Tip Memilih Model Gamis untuk yang Bertubuh Plus Size agar Terlihat Sempurna

Pemilihan model gamis yang sesuai dengan proporsi tubuh memang gampang-gampang susah. Bagi wanita yang bertubuh plus size mungkin akan lebih ‘tricky’ untuk memilih busana muslim yang sesuai. Tak perlu khawatir, ada beberapa tip yang bisa kamu coba untuk menemukan yang pas.

Memang, tak sedikit wanita gemuk yang maju mundur untuk menggunakan gamis karena kurang percaya diri atau takut bentuk tubuh semakin terlihat. Tetapi, perlu diketahui, saat ini ada banyak model, warna, motif yang menjadi kunci tampilan gamis cocok di berbagai bentuk tubuh.

Di sisi lain, berbagai brand fashion yang mengeluarkan koleksi untuk ukuran big size pun mulai bermunculan. Jadi, baju gamis berukuran plus size juga akan lebih mudah ditemukan dan wanita bertubuh gemuk pun bisa semakin menonjolkan style fashion modern dengan busana yang tepat dan nyaman.

Lewat beberapa tip di bawah ini, kamu bisa mendapatkan referensi cara memilih model gamis yang tepat sehingga dapat memanipulasi bentuk badan agar penampilan lebih sempurna.

7 Tip Memilih Model Gamis Bagi yang Bertubuh Plus Size

Siapa sih yang tidak ingin terlihat cantik saat memakai gamis? Meski dalam pemilihan model gamis cukup menantang, tetapi ada beberapa trik untuk menjadikan bentuk badan yang gemuk terlihat lebih ramping saat memakai gamis. Berikut beberapa tip yang dapat kamu lakukan.

Dari Klasik ke Modern: Transformasi Baju Gamis dalam Sejarah Fashion Islam

Hindari Model Gamis Banyak Aksesori

Gamis dengan aksesori beragam cukup nge-trend dan banyak diincar karena dinilai dapat memancarkan pesona berbeda. Bagi wanita bertubuh plus size, model gamis banyak aksesori ini justru mesti dihindari. Sebab, aksesori akan semakin membuat tubuh lebih ‘chubby’. Untuk terlihat lebih ramping, pilih gamis dengan model simpel.

Misalnya, gamis denim dengan detail kancing yang unik dan kantong kecil. Warna dan aksesori yang simpel tetapi menarik ini pun sudah cukup membuat tampilan sempurna.

Baca juga: Dari Klasik ke Modern: Perkembangan Baju Gamis dalam Sejarah Busana Muslim

Jangan Pilih Gamis Lebih dari 2 Warna

Secara umum, warna-warna gelap seperti hitam, navy, atau cokelat tua sering dianggap dapat memberikan efek visual yang lebih merampingkan pada tubuh. Pasalnya, warna-warna gelap dapat menutupi kontur dan garis tubuh dengan lebih baik daripada warna-warna cerah.

Pemilihan gamis maksimal 2 warna juga dapat mengurangi kesan ‘ramai’ pada gamis. Kamu mungkin dapat memilih gamis putih dengan motif bunga-bunga kecil berwarna biru tua. Kesan kontras pada warna tersebut dapat mengubah bentuk tubuh lebih ramping. Kamu juga dapat mendominasikan warna gelap dengan pastel yang dominan.

Namun, hal ini bukan aturan mutlak, dan efek visualnya bisa bervariasi tergantung pada potongan dan desain gamis tersebut. Selain itu, faktor seperti potongan gamis, proporsi tubuh, dan pola pakaian juga penting.

Bahan Kain Tidak Mengkilap

Hal lain yang tak kalah penting dalam pemilihan gamis yaitu bahan kain. Bahan kain gamis yang cocok untuk plus size memang tak ada pembatasan, tetapi akan lebih sempurna jika bahan yang dikenakan tidak memantulkan cahaya atau mengkilap, misalnya seperti satin.

Sebab, kain mengkilap dapat membuat tampilan tubuh semakin tampak besar. Adapun, kain gamis yang lebih disarankan yakni rayon, linen, katun, ceruti, moscrepe, cotton combed, dan lainnya.

Sebagai contoh, bahan kain seperti moscrepe memiliki karakteristik yang lentur dan ringan sehingga tampak jatuh di badan dan berbahan adem untuk dipakai sepanjang hari. Kemudian, kain rayon yang berbahan silk sehingga lembut dan licin tetapi tidak menggesek kulit.

Model Gamis Lurus

Jika bingung memilih model gamis yang cocok untuk badan plus size, kamu dapat mencari model dengan siluet lurus dengan potongan simpel tanpa banyak detail dan lapisan sehingga membuat tubuh lebih ramping.

Model ini sangat cocok karena tidak akan menampilkan lekuk tubuh. Dengan demikian efek visual tubuh dari atas ke bawah dapat tersamarkan. Biasanya, model gamis ini menjadi pilihan busana syar’i.

Model Gamis A-Line

Bermasalah dengan bentuk perut dan paha yang besar? Siluet A-Line akan menjadi pilihan yang tepat untuk menyamarkan bagian tubuh yang besar karena potongan yang memberikan efek tubuh gemuk lebih ramping.

Adapun, potongan model gamis ini menjuntai dengan lebar dari pinggang hingga ke ujung sehingga tampak seperti bentuk A. Model ini diyakini dapat menutupi bentuk tubuh plus size sehingga tampilan lebih sempurna. Model gamis ini dapat dipakai saat menghadiri acara spesial dengan tambahan payet atau brokat.

Hindari Motif Bergaris Ukuran Besar

Banyak yang menilai semakin besar motif pada gamis maka semakin menarik model gamis tersebut. Namun, untuk ukuran tubuh plus size, pastikan untuk menghindari motif garis ukuran besar, vertikal maupun horizontal. Sebab, motif garis besar akan membuat bentuk tubuh tampak lebih lebar.

Untuk motif selain garis pun lebih baik pilih yang ukurannya kecil dan tidak berlebihan. Dengan demikian, motif dapat berperan sebagai ilusi untuk memberikan kesan tubuh lebih ramping.

Percantik Gamis dengan Outer

Jika kamu memilih pakaian berwarna hitam yang sederhana tanpa banyak perhiasan, kamu bisa meningkatkan penampilan dengan menambahkan outer. Walaupun kamu menambahkan outer, ini tidak akan membuat tubuh terlihat lebih besar.

Oleh karena itu, kombinasi yang ideal adalah memakai gamis berpotongan lurus dan berwarna polos dengan outer yang terbuat dari bahan tipis dan berwarna cerah sehingga tubuhmu tetap terlihat proporsional.

Baca juga: Merawat Baju Koko: Tip Perawatan dan Pembersihan

So, itulah beberapa tip memilih model gamis untuk ukuran tubuh plus size sehingga tampilan busana tampak lebih sempurna. Dengan begitu, tingkat kepercayaan dirimu juga semakin meningkat. Selamat mencoba!

Exit mobile version