6 Negara Tertua di Dunia, Sudah Eksis sejak Sebelum Masehi

Ada berapa banyak negara di dunia ini? Berdasarkan worldometer.info, ada 195 negara namun yang masuk ke dalam anggota United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebanyak 193. Dua negara lainnya yang tidak termasuk ke dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah Vatikan dan Palestina. Uniknya dari sekian banyak negara tersebut ada yang termasuk ke dalam kategori negara tertua di dunia loh.

Negara tertua di dunia merupakan simbol perjalanan panjang dari peradaban manusia. Sekaligus membuktikan bahwa sejak zaman sebelum masehi, sistem negara itu sudah ada. Manusia di zaman itu sudah hidup berkelompok dan juga menjaga satu sama lain dari ancaman.

Selama rentang waktu ribuan tahun, banyak negara yang mulai tumbuh di berbagai benua dan memiliki wilayah kekuasaan masing-masing. Tak sedikit negara-negara memperluas wilayahnya dengan cara menjajah dan adu senjata.

Dari waktu ke waktu setelah melalui serangkaian proses peradaban, perang dan lain sebagainya, muncul berbagai temuan dari sisa peradaban. Ini bisa dilihat dari prasasti atau sisa-sisa bangunan yang masih berdiri tegak. Bisa dikatakan, inilah yang menandai negara tertua di dunia yang masih terus ada hingga sekarang ini.

6 Negara Tertua di Dunia

6 Negara Tertua di Dunia, Sudah Eksis sejak Sebelum Masehi

1.    Mesir (6000 SM)

Negara tertua di dunia pertama adalah Mesir. Negara ini sering disebutkan di kitab suci umat Kristiani dan juga Islam. Peninggalan sejarah yang ada seperti piramida, sphinx menunjukkan bahwa negara ini sudah memiliki peradaban kuno sejak tahun 6000 SM. Di masa tersebut, seorang raja bernama Raja Menes memimpin Mesir Hilir dan Mesir Hulu.

Letak geografis Mesir berbatasan dengan Libya di bagian barat, di selatan ada Sudan juga Jalur Gaza Palestina dan di utara-timur ada Israel. Sebagian besar geografis negara Mesir ada di benua Afrika dan menurut sebagian besar sejarawan, pendiri Mesir adalah seorang penguasa bernama Narmer.

Sejarah telah mencatat bahwa Mesir sudah membentuk negara dengan sistem kerajaan sebagai pusat pemerintahan. Di 3000 tahun pertama, Mesir berada di bawah pimpinan Firaun dan terbagi menjadi 30 dinasti. Dalam perjalanan peradabannya, negara ini mengalami tiga era peradaban yaitu Old Kingdom, Middle Kingdom dan New Kingdom.

Baca juga: Ini Dia 5 Negara Terbesar di Dunia – Ada Indonesia Nggak Ya?

2.    India (3300 SM)

Data dari world population review, negara dengan populasi terbesar di dunia tahun 2023 adalah India yang menempati urutan pertama. Jumlah penduduk India di tahun 2023 sebanyak 1,428,627,663 jiwa.

Dengan kepadatan penduduk terbesar di Asia dan dunia, ternyata India memiliki sejarah yang panjang sebagai negara tertua di dunia. Menurut sejarah, peradaban manusia masuk ke Asia dimulai dari dataran Sungai Indus di Republik India.

Lebih lanjut lagi, manusia mulai berpindah dari Afrika ke India melewati jalur jazirah Arab dan Teluk Persia sekitar kurang lebih 50.000 SM. Pada 3000 SM, di Sungai Indus, bangsa Harappa mulai menetap dan kemudian membangun kota di sana. Dalam perkembangannya kota tersebut dikenal sebagai Pakistan.

Peradaban berikutnya dari bangsa Indo-Eropa dari Asia Tengah dan Asia Barat yang dikenal dengan nama bangsa Weda, menetap dan memperkenalkan kebudayaan mereka. Inilah yang menjadi cikal bakal munculnya agama Hindu di India.

3.    Afghanistan (3000 SM)

Tidak ada yang menduga bahwa Afghanistan adalah salah satu negara tertua di dunia. Sebelum terjadi perang, negara ini terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona dan ditambah peninggalan peradaban zaman dulu yang membuat negara ini menjadi destinasi wisata oleh para wisatawan.

Sejarah mencatat, Afghanistan telah ada sejak 3000 SM dan memiliki sejarah yang panjang seperti India. Adapun peradaban negara ini dimulai dari wilayah yang bernama Mundi Gak, yang menjadi salah satu bagian dari kumpulan orang-orang di Lembah Indus.

Lembah Indus dikenal sebagai daerah yang menjadi perwujudan peradaban di berbagai negara. Dan dalam perkembangannya wilayah ini masuk ke negara India, Afghanistan dan Pakistan. Negara Afghanistan sendiri memiliki sejarah agama kuno dengan nama Kafiristan dan bertahan hingga abad ke-19. Dari catatan sejarah di tahun 1800 SM diyakini munculnya Zoroastrianisme di wilayah Balkh.

4.    Tiongkok (2070 SM)

Tiongkok adalah negara kedua dengan populasi terbesar di Asia dan juga dunia. Kepadatan populasi yang terjadi di Tiongkok ternyata dipengaruhi dari peradaban yang sudah berlangsung berabad-abad lamanya. Sebagian besar populasi penduduk Tiongkok berasal dari suku Han.

Dari catatan sejarah, di dataran Tiongkok telah hidup manusia secara berkelompok sejak tahun 1600-1046 SM. Peradaban kuno yang lahir sejak lama di Tiongkok lantas berlanjut menjadi era Dinasti.

Dinasti yang pertama kali muncul adalah Dinasti Xia sekitar 2070 SM. Kemudian dilanjut dengan Dinasti Shang di tahun 1600 SM, dan Dinasti Zhou 1040 SM. Seiring waktu, peradaban di Tiongkok pun semakin maju dan berkembang. Hingga Dinasti Qin di tahun 221 SM menjadi pelopor pembangunan tembok besar Tiongkok.

5.    Georgia (1500 SM)

Georgia adalah negara bekas jajahan Uni Soviet yang memiliki sejarah peradaban paling tua jika dibandingkan dengan wilayah lainnya. Dari penemuan sejarah, wilayah Georgia sudah ada sejak zaman pra sejarah dan dihuni oleh homo erectus. Dan di wilayah ini mengalami empat periode peradaban.

Negara Georgia berada di benua Eropa bagian timur. Ada dua kerajaan yang berada di negara ini di masa lampau yaitu Kerajaan Karti/Iberia dan Kerajaan Colchis. Dan menurut sejarah, kedua kerajaan ini ada di zaman perunggu yakni sekitar tahun 1500 SM.

Kerajaan-kerajaan berikutnya memerintah sampai di abad ke-12. Lantas wilayah Georgia diinvasi oleh kerajaan dari wilayah sekitarnya yang lebih besar seperti kekaisaran Rusia, Kesultanan Utsmaniyah dan Mongolia. Setelah melewati perjalanan panjang invasi, akhirnya di tahun 1921 Georgia diberi kemerdekaan oleh Uni Soviet.

6.    Ethiopia – 980 SM

Dari benua Afrika, Ethiopia merupakan salah satu negara tertua di dunia. Pemerintahan pertama dari negara ini dibentuk di tahun 980 SM. Negara Ethiopia atau disebut juga dengan nama Republik Demokratik Federal Ethiopia memiliki letak geografis yang berdekatan dengan Sudan, Kenya, Somalia dan Eritrea.

Walaupun luas wilayahnya tidak seluas negara lainnya, Ethiopia adalah negara yang damai. Ini disebabkan karena negara ini menjadi satu-satunya negara yang tidak pernah mengalami penjajahan selama perang perebutan berbagai wilayah di benua Afrika.

Sebuah fakta kecil yang sedikit diketahui banyak orang adalah Ethiopia sudah memiliki kekaisaran Kristen lebih dulu dibandingkan kekaisaran Romawi. Ini dimulai sekitar abad ke-4 di mana negara ini sudah menganut ajaran Kristen.

Sayangnya di tahun 1936, Ethiopia dijajah oleh Italia. Namun, berkat bantuan pasukan Britania Raya, mereka berhasil menumpas penjajahan tentara Italia.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Street View untuk Berwisata Virtual

Sebagian besar negara tertua di dunia yang diulas di atas mayoritas berasal dari benua Asia. Ini menunjukkan bahwa peradaban Asia ternyata sudah lebih lama dibandingkan benua lainnya. Semoga bisa menambah referensi pengetahuan.

Exit mobile version