Menjadi YouTuber Sukses seperti Windah Basudara, Ini yang Perlu Dilakukan

Pergeseran zaman dan ditambah kemajuan teknologi ternyata memunculkan profesi-profesi baru seperti content creator, social media strategist, hingga menjadi YouTuber. Ada banyak YouTuber yang berhasil meraup cuan dari konten-konten yang diunggah salah satunya Windah Basudara.

Yang Menarik dari YouTube

YouTube adalah salah satu media sosial favorit warganet dunia. Website tempat mengunggah video dan menonton ini didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal di bulan Februari 2005. Sejak saat itu, dari tahun ke tahun, pengguna YouTube mengalami kenaikan yang signifikan.

Di kuartal II tahun 2022, YouTube menjadi platform video yang paling populer di dunia. Dari data Business of Apps, total keseluruhan pengguna aktif YouTube di dunia menembus angka 2,41 miliar. Ini membuat pendapatan YouTube mencapai US$ 7,45 naik sekitar 6,86% (q-to-q).

Bagaimana dengan pengguna YouTube di Indonesia? Ternyata Indonesia menempati posisi ketiga di dunia dengan jumlah pengguna terbanyak. Menurut laporan dari We Are Social, jumlahnya mencapai 127 juta pengguna. Pangsa pasar YouTube di Indonesia sebesar 21,42% per April 2022.

Yang membuat platform video ini menarik adalah pendapatan yang dihasilkan dari unggahan video. Mendapatkan penghasilan dari YouTube bisa kamu lakukan dengan syarat subscriber minimal 1000, tidak spamming dan telah memiliki 4000 jam tayang dalam setahun terakhir. Namun untuk bisa mendapatkan uang, kamu harus mendaftarkan terlebih dulu akun YouTube kamu di Google dan Adsense.

Penghasilan menjadi YouTuber termasuk legit. Jika kamu memiliki 1 juta subscriber, estimasi pendapatan per bulannya sekitar Rp14 juta. Apabila kamu rutin mengunggah konten dan subscriber makin banyak, maka tidak menutup kemungkinan nominal penghasilan makin besar.

Baca juga: 3 Cara Bikin Konten Sosial Media Kamu Makin Awesome dan Kekinian

Windah Basudara: YouTuber Terpopuler Saat Ini

Salah satu YouTuber yang sukses meraup cuan adalah Windah Basudara, yang memiliki channel dengan jumlah subscriber sebanyak 9,11 juta dan sering mengunggah konten gaming. Untuk sekali live main game saja, channel Windah Basudara bisa ditonton kurang lebih 54 ribu orang!

Pengin tahu berapa nominal penghasilan Windah Basudara tiap bulan? Dikutip dari Social Blade, estimasi pendapatan per bulan sekitar $16.2k – $259.7k. Sangat fantastis!

So, tidak mengherankan kalau gen Z sekarang ini sangat tertarik menjadi YouTuber, yang memungkinkan mereka bisa bekerja di mana pun dan kapan pun, serta memiliki penghasilan yang tak kecil.

Menjadi YouTuber seperti Windah Basudara bisa dilakukan oleh semua orang termasuk kamu. Ada beberapa tip yang bisa kamu lakukan agar channel kamu bisa memiliki banyak subscriber dan menghasilkan.

8 Tips Menjadi YouTuber Seperti Windah Basudara

Windah Basudara menjadi YouTuber
Sumber: Instagram Windah Basudara

1. Buat nama channel YouTube yang unik

Menjadi YouTuber berarti langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun YouTube. Agar mudah diingat orang, sebaiknya kamu memilih nama channel yang unik dan tidak sulit untuk disebut. Contohnya seperti Windah Basudara. Walaupun yang main hanya satu orang, tapi namanya mudah diingat.

2. Pilih niche

Niche adalah ceruk atau konten yang spesifik. Menjadi YouTuber hal ini sangat penting karena akan menentukan konten seperti apa yang akan kamu rekam dan unggah ke depannya.

Sekarang ini ada banyak kategori konten yang bisa kamu pilih. Namun tips terbaik dalam memilih niche adalah pilih apa yang kamu sukai dan juga kuasai. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu dalam membuat konten dan ketika ngomong di depan layar pun tidak sulit.

Beberapa contoh niche yang bisa kamu pilih antara lain:

3. Ide konten dan jadwal unggah

Di semua media sosial sangat penting membuat ide konten agar memudahkan kamu memikirkan jalan cerita maupun menyiapkan bahan video. Proses perencanaan konten bisa kamu lakukan dengan beberapa cara:

Setelah kamu membuat ide konten, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jadwal unggah konten ke YouTube.

Mengapa demikian?

Dengan adanya jadwal konten, akan membuat kamu lebih teratur sekaligus konsisten dalam produksi konten. Jadi, ke depannya kamu akan memiliki timeline mulai dari produksi, editing hingga waktu unggah video. Dari sisi penonton, mereka pun akan notice kapan jadwal unggah konten dari channel YouTube kamu.

Baca juga: Hey, Youtuber Pemula! Hindari 5 Hal Ini saat Ngonten

4. Menyiapkan peralatan

Menjadi YouTuber itu kamu butuh modal yang lumayan. Pasalnya untuk menghasilkan konten video yang menarik kamu membutuhkan berbagai peralatan seperti kamera, laptop, mic hingga software editing.

Untuk awal, tidak masalah kamu menggunakan ponsel, pencahayaan bisa dibantu dengan ring light dan mic yang harganya terjangkau.

Sebelum merekam pastikan kondisi tempat kamu dalam keadaan tidak berisik, ya. Karena ini akan berpengaruh terhadap hasil video. Dan kamu juga harus bisa menguasai aplikasi editing video, entah itu yang ada di ponsel maupun laptop.

5. Promosi channel YouTube

Menjadi YouTuber secara langsung kamu juga harus terlibat dalam proses promosi. Kamu bisa lakukan promosi melalui berbagai media sosial mulai dari Facebook, Instagram, TikTok hingga grup WhatsApp. Ajaklah teman-teman maupun saudara menonton dan membagikan video YouTube kamu.

6. Bangun engagement

Platform video ini tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya. Untuk bisa membangun engagement berarti kamu harus berinteraksi dengan penonton. Melakukan reply di kolom komen hingga pin salah satu komen adalah cara yang bisa dilakukan untuk membangun engagement.

7. Optimasi SEO

Optimasi SEO harus dipelajari agar video kamu bisa menjangkau target penonton yang telah kamu rencanakan di awal. Dan penonton pun bisa menemukan video kamu dengan kata kunci baik di YouTube maupun Google.

Baca juga: 6 Trik Penting Saat Promosikan Produk via Youtube Bagi UMKM

8. Evaluasi

Setelah mengunggah konten, lakukan evaluasi. Jika ini adalah kali pertama kamu unggah video, maka lakukan evaluasi setelah seminggu penayangan. Ke depannya bisa kamu lakukan sebulan sekali maupun per tiga bulan.

Di evaluasi kamu bisa melihat bagaimana penonton memberikan respons, apakah ada kritik maupun saran. Perhatikan juga analitik yang disediakan YouTube apakah target view dan peningkatan jumlah subscriber sesuai tujuan atau belum.

Hal ini akan membantu kamu dalam memperbaiki kualitas konten juga engagement ke depannya.

Kunci menjadi YouTuber seperti Windah Basudara adalah konsisten menerapkan langkah-langkah di atas. Jadi, setelah ini sudah ada rencana konten seperti apa yang ingin diunggah? Yuk, dieksekusi!

 

Exit mobile version