Niat Puasa Ramadan 2023, Bacaan Niat Sebulan Penuh dan Setiap Malam

doa niat puasa Ramadan 2023 sebulan dan niat puasa setiap malam

Pemerintah Indonesia melalui sidang isbat yang digelar pada Rabu (22/3/2023), telah memutuskan 1 Ramadan 144 H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023. Oleh karenanya, bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah puasa, penting untuk mengetahui doa niat puasa Ramadan 2023.

Niat sendiri merupakan salah satu rukun yang wajib dilakukan. Niat puasa Ramadan harus dilakukan setiap malam, jika mengacu pada mazhab Syafi’i.

Namun, sebagian ulama ada yang menganjurkan untuk membaca niat puasa sebulan penuh pada saat sahur pertama bulan Ramadan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila seorang muslim lupa mengucapkan niat pada malam harinya atau ada contoh kasus dirinya lupa bangun sahur. Dengan membaca niat satu bulan penuh, maka kamu tidak perlu khawatir puasanya tidak sah, hal ini seperti yang dianjurkan mazhab Maliki.

Baca Juga: Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh

“Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadan niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil manfaat dari pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila lupa niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadan.” (Hasyiyah Al-Qulyubi, II/66).

Meski demikian, perlu diingat pula bahwa doa niat puasa sebulan penuh ini hanya sebagai antisipasi apabila kamu lupa atau tidak sempat menguapkan niat seperti yang dicontohkan di atas. Kamu tetap perlu membaca niat puasa setiap malamnya.

Niat puasa Ramadan sebulan penuh

Berikut ini adalah bacaan niat puasa sebulan penuh. Pembacaan niat ini dilakukan pada saat sahur pertama bulan Ramadan, bacaannya sebagai berikut:

“Nawaitu shauma jami’I syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta’ala.”

Yang artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga: Simak Tips Sahur Pertama Agar Puasa Lancar

Niat puasa Ramadan yang dibaca setiap malam

Sementara berikut ini adalah niat puasa yang dibaca setiap malam atau pada saat santap sahur, yakni sebagai berikut:

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhani hadzihissanati lillahi ta’ala.”

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Nah, itu dia tadi bacaan doa niat puasa Ramadan 2023 yang bisa kamu baca di awal untuk puasa sebulan penuh dan niat yang dibaca setiap malamnya. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga puasa kamu berjalan lancar!

Exit mobile version