Nasi Bakar sebagai Makanan Jalanan yang Populer: Warung dan Penjual Terkenal

Nasi bakar adalah hidangan populer Indonesia yang sering kita temukan di berbagai sudut kota. Makanan jalanan ini terdiri dari nasi dan bahan-bahan tambahan yang dibungkus dalam daun pisang atau daun jagung, lalu dipanggang atau dibakar. 

Hidangan ini telah lama hadir memperkaya khasanah kuliner nusantara, sehingga hidangan ini memiliki banyak variasi regional di seluruh Indonesia, dengan bahan-bahan dan cara penyajian yang berbeda-beda. Di berbagai daerah, nasi dapat diisi dengan berbagai macam bumbu, daging, ikan, atau sayuran sesuai dengan preferensi lokal.

Selama bertahun-tahun, nasi bakar telah menjadi hidangan populer yang disajikan di berbagai rumah makan, warung makan, dan acara-acara khusus di Indonesia. Terlepas dari asal usulnya, hidangan ini merupakan bagian penting dari kekayaan kuliner Indonesia.

Asal Usul Nasi Bakar

Nasi Bakar sebagai Makanan Jalanan yang Populer

Asal usul hidangan ini sulit ditentukan dengan jelas, mengingat hidangan ini telah menjadi bagian dari tradisi kuliner Indonesia yang kaya dan beragam sejak lama. Beberapa sumber mengaitkannya dengan Jawa Barat, tetapi tak satu pun yang dapat memastikannya.

Yang pasti, hidangan ini kini dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, masing-masing dengan variasi dan interpretasi sendiri yang menyesuaikan dengan bahan-bahan dan selera lokal. Hal ini mencerminkan keragaman kuliner Indonesia, di mana setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam mengolah dan menyajikan hidangan ini.

Sementara Jawa Barat memang dikenal memiliki variasi menu yang terkenal, tak dapat diingkari bahwa hidangan ini telah berkembang dan menyebar luas, menciptakan tapestri kuliner yang kaya dengan bumbu dan bahan yang berbeda-beda di seluruh nusantara. Ini menunjukkan bahwa olahan nasi ini bukan hanya hidangan yang lezat, tetapi juga simbol dari kekayaan dan keragaman budaya kuliner Indonesia.

Baca juga: 14 Makanan Internasional yang Diakui Terenak Sedunia – Banyak dari Indonesia!

Rekomendasi Warung Nasi Bakar di Berbagai Kota

Berikut ini merupakan rekomendasi warung nasi bakar yang populer dan tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Palembang. Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Jakarta

Nasi Bakar Roa – Remboelan 

Makanan khas Indonesia yang dihidangkan di Remboelan memang tak perlu diragukan lagi. Variasinya dengan roa menjadi menu populer yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke restoran nusantara ini. Adapun, harganya tidak lebih dari Rp50.000 per porsi. 

Nasi Bakar Bu Broto 

Rumah makan ini dapat kamu temukan di Kota Kasablanka hingga Kelapa Gading. Adapun, menu Nasi Bakar Bruto sangat digemari karena lauk pauk yang beragam, mulai dari ayam, udang, cumi asin, empal, dan lainnya. 

Nasi Bakar Spesial Rahmat

Inilah salah satu warung yang populer di daerah Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka menyajikan hidangan dengan berbagai pilihan isian seperti ikan, ayam, dan masih banyak lagi. Rasanya khas dengan beragam rempah berpadu dalam balutan daun pisang. 

2. Bandung

Nasi Bakar 15

Banyak yang menyebut bahwa warung ini merupakan pelopor di Bandung. Adapun, rumah makan ini terletak di Jl. Cimandiri No. 24, Citarum, sebelah Gedung Sate. Kamu bisa memesan menunya dengan pilihan lauk sesuai selera. Harganya di kisaran Rp20.000 per porsi. 

RM Samara

Menu hidangan di warung ini sangat populer, terlebih lauk ayam dan sambalnya yang sangat khas. Kamu dapat mencoba nasi bakar samara di Jl. Buah Batu No.228, Cijagra, Lengkong, dekat kampus ISBI Bandung. Adapun, harga per porsi nya di kisaran Rp15.000 saja. 

3. Surabaya

Nasi Bakar Kemangi Petemon 

Salah satu warung dengan menu yang memiliki ciri khas menonjol yakni dengan daun kemangi sehingga rasa dan aromanya pun menyengat. Masakannya lebih fresh karena baru dibakar saat di pesan. Adapun, menu yang ditawarkan yakni tuna, bebek pedas, ayam geprek pedas, dan cumi. Lokasi warung makan ini berada di Jl. Petemon I No. 25B, Petemon, Sawahan. 

Nasi Bakar & Nasi Krawu Ibu Su

Kelezatan menu makanan di Warung Nasi Krawu Ibu Su sangat fenomenal. Rasa yang tercipta dari perpaduan nasi dengan lauk pauk seperti tuna dan ayam bakar sangat menggoda dan bikin pelanggan ketagihan. Kamu bisa mencobanya dengan harga di bawah Rp20.000 per porsi. Lokasinya terletak di Jl. Nyamplungan IX No.48, Pabean Cantian.

Baca juga: 3 Resep Nasi Goreng Paling Sederhana Antigagal

4. Medan

Nasi Bakar Ayu, Zein Hamid 

Menu yang disajikan di warung makan ini cukup menarik, yang paling populer yaitu gulai ikan salai. Jangan lupa untuk menambahkan berbagai hidangan pendamping seperti ceker setan, risol jumbo, dan lainnya. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp28.000 per porsi. Jika tertarik, kamu dapat berkunjung ke warung yang berlokasi di Jl. Brig. Jend Zein Hamid, Medan Johor ini. 

Nasi Bakar Kak Intan, Limau Manis

Tempat makan ini menjadi favorit warga Medan yang menyajikan ragam menu dengan harga yang sangat terjangkau yakni di kisaran Rp18.000 per porsi. Kamu dapat mencoba kenikmatannya di Jl. Pahlawan Tj. Morawa, Medan.

5. Palembang 

Kampoeng Kayoe, Ilir Timur 2 

Rumah makan ini cukup terkenal dan menjadi favorit di Palembang. Menu andalannya ini dijual dengan berbagai lauk pauk khas Palembang yang ditawarkan seperti tongkol suwir, teri pete, cumi pete, hingga ayam jamur. Adapun, harganya di kisaran Rp34.000 per porsi. Lokasi warung makan ini yaitu di Jl. Merbabu, No. 474 Ilir Timur 2.

Pondok Charlie 5, Residen A Rozak

Warung makan ini cocok didatangi bersama keluarga. Ada beragam menu lauk pauk yang bisa dipilih. Kamu dapat mencoba menu ini dengan merogoh kocek seharga Rp50.000 an per porsi. Warung makan ini berlokasi di Jl. Residen A. Rozak, Blok 9D, Ilir Timur 2.

Nah, itulah beberapa rekomendasi warung nasi bakar di berbagai daerah yang dapat kamu coba. Pastikan untuk memeriksa ulasan lebih lanjut dan jam operasional sebelum berkunjung ke salah satu rumah makan di atas. Selamat mencoba!

Exit mobile version