MenkopUKM Giring Pemerintah dan Lembaga Belanja Produk UMKM

MENTERI KOPERASI DAN UKM TETEN MASDUKI MENYAPA PEDAGANG UMKM SOUVENIR,

 

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki, mendorong nstansi pemerintah termasuk Kementerian atau Lembaga, Pemda, serta BUMN untuk berbelanja produk hasil UMKM. Hal tersebut dilakukan untuk membantu UMKM yang terdampak Covid-19.

“UMKM terdampak pandemi Covid-19 sehingga perlu mengefektifkan belanja pemerintah, lembaga, BUMN, termasuk pemerintah daerah untuk berbelanja produk UMKM,” kata Teten.

Guna mendukun hal tersebut, Teten menjelaskan bila KemenkopUKM telah menghadirkan beberapa program sebagai bentuk pendampingan transformasi digital UMKM seperti EDUKUKM.ID, yakni program ​e-learning atau pelatihan daring secara gratis yang bisa diakses di www.edukukm.id.

BACA JUGA : Cara Digital Bikin Produk UKM Kamu Masuk Jalur Ekspor

Selain itu, Seri Podcast 60 detik untuk memandu UMKM ​shifting ​ke model bisnis digital juga bisa diakse pada kanal media sosial @kemenkopukm, Seri Webinar SPARC Campus diakses di SMESCO.

digitalisasi UMKM

Seri video bertema New Normal/Adaptasi Kebiasaan Baru (diakses di kanal media sosial @kemenkopukm), dan Seri pelatihan daring terintegrasi program SPARC Campus (diakses di SMESCO). Selain itu, ada pula Kakak Asuh UMKM yang merupakan pelatihan khusus untuk umum agar dapat menjadi ​digital marketers ​untuk membantu penjualan UMKM khususnya di ​e-commerce ​(diakses di SMESCO)​.

Teten juga melakukan intervensi di sisi hilir atau perluasan pasar dilakukan dengan menyertakan UMKM dalam platform digital belanja barang dan jasa pemerintah serta BUMN. Menurut dia, KemenkopUKM telah bekerjasama dengan LKPP untuk menghadirkan ​Laman UMKM & BeLa Pengadaan untuk program ini serta melakukan pendampingan/pelatihan bagi UMKM untuk dapat hadir dalam platform ini.

“Bersama Kementerian BUMN kami memastikan untuk belanja barang dan jasa di bawah nilai Rp14 miliar agar UMKM dapat ikut serta melalui ​Pasar Digital UMKM,” katanya.

BACA JUGA : Mandat Jokowi, Kementerian Lembaga Wajib Anggarkan 40 Persen Belanja UKM

Teten menambahkan, KemenkopUKM juga melakukan onboarding digitalisasi UMKM di daerah-daerah dengan memanfaatkan katalog digital/​e-brochure. Sebagai upaya menghadirkan UMKM lokal yang menjadi Local Heroes, yang memiliki karakteristik mengungkit dan menginspirasi, memberdayakan dan berdampak secara sosial dan ekonomi, memiliki brand yang kuat, bertindak sebagai offtaker dan mengagregasi proses bisnis UMKM yang dinaungi, KemenkopUKM ikut menghadirkan program UKM Award.

UKM Award sebagai upaya kurasi dan pencarian brand-brand terbaik dari masing-masing daerah yang memiliki potensi besar menjadi Local Heroes UMKM. Di UKM Award 2020 ada 5 kategori penghargaan yaitu Fesyen & Apparel, Jasa, Kuliner, Makanan & Minuman Kemasan, Produk Kosmetik & Spa serta UMKM terbaik dari daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Exit mobile version