Menkop UKM: Manfaatkan Gedung Tua Tak Terpakai Jadi Rumah UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menganjurkan gedung-gedung tua yang tak terpakai dimanfaatkan menjadi rumah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui kolaborasi dengan M Bloc, Jakarta.

Seperti Fabriek Bloc, ruang kreatif anak muda yang dimanfaatkan dari bekas pabrik tak terpakai di Kota Padang, Sumatera Barat. Fabriek Bloc merupakan bagian dari bisnis M Bloc Group, PT Radar Ruang Riang.

Baca juga: Berbagi Strategi Bisnis UMKM di JNE Ngajak Online

“Untuk teman-teman di berbagai daerah, kalau punya tempat yang menarik seperti gudang yang tidak terpakai maupun gedung-gedung tua, jangan dibongkar, tapi berkolaborasi dengan M Bloc disulap menjadi Rumah UMKM,” ujar Teten dalam keterangan resmi, Selasa (5/7).

Menurut Teten, M Bloc Group berhasil membangun satu ekosistem untuk UMKM dan mampu meningkatkan produk UMKM menjadi lebih berkelas sehingga menjadi kian bergengsi.

Lebih lanjut, Fabriek Bloc yang dibangun menjadi ruang terbuka juga menjadi tempat interaksi berbagai kalangan yang dapat memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif.

“Apa yang dilakukan Fabriek Bloc bisa memperbaiki supply chain produk UMKM,” ungkap Menkop.

Baca juga: Agar Produk Lokal Tumbuh, Pemerintah Prioritaskan UMKM

Teten menegaskan bahwa pemerintah sangat menyambut ide-ide kreatif semacam Fabriek Bloc. Pihaknya disebut bakal berkolaborasi untuk melakukan pemberdayaan produk UMKM di pelbagai daerah yang memiliki jaringan dengan M Bloc Group agar produk dari sektor tersebut bisa didistribusikan dengan baik.

“Distribusi sampai ke daerah-daerah lain seperti di luar Sumatra atau Jawa. Bagaimana agar betul-betul bisa membangun suatu sistem subjek yang dibutuhkan UMKM logistik yang terus diselaraskan,” kata Teten.

Exit mobile version