Mengenal Lebih Dekat Dengan Building Management Department

Karyawan Building Management Department selalu memastikan gedung JNE bersih, rapi dan nyaman

Building Management Department atau yang lebih dikenal dengan BMD mempunyai tugas dan wewenang yang sangat penting, yaitu melakukan pengelolaan terhadap aset perusahaan. Hal itu meliputi pemeliharaan dan perawatan gedung sehingga bisa mendukung jalannya roda bisnis perusahaan.

Gedung Kantor Pusat JNE di kawasan Tomang, Jakarta Barat,  yang berdiri megah dan nampak selalu bersih, itu salah satunya berkat kerja keras tim gondola yang secara berkala terus melakukan pemeliharaan gedung. Di antaranya dengan membersihkan kaca-kacanya dari atas gondola.

Memasuki gedung JNE, juga akan disuguhkan dengan ruangan yang bersih dan nyaman serta tercium semerbak aroma wewangian. Hal ini juga salah satunya berkat kerja keras tim house keeping yang setiap hari bertugas memastikan agar ruangan kantor JNE senantiasa bersih dan nyaman.

“Memang itulah diantara tugas utama kami, memelihara dan merawat gedung JNE. Dengan ruangan yang bersih, nyaman, wangi dan bebas dari Covid-19, para karyawan bisa bekerja dengan nyaman sehingga produktivitasnya bisa meningkat”, ujar Noviyanto selaku Head of Building Management Department.

“Begitu juga customer atau tamu yang berkunjung ke JNE akan nyaman dan mereka mempunyai kesan yang baik terhadap JNE,” tambah ksatria JNE yang akrab disapa Anto ini, saat berbincang dengan JNEWS, Jumat (11/6/2021).

Baca juga : Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno Diresmikan Gubernur Babel

Menurut Noviyanto, sejak dibentuk Oktober 2018, departemennya mempunyai SOP dan program lengkap. Salah satunya yaitu ‘Green Building’, pengelolaan mau pun pemeliharaan gedung, harus senantiasa memperhatikan lingkungan sekitar dan bisa berkelanjutan hingga generasi mendatang.

“Tahun 2019 – 2020, BMD melaksanakan program green building, di antaranya dengan melakukan penghematan pemakaian energi listrik. Alhamdulillah sekitar 8% biaya dari pemakaian listrik bisa dihemat setiap bulannya,” ujar Noviyanto yang pernah meraih penghargaan sebagai Best Supervisor ini.

Terkait program green building, selain efisiensi penggunaan energi listrik, juga penghematan pada pamakaian air dengan menggunakan kran sensor. Selain itu, dilakukan juga pemilahan limbah organik mau pun non organik serta limbah B3, penerapan proses digitalisasi semua pemeliharaan dan perawatan gedung oleh BMD.

“Sekarang untuk monitor pengerjaan dan hasilnya semuanya sudah melalui digital. Misalnya siapa yang sedang membersihkan toilet dan hasilnya seperti apa, maka laporannya tinggal difoto dan dikirim ke koordinatornya. Jadi tidak lagi manual dan menggunakan kertas,” jelasnya.

Baca juga : Program Pembagian Beras dari Perusahaan di Mata Karyawan

Karyawan Building Management Department selalu memastikan gedung JNE bersih, rapi dan nyaman

Untuk di kantor cabang, program green building diserahkan ke kantor cabangnya masing-masing, namun dengan tetap mengacu ke kantor pusat. Seperti program penghematan listrik, penggunaan air dan penggunaan chemical kebersihan yang ramah lingkungan.

Noviyanto menjelaskan, “Kami secara berkala melakukan webinar dengan kantor cabang, dengan tujuan sosialisasi mengenai program green building ini. Yang terbaru, sosialisasi mengenai penghematan penggunaan chemical untuk kebersihan, yang penghematannya bisa mencapai 50%”.

“Kami akan terus konsisten mengimplementasikan konsep green building, tidak hanya di kantor JNE yang ada di Jakarta tapi juga ke kantor-kantor cabang di daerah. Ke depan  kami akan mengimplementasikan konsep ini ke 6 kantor cabang JNE, yakni cabang JNE Cilegon, Cikarang, Bekasi, Bogor, Cirebon dan Bandung”, imbuhnya.

Pengembangan pun terus dilakukan Noviyanto bersama tim BMD, terutama dalam mewujudkan konsep green building. “Inovasi berikutnya kami akan melakukan pemasangan panel surya di beberapa fasilitas JNE yang bisa berdampak pada efisiensi energi”, ungkapnya.

BMD sendiri sekarang digawangi oleh sekitar 217 Ksatria dan Srikandi yang terbagi ke dalam 4 unit kerja, yaitu  unit building maintenance, mechanical electrical, general service dan building management support. Terkait masa pandemi Covid-19 yang sudah lebih setahun berlangsung, tim BMD selalu berada di garda depan, seperti dengan melakukan program penyemprotan cairan disinfektan 1 minggu 2 kali di setiap ruangan.*

Baca juga : Hobi Olahraga Panahan? Yuk Gabung di JNE Archery Club!

Exit mobile version