Mengenal Singkat Sosok RA Kartini, ” Habis Gelap Terbitlah Terang”

RA Kartini

Dok, Wikipedia

 

Sesaat lagi bangsa Indonesia bakal memperingati hari Kartini yang jatuh setiap 21 April di tiap tahunnya. Mengulik sedikit ke belakang, wanita jawa bernama Radeng Ajeng (RA) Kartini sendiri menjadi salah satu sosok penting dalam perjuangan Tanah Air, khususnya dalam kesetaraan gender.

RA Kartini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional dengan perjuangan panjang dan berat dalam membebaskan kaumnya dari kebodohan. Berkat intelektualnya, Kartini berhasil memperjuangan emansipasi kaum hawa di Indonesia yang sampai saat ini sangat terasa dampaknya.

Mengutip situs Kemdikbud, RA Kartini berasal dari keluarga bangsawan, dengan berstatus sosial yang lebih tinggi, dirinya mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang saat ini kebakan memang hanya didominai kaum priyayi.

BACA JUGA : Ibu Wida, Salah Satu Cerminan Kartini Di Masa Pandemi

Namun demikian, hal tersebut tak memuatnya jumawa, bahkan Kartini berkeinginan kuat untuk memajukan para wanita pribumi.

Dok. Wikipedia

 

Waktu kecil Kartini sendiri dihabiskan bersekolah di Europese Lagere School alias ELS, usai lulus dia tidak diizinkan untuk melanjutkan studi.

Hal tersebut lantaran ketika itu wanita hanya boleh bersekolah hingga usia 12 tahun. Setelah mencapai usia tersebut, mereka harus dipingit dan menunggu waktu untuk dinikahkan.

Selama masa itu lah dia mulai bergrilia Beliau mengumpulkan berbagai buku, surat kabar, juga majalah kebudayaan Eropa yang berbahasa Belanda. Beberapa di antaranya buku karya Louis Coperus, Van Eeden, Augusta de Witt, hingga Multatuli.

Tak terasa bacaan-bacaannya membuka pikiran Kartini dan menjai cikal baginya untuk memajukan kaum wanita di Indonesia. Kartini ingin para wanita memiliki ilmu pengetahuan luas dan pikiran maju layaknya wanita Eropa.

Gampangnya, Kartini ini kaum wanita pribumi memiliki derajat dan naik kelas dalam hal status sosial agat tak selalu dipandang sebelah mata. Harus ada kesetaraan dengan kaum adam dari segi intelektual.

BACA JUGA : Catat, Syarat, Kota Tujuan, dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Bak gayung bersambut, ketika menikahi Bupati Rembang, K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada 12 November 1903, cita-cita tulus Kartini dalam memperjuangkan kestaraan gender di Indonesia mendapat support dari suami.

Sayangnya, takdir berkata lain. Pada 13 September 1904, Kartini melahirkan seorang anak yang bernama Soesalit Djojohadhiningrat, usah beberapa hari kemudian, beliau menghembuskan napas terakhirnya pada usia yang sangat muda, yakni 25 tahun.

Dok. Wikipedia

Singkat cerita, surat-surat RA Kartini dibukukan oleh Mr. J.H Abendanon yang menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia. Buku tersebut bertajuk Door Duisternis tot Licht atau Dari Kegelapan Menuju Cahaya.

Namun, buku tersebut tak langsung bisa diterima, karena kaum pribumi saat itu tak dapat mengerti karena tak mahir berbahasa Belanda. Barulah pada 1922 buku tersebut akhir berhasil diterjemakah dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Usai sekian tahun, teparnya di 2 Mei 1964, Presiden Soekarno mengeluarkan instruksi Keppres RI No. 108 Tahun 1964 yang memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Sekaligus menetapkan 21 April sebagai Hari Kartini yang bertepatan dengan tanggal lahirnya pada 21 April 1879.

 

Exit mobile version