika venue yang diplih bergaya industrial, maka warna yang cocok bisa ke pallet warna hijau.

5. Siapkan Mental untuk Outdoor Party

Jika kamu dan pasangan memilih pesta pernikahan yang digelar outdoor, maka kamu perlu menyiapkan mental. Pasalnya, untuk outdoor party ada banyak komponen yang diperhatikan, khususnya cuaca. Untuk mengantisipasi cuaca yang tidak bisa ditebak, maka sebaiknya kamu memilih venue yang menyediakan lokasi outdoor dan indoor.

6. Tentukan Jumlah Tamu

Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam memilih dekorasi pernikahan yang tepat adalah jumlah tamu. Diskusikan seberapa banyak tamu yang akan diundang. Tentukan siapa saja yang akan menjadi saksi dalam ikrar suci kamu dan pasangan.

7. Carilah Venue dengan Kapasitas yang Sesuai

Jika kamu dan pasangan akan menggelar intimate wedding, maka pilihlah vendor yang menyediakan paket intimate dengan kapasitas sesuai. Jangan memilih area yang terlalu kecil, maupun terlalu besar ya. Keduanya akan membuat suasana tidak nyaman dan akan mengurangi kesan intim yang ingin diciptakan.

8. Pilih Jasa Vendor yang Profesional

Last but not least, setelah menemukan dekorasi pernikahan yang cocok, maka kamu perlu mencari jasa vendor yang tepat. Telusuri portofolionya melalui akun media sosial maupun websitenya, ya. Kamu juga bisa mencari review dari client yang sudah menggunakan jasa vendor tersebut. Pastikan juga bagaimana mereka melayani client. Apakah komunikasinya nyaman? Atau sebaliknya.

Baca juga: Tips Foto Pre Wedding agar Hasilnya Estetik Maksimal

Demikianlah tips memilih dekorasi pernikahan yang dapat diterapkan dalam mewujudkan pernikahan impianmu. Pilihlah vendor pernikahan sebagaimana bujet yang sudah disusun dengan pasangan, ya. Pasalnya, kamu juga perlu memikirkan kehidupan setelah pesta pernikahan digelar.

Exit mobile version