Merawat Kucing Busok si Kucing Asli Indonesia

Belakangan banyak kucing berwarna abu-abu mondar-mandir di konten media sosial. Itu tidak semuanya merupakan kucing busok karena kucing busok sulit meninggalkan daerah asalnya, yaitu Pulau Raas di Madura. Kucing busok atau kucing Raas sudah diakui World Cat Federation sebagai kucing asli Indonesia setelah terbukti memiliki gen murni selama tiga generasi. Karena itu, perlu perhatian khusus jika ingin merawat kucing busok ini.

Kucing busok berwarna abu-abu kebiruan sesuai dengan namanya. Jadi busok bukan singkatan dari abu gosok meski juga berwarna abu-abu. Kucing ini tergolong energik dan memiliki ekspresi wajah yang dingin. Karena banyak bergerak, tubuhnya ramping seperti leopard, didukung bentuk telinga yang sama-sama runcing. Sedangkan kucing abu-abu yang berseliweran di media sosial kebanyakan bermuka lebar dan gemuk, yang merupakan ciri khas kucing  british short-hair.

Jumlah kucing busok kurang dari 100 ekor pada tahun 2016. Karena semakin langka, beberapa langkah diambil untuk merawat dan mengembangbiakkan kucing busok tanpa mengganggu kemurnian rasnya. Tindakan khusus yang diambil antara lain melarang membawa kucing busok ke luar pulau kecuali sudah dikebiri dan melarang mengawinkan kucing busok dengan kucing lain di luar rasnya.

Baca juga: Punya Kucing Anggora? Jangan Sembarangan, Ini Tips Perawatannya

Meski memiliki banyak keistimewaan, kucing busok bisa menjadi hewan peliharaan keluarga seperti umumnya kucing. 

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merawat kucing busok

1. Kucing busok suka bermain tapi tidak sesuai untuk diajak bermanja-manja

Pada umumnya kucing suka dibelai dan diajak bermain anak-anak. Banyak orang tua yang membiarkan anak-anaknya tidur bersama kucing. Bahkan kucing terkenal suka mengalah pada anak kecil, terutama balita. 

Sayangnya, hal ini tidak disarankan dengan kucing busok. Kucing busok mudah kesal jika merasa terganggu. Anak-anak yang kadang belum bisa mengendalikan diri bisa membuatnya kesal dan marah.

2. Kucing busok perlu disediakan tempat untuk menyendiri

Kucing busok sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Menyediakan kandang untuk kucing busok merupakan langkah antisipasi jika kucing sulit dijinakkan. Ini perlu dilakukan juga agar kucing tersebut tidak merasa terganggu dan terus-menerus kesal. 

Karena kucing busok sudah terbiasa di alam terbuka, maka kandang yang disediakan juga harus cukup nyaman untuk menggerakkan tubuh. Jika tidak disediakan kandang, maka perlu disediakan ruang di salah satu bagian rumah untuk menyendiri sampai dia berhasil melakukan adaptasi menjadi kucing rumahan.

3. Kucing busok tidak perlu AC

Kucing busok terbiasa hidup di cuaca panas dan lembap sebagaimana kondisi cuaca Pulau Madura dan pulau-pulau di sekitarnya. Karena itu, tidak perlu disediakan AC seperti kebanyakan kucing-kucing mahal lainnya. 

Hanya saja perlu dipertimbangkan sirkulasi udara yang baik untuk menyesuaikan dengan kebiasaannya di alam terbuka.

4. Sebaiknya yang merawat kucing busok adalah orang yang sama setiap hari

Selain sulit beradaptasi dengan tempat baru, kucing busok juga sulit beradaptasi dengan orang baru. Karena itu, orang yang bertugas merawat kucing busok haruslah orang yang sama setiap hari sampai dia bisa beradaptasi dengan orang lain di sekitarnya.

5. Kucing busok harus rutin berjemur

Agar tidak mudah stres dan sakit-sakitan, kucing busok harus rutin dijemur minimal 2 hari sekali di pagi hari. Matahari terbaik untuk kucing ini adalah di antara pukul 08.00 sampai 10.00.

6. Kucing busok makan ikan setiap hari

Makanan kucing busok tidak beda dengan kucing ras lain. Dia bisa makan ikan maupun makanan kalengan. Tapi karena letak Pulau Raas yang cukup jauh dari Pulau Madura sebagai pulau besar terdekat, kucing busok terbiasa dengan makanan lokal yaitu ikan. Makanan kaleng hanya sebagai camilan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan ikan yang asin karena tidak baik untuk kesehatannya.

7. Kucing busok mandi seminggu sekali

Seperti umumnya kucing, kucing busok juga perlu rutin mandi agar bersih dan tidak banyak kutu. Namun jangan terlalu sering mandi karena bisa membuat kulitnya terlalu kering. Mandi seminggu sekali atau dua kali sudah cukup.

sumber: Wikipedia Commons

8. Kucing busok perlu vaksinasi

Kucing busok juga perlu vaksinasi untuk mencegah penyakit. Tidak ada vaksinasi khusus untuk kucing busok, cukup menggunakan vaksin yang umum digunakan kucing lain.

Baca juga: Ide Bisnis dari Hobi Pelihara Kucing, Murah Meriah Lho

9. Jangan membawa kucing busok secara diam-diam ke luar pulau

Kucing busok dipercaya membawa banyak rezeki bagi pemiliknya. Namun jika nekat membawanya diam-diam ke luar pulau, maka konon si pembawa akan mendapatkan sial di perjalanan.

Di tengah maraknya orang memelihara dan merawat kucing, banyak yang gemas dan ingin sekali mendapatkan kucing busok. Padahal membawa dan merawat kucing busok tidak semudah kucing jinak lainnya bagi orang dari luar Pulau Raas. 

Yuk, kita dukung usaha untuk melindungi kucing ras asli Indonesia ini agar jumlahnya tidak semakin sedikit.

Exit mobile version