Mengenal Operasi Bariatrik yang Dijalani Melly Goeslaw

Mengenal operasi bariatrik yang dijalani Melly Goeslaw. foto: Instagram

Penyanyi Melly Goeslaw dikenal telah menjalani operasi bariatrik demi menurunkan berat badannya. Melalui channel YouTube Melaney Ricardo, Melly pun bercerita pengalamannya setelah menjalani hidup pasca operasi bariatrik selama kurang lebih 5 bulan.

Sekadar informasi, Melly terobsesi untuk menurunkan berat badan. Meski demikian, perjuangannya untuk menurunkan berat badan selama 12 tahun terakhir pun tak kunjung membuahkan hasil. Berbagai macam diet telah dijalaninya, termasuk mengonsumsi berbagai macam obat-obatan untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran yang Baik untuk Diet, Enak Semua Kok

Namun, pada akhirnya Melly pun memutuskan untuk menempuh jalur operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan. Operasi yang dijalani pada sekitar tahun 2022 kemarin pun membuahkan hasil. Operasi bariatrik jenis sleeve gastrectomy yang dijalaninya sukses memangkas berat badan hingga 23 kilogram dalam kurun waktu 4 bulan.

Pasca operasi, Melly mengaku merasakan hidup yang lebih baik. Lantas apa itu operasi bariartik? Di bawah ini akan kami ajak kamu untuk mengenal operasi bariatrik.

Apa itu operasi bariatrik?

Apa itu operasi bariatrik? Mengenal operasi bariatrik
Apa itu operasi bariatrik? foto: Adventist Health

Operasi bariatrik adalah jenis operasi yang dilakukan pada individu yang menderita obesitas berat dan bertujuan untuk mengurangi berat badan dengan cara mengubah anatomi dan fisiologi sistem pencernaan. Dari 100 persen lambung yang dimiliki Melly, 85 persennya telah dipangkas, sehingga menyisakan 15 persen saja.

Setelah dipangkas, Melly mengaku hanya bisa memakan satu sendok makan nasi dan menurutnya hal tersebut mampu membuatnya kenyang.

Baca Juga: Tips Diet Fadil Jaidi, Turun 4 Kilo dalam 2 Minggu

“Misal gue paksain dua sendok makan, oke, tapi udah nggak bisa minum, udah kepenuhan. Jadi harus , belum lagi ada gas dalam lambung,” curhatnya dalam YouTube.

Sebelum menjalani operasi, berat badan Melly mencapai 100kg. Saat ini pelantun lagu ‘Gantung’ itu telah memiliki bobot sekitar 52-53 kg.

Operasi bariatrik sendiri memiliki berbagai jenis, di antaranya:

1. Gastrik Bypass

Operasi ini melibatkan pengurangan ukuran perut dan mengalihkan jalur makanan langsung ke usus kecil. Hal ini dilakukan dengan cara membuat kantung kecil di atas perut, dan menghubungkannya langsung ke usus kecil. Dengan cara ini, pasien merasa kenyang lebih cepat saat makan dan jumlah makanan yang dapat dikonsumsi lebih sedikit.

2. Sleeve Gastrectomy

Kalau yang satu ini ini melibatkan pengurangan ukuran perut dengan menghapus sebagian besar perut, sehingga hanya meninggalkan bagian yang lebih kecil yang dapat menampung makanan. Hal ini dapat membantu pasien merasa kenyang lebih cepat saat makan.

3. Laparoscopic Adjustable Gastric Banding

Operasi ini melibatkan pemasangan band di sekitar bagian atas perut, yang dapat diatur untuk membatasi jumlah makanan yang dapat dikonsumsi. Band ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Operasi bariatrik sendiri biasanya dilakukan pada penderita obesitas yang sulit diatasi hanya dengan diet dan olahraga. Dikutip dari Alodokter, ada beberapa kategori yang biasanya menjadi pertimbangan dokter apakah pasien harus operasi atau tidak, di antaranya:

  1. Obesitas parah, yaitu yang indeks massa tubuhnya lebih dari 40.
  2. Obesitas morbid, yaitu obesitas dengan indeks massa tubuh mulai dari 35 sampai dengan 39,9, namun memiliki masalah kesehatan serius terkait obesitas, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan sleep apnea.
Exit mobile version