Mengenal Lambang dan Mode Operasi Remote AC

 

Hampir setiap rumah, kantor, dan ruang publik lainnya menggunakan air conditioner atu AC untuk memberikan kesejukan selama beraktivitas. Apalagi saat ini Jakarta dan beberapa wilayah lainnya terpapar suhu panas yang ekstrem.

Meski sudah banyak digunakan, nyatanya tak sedikit orang yang mengerti soal mengoperasikan AC rumah. Terutama dari lambang yang biasanya tertera pada bagian remote.

Padahal, dengan mengerti lambang atau indikator yang disajikan pada remote AC bisa sangat membantu memaksimalkan penggunaan pendingin udara tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya, pada remote AC tersedia layar kecil atau display. Selain itu ada beberapa informasi yang disajikan seperti timer, suhu, mode, arah kipas, putarannya, dan lainnya.

BACA JUGA : Awas Macet, Akhir Pekan Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Kedua

Bagi yang masih awam, akan menemukan tulisan TEMP yang memiliki arti sebagai temperatur dari suhu. Biasanya tulisan TEMP juga akan dilengkapi dengan dua tombol naik-turun untuk disetel sesuai kebutuhan pengguna.

Penting untuk diketahui, semakin rendah suhunya, otomatis ruangan akan semakin sejuk atau dingin. Tapi ada efek sampingnya, karena akan membuat penggunaan listrik lebih boros.

Sharp

Selain TEMP, ada indikator lain seperti Fan atau kipas. Fungsinya untuk menyetel pengaturan kipas, baik kekuatan embusannya sampai arah sebarannya, baik ke bawah, tengah, atas, atau swing.

Pada indikator mode pengaturan AC di remote, akan ditemui beberapa simbol. Contoh seperti salju yang artinya akan membuat ruangan lebih dingin dengan konsekuensi penggunaan listrik lebih tinggi.

Selain itu lambang tetesan air atau dry Mode. Bila pengguna memilih lambang ini artinya tingkat kelembapan udara akan berkurang dan terasa lebih kering yang umum digunakan di ruangan penyimpangan buku dan lainnya.

Untuk Fan Mode atau kipas, berguna saat pengguna hanya ingin mendapatkan embusan angin saja, karena secara otomatis fungsi dari proses pendinginan akan berhenti. Sementara yang paling praktis adalah Auto Mode atau biasa ditandai dengan huruf A dengan kegunaan membuat AC bekerja otomatis.

Artinya, pada Auto Mode AC akan menyesuaikan dengan sendirinya suhu ruangan dengan settingan temperatur. Fitur ini dulunya hanya ada pada AC dengan merek mahal, tapi seiring berjalannya waktu, hampir semua merek sudah dilengkapi fitur tersebut.

Exit mobile version