Menemukan Nasi Rawon Terbaik di Surabaya

JNEWS – Nasi rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur, khususnya Surabaya. Rawon adalah semacam sup yang isi utamanya berupa daging sapi dan kuah keluak. Kuah rawon tidak menggunakan santan, namun dapat terlihat hitam pekat berkat bumbu keluak tersebut.

Menu ini tambah lezat jika disajikan bersama nasi putih, telur asin, taoge mentah, dan emping atau kerupuk udang. Di beberapa daerah juga ditambah dengan perkedel, paru goreng, dan daun kemangi.

10 Nasi Rawon Terbaik di Surabaya

Dikutip dari laman Kemenparekraf, rawon pernah masuk dalam daftar “10 Best Rated Soups in the World 2023” versi Taste Atlas. Karena itu, sayang jika tidak mencicipi kenikmatannya ketika berada di Surabaya.

Berikut adalah panduan nasi rawon terbaik di Surabaya dan sekitarnya, yang dimulai dari tengah Kota Surabaya.

1. Rawon Setan

Rawon yang kondang ini berada di tengah kota, yaitu di Jalan Embong Malang, depan JW Marriott dan tak jauh dari Tunjungan Plaza. Hidangan utamanya disebut Rawon Setan karena dahulu memang buka di jam ronda. Namun sekarang Rawon Setan buka di jam normal, yaitu 07.30-22.00. Rumah makan yang sebenarnya luas ini ramai setiap hari. Pembeli dapat memilih ruangan ber-AC, jika masih tersedia.

Kuahnya hitam pekat. Harga per porsi Rp47.000 untuk rawon pisah dan Rp37.000 untuk yang dicampur. Selain itu ada pelengkap, berupa telur asin, paru goreng, perkedel, dan kerupuk.

Baca juga: Jejak Kuliner Tahu Tek: Eksplorasi Wisata Kuliner Surabaya

2. Depot Anda Fit

Dari Rawon Setan ke arah timur ada Depot Anda Fit, yang terletak di Jalan Walikota Mustajab No. 47, Genteng. Buka pukul 08.00-21.00. Depot ini ada 2 tempat, satunya lagi di Jalan Simpang Darmo Permai Selatan. Rawon disajikan dengan konsep restoran menengah ke atas sehingga tampak istimewa. Apalagi restoran ini menempati bangunan rumah lama dengan gaya kolonial.

Pengunjung restoran ini kebanyakan orang-orang kantoran. Harga rawon saja tanpa nasi Rp50.000 dengan daging yang besar-besar dan empuk. Sedangkan kuahnya hitam pekat tetapi tidak berlemak.

3. Depot Sederhana (Gubeng Pojok)

Dari Depot Anda Fit ke selatan sedikit ada Depot Sederhana Gubeng yang menjadi andalan penumpang kereta api di Stasiun Gubeng. Alamatnya di Jalan Stasiun Gubeng 1A, Genteng. Dulu buka 24 jam tetapi setelah pandemi buka hingga pukul 22.00. Kabarnya sekarang berangsur-angsur kembali ke jam buka semula.

Tempat makan ini memiliki konsep kantin sehingga menunya bermacam-macam. Harga rawon dengan nasi Rp17.000 dengan penyajian sederhana tetapi tetap enak dan segar.

4. Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng

Dari Depot Sederhana bergerak ke selatan ada warung kaki lima yang namanya berasal dari 2 menu khas Jawa Timur, yaitu nasi pecel dan rawon. Tidak itu saja, nama warung ini masih ditambah dengan keterangan “Di Depan Toko Tekstil Moro Seneng Pasar Pucang”. Karena di depan toko, maka warung ini buka setelah toko tutup, yaitu pukul 21.15-03.30 atau lebih awal. Pembeli dapat duduk lesehan di emperan toko.

Yang unik di warung ini adalah pembeli dapat memilih rawon, pecel, atau nasi pecel dicampur rawon. Selain itu, pembeli harus membawa wadah sendiri jika ingin bungkus. Harga nasi pecel rawon Rp22.000.

Menemukan Nasi Rawon Terbaik di Surabaya

5. Rawon Kalkulator

Lebih ke selatan lagi ada Rawon Kalkulator yang merupakan warung tenda di Sentra PKL Taman Bungkul Jalan Raya Darmo dan tak jauh dari Kebun Binatang Surabaya. Buka pukul 08.00–00.00. Warung ini selalu ramai sehingga pembeli sering antre.

Warung ini berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Warung Sedap Malam. Namun nama Rawon Kalkulator lebih terkenal karena penjualnya menghitung tanpa menggunakan kalkulator.

Tipe hidangan di sini tidak bening dan gurih sehingga paling lezat disantap ketika panas. Irisan dagingnya termasuk besar. Harga satu porsi nasi dan rawon pisah ditambah telur asin Rp46.000.

6. Nasi Pecel dan Rawon Bu Yati

Dari Rawon Kalkulator ke arat timur ada Rawon Bu Yati. Letaknya di Jalan Raya Bratang Binangun, Baratajaya, Gubeng. Buka pkul 08.00-20.30. Pecel dan rawon di tempat Bu Yati bercita rasa Madiun, Kota Pecel. Ciri khas rawon Madiun kuahnya lebih ringan. Pembeli bisa mencampur nasi pecel dengan rawon. Harga rawon dengan nasi Rp20.000.

7. Rawon Pak Pangat Wonokromo

Menuju ke selatan lagi ada Pak Pangat yang sudah berjualan sejak tahun 1950-an dan sekarang memiliki beberapa cabang. Pusatnya ada di area Pasar Wonokromo, DTC Wonokromo. Pembeli dapat mencari cabang Rawon Pak Pangat Wonokromo terdekat di Google Map. Jam buka Pak Pangat pusat 06.30-17.00. Sedangkan di cabang-cabangnya buka hingga malam.

Keunikan rawon Pak Pangat adalah ada beberapa macam pilihan, yaitu hidangan dengan ayam suwir dibanderol Rp35.000, nasi rawon krengseng Rp35.000, nasi rawon campur Rp35.000, dan nasi rawon iga Rp50.000. Selain itu masih ada menu-menu lain dan pelengkapnya.

8. Rawon Gajah Mada

Dari Pak Pangat agak jauh ke selatan ada Rawon Gajah Mada. Alamatnya di Ruko Grand A Yani, Jalan Jemur Ngawinan, Wonocolo. Jam bukanya mulai pukul 11.00-23.00. Nama Gajah Mada tidak sinkron dengan nama jalannya karena merupakan cabang Rawon Gajahmada Sidoarjo. Warung ini berada di pojokan dan selalu ramai.

Menu yang ditawarkan beda dari yang lain, yaitu nasi rawon empal, paru, lidah, otak,  dan oseng mbledos, yang masing-masing harganya Rp32.000. Sedangkan nasi rawon daging basah Rp20.000 dan rawon dengan nasi tanpa lauk Rp10.000.

9. Rawon Nguling Kendangsari

Sedikit ke timur dari Rawon Gajah Mada ada Rawon Nguling. Ada beberapa tempat yang menggunakan nama Nguling di Surabaya. Tempat ini adalah yang paling ramai. Nguling adalah nama kecamatan di Pasuruan yang berbatasan dengan Probolinggo. Ciri khas rawon Nguling adalah kuahnya lebih jernih dibandingkan dengan rawon lainnya.

Varian rawonnya cukup banyak, antara lain rawon dengan nasi Rp26.000, nasi rawon empal Rp30.000, rawon daging Rp38.000, rawon dengkul Rp80.000, rawon iga Rp45.000, rawon buntut Rp45.000, dan rawon otot Rp40.000.

Baca juga: Mengenal Nasi Tiwul: Sejarah, Kandungan Nutrisi, dan Cara Membuatnya

10. Warung H Mufid (Rawon Balungan Benowo)

Untuk ke warung ini perlu usaha lebih karena letaknya cukup jauh ke arah barat, yaitu di Jalan Raya Benowo, Pakal. Buka mulai pukul 06.00-21.00. Sesuai namanya, menu favorit di warung ini adalah rawon balungan (tulang). Ada keasyikan tersendiri menggerogoti daging yang ada di sekitar tulang. Namun yang berisi daging juga tersedia. Kuahnya tipe medok khas rawon kampung yang diinapkan. Harga per porsi Rp25.000.

Sebenarnya hampir di setiap penggal jalan di Surabaya ada penjual nasi rawon. Belum lagi yang berjualan menggunakan tenda nonpermanen di malam hari. Surabaya memang Kota Rawon, jadi jangan sampai tidak mencicipi barang sepiring ketika berada di sana.

Exit mobile version