Label Lokal yang Naik Kelas Berkat Bisnis Online, Kisah VONA

Brand Vona memiliki produk berbahan kulit dan naik kelas berkat bisnis online

Salah produk dari VONA. Foto: Istimewa.

Di tengah kondisi ekonomi yang semakin bergerak ke arah digital, perusahaan e-commerce Lazada, memberikan peluang bagi para penjual untuk naik kelas ke skala bisnis yang lebih besar. Salah satu cara mendukung hal tersebut melalui program “Naik KeLaz 2.0”.

Program ini memberi pelatihan dan edukasi mengenai tren pasar dan fitur eCommerce terkini yang terbuka bagi semua penjual di Lazada.

Salah satu penjual yang berhasil “Naik KeLaz” dan membangun bisnisnya adalah VONA, sebuah usaha produk kulit yang telah merintis usahanya dari tahun 2013 di Lazada.

Baca juga: Lazada Forward Scholarship Dorong Pemberdayaan Talenta Muda Indonesia

Saat awal memperkenalkan labelnya, pemilik VONA, Violetta mengaku cukup kesulitan. Kemudian, Lazada hadir membantu meningkatkan bisnisnya secara online.

“Sebagai pendatang baru, target pelanggan kami tentunya masih asing dengan brand VONA ini, sehingga kami harus memperkenalkan brand kami dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Melalui bimbingan dan ajakan untuk bergabung dengan LazMall, terbuka jaringan penjual yang baru bagi kami, memperluas strategi kami, dan meningkatkan eksposur kami,” kata Violetta.

VONA berawal mula dari ide pasangan suami istri Violetta dan Fejri yang sudah lama ingin mendalami dunia bisnis.

Mengambil makna dari kata ‘von’ atau ‘harapan’ yang berasal dari Bahasa Islandia, VONA melambangkan keinginan sukses di masa depan.

Baca juga: 3 Produk Skincare untuk Pria, Rekomendasi Dokter Kulit

Dimulai dari perjalanan Violetta dan Fejri yang memberanikan diri keluar dari pekerjaan kantor untuk fokus membangun bisnisnya. Mereka pun menjalin kerja sama dengan pengrajin kulit di Bali untuk memproduksi tas, sepatu, dan dompet yang di jual di toko VONA.

Ketekunan Violetta dan Fejri untuk berhasil mengembangkan bisnis VONA membuahkan hasil. Kini, penjualan VONA bisa mencapai ribuan paket setiap harinya, bahkan berkali lipat.

“Kami di VONA percaya bahwa semua penjual memiliki potensi besar untuk berkembang dan belajar di ranah digital, khususnya di eCommerce seperti Lazada,” tutur Violetta.

SVP Seller Operations & Tech and Product Management Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro menegaskan komitmen Lazada untuk terus memberikan edukasi dan sumber daya bagi penjual yang ingin meningkatkan bisnis.

Baca juga: Ini 5 Langkah Sukses Berbisnis dengan Manfaatkan Platform E-Commerce

Beberapa keuntungan yang ditawarkan bagi penjual baru yang bergabung di Lazada, di antaranya:

1. Kemudahan proses registrasi

Lazada memberikan akses yang mudah untuk registrasi menjadi penjual di platform Lazada

2. Komunitas penjual & pendampingan penjual baru

Lazada memiliki komunitas penjual terbesar di Indonesia Lazada Club yang tersebar di 34 kota di Indonesia. Lazada juga menawarkan bimbingan yang dapat mendukung penjual baru untuk siap berjualan.

3. Gratis ikut Campaign & Promo untuk penjual baru, termasuk subsidi gratis ongkir

Campaign dan promo bisa diikuti oleh penjual baru untuk meningkatkan traffic hingga 7x lebih tinggi dari hari biasa. Lazada juga menyubsidi gratis ongkir untuk pembeli dari toko penjual baru di Lazada dengan biaya ongkos kirim yang paling murah.

Baca juga: Buat UMKM, Ini Pengertian KUR dan Jenisnya

4. Aplikasi yang lengkap untuk operasional penjual

Dasbor Seller Center mendukung operasional penjual untuk siap berjualan dan mendapatkan
pesanan pertama mereka. Fitur Bisnis Analis juga menawarkan data dan insight yang dapat
memberi informasi bagi penjual untuk menentukan strategi penjualan untuk produk mereka.

Exit mobile version