Belajar Bahasa dengan Nonton Drama Korea: Emang Bisa?

Gelombang penonton K-Drama dari tahun ke tahun semakin meningkat. Berbagai layanan streaming pun berlomba-lomba menayangkan drama dari Negeri Ginseng setiap bulannya. Ternyata dengan nonton drama Korea, secara langsung penonton pun bisa mempelajari kosakata bahkan kalimatnya.

Hal ini bisa dilihat dengan penggunaan beberapa kosakata bahasa Korea Selatan dalam berbagai unggahan di media sosial. Sebagai contoh yang paling sering digunakan adalah yeorobun, gwenchana, annyeonghaseyo, oppa, chingu dan masih banyak lainnya.

Sekarang ini ingin mahir berbahasa Korea pun tidaklah sulit. Banyak penggemar K-Drama dan juga K-Pop yang bisa berbahasa Korea berbekal nonton drama Korea maupun siaran langsung para idol.

Bagi yang ingin melatih kemampuan berbahasa Korea, barangkali ada rencana juga traveling ke Negeri Ginseng, berikut ini beberapa tip mudah yang bisa dilakukan berbekal nonton drama Korea. Emang bisa? Bisa dong.

Tip Belajar Bahasa dengan Nonton Drama Korea

1. Gunakan Subtitle

Setiap layanan streaming yang menayangkan drama Korea pasti memiliki pilihan subtitle. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah nonton drama Korea dengan teks bahasa Korea dan Inggris.

Perhatikan teks dalam bahasa Korea dan cobalah untuk mencocokkannya dengan dialog para pemain. Lakukan hal ini sampai mengenali kosakata dasar, lalu kalimatnya. Apabila sudah merasa mampu, beralihlah ke teks bahasa Korea saja atau bisa juga mematikan teks sepenuhnya.

Baca juga: 5 Drama Korea Terbaru yang Penuh dengan Pelajaran Hidup yang Penting

2. Aktif Mendengarkan

Fokuslah mendengarkan dialog dan coba untuk memahami sebanyak mungkin tanpa terlalu bergantung pada subtitle. Dengarkan pengucapan, intonasi, dan frasa umum yang digunakan dalam berbagai situasi.

3. Mengulangi Dialog

Menonton di layanan streaming memang tidak ada jeda drama, jadi bisa lakukan dengan pause di adegan tertentu dan ulangi dialog setelah karakter drama mengucapkannya. Ini untuk melatih pelafalan dan intonasi. Perhatikan cara mereka berbicara dan cobalah meniru ritme dan aksen mereka.

4. Pelajari Kosakata

Mempelajari kosakata ini sangat penting. Di setiap K-Drama pasti akan mudah menemukan kata yang sering disebut berulang-ulang oleh para karakter. Misalnya, annyeong (halo), gwenchana (tidak apa-apa), gamsahamnida (terima kasih secara umum).

Yang perlu dilakukan adalah mencatat kata-kata atau frasa baru saat nonton drama Korea. Buatlah daftar kosakata dan ulangi secara teratur.

5. Berlatih Berbicara

Gunakan dialog dari K-Drama sebagai naskah dan berlatihlah mengucapkannya dengan lantang. Ini akan membantu meningkatkan kefasihan dan membangun kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Korea.

6. Kamus

Keberadaan kamus sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Korea. Apalagi sekarang ini ada banyak kamus online yang bisa dipilih. Jadi, gunakan kamus apabila tidak mengerti arti atau ingin menemukan sebuah kosakata.

7. Kursus Online

Enam tips di atas memang bisa membantu penonton dalam mengenal, memahami dan berlatih bahasa Korea. Namun, perlu diingat bahwa untuk lebih fasih berbahasa Korea, kombinasikan dengan sumber belajar lainnya seperti kursus online untuk mendapatkan pengalaman belajar secara utuh.

Dari sekian banyak K-Drama yang tayang setiap tahun, ada beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan referensi untuk belajar bahasa Korea. Drama-drama ini memiliki kelebihan tersendiri yang bisa digunakan oleh penonton untuk menambah keahlian berbahasa Korea.

4 Rekomendasi K-Drama untuk Melatih Bahasa Korea

1. Squid Game

Serial Netflix yang satu ini booming sejak awal penayangannya. Alur cerita yang unik, karakter serta akting para pemain membuat drama ini memenangkan berbagai penghargaan bergengsi untuk berbagai kategori. Squid Game bercerita tentang sekelompok orang yang berada di situasi keuangan sulit dan ditawari kesempatan untuk berpartisipasi dalam permainan mematikan dengan janji hadiah uang tunai yang sangat besar.

Drama ini bisa dijadikan pilihan untuk belajar bahasa Korea. Di setiap episode, menyajikan dialog sehari-hari, ada beberapa kosakata unik dan ‘gelap’ yang digunakan selama drama ini berlangsung.

Contoh kosakata yang terkenal dari drama ini:

2. Vincenzo

Drama Vincenzo yang dibintangi oleh Song Jong-ki dan Jeon Yeo-been, sukses menarik perhatian pencinta K-Drama selama masa penayangannya di tahun 2021. Vincenzo adalah nama dari seorang mafia Italia yang berdarah Korea. Dalam misinya, Vincenzo Cassano harus balik ke Korea. Selama di Korea, dia bertemu dengan orang-orang yang unik, lucu, bahkan menjadi akrab karena tinggal di Geumga Plaza.

Tidak fasihnya Vincenzo dalam berbahasa Korea, bisa dimanfaatkan oleh penonton untuk mempelajari bahasa ini. Begitu pun interaksi Vincenzo dengan karakter lainnya, muncul berbagai gaya bahasa yang bisa dijadikan panduan. Seperti dialog di ruang sidang formal hingga percakapan santai.

Di drama ini lekat dengan ‘senioritas’, jadi bisa mempelajari bagaimana mengucapkan kata-kata untuk orang yang lebih tua dalam hal ini senior di kantor dan juga untuk junior.

Baca juga: 8 Serial Korea Terbaik yang Diadaptasi dari Webtoon

3. Crash Landing on You

Drama yang menjadikan Son Ye-jin dan Hyun bin sebagai couple ternyata sukses juga membawa mereka sampai ke pelaminan. Crash Landing on You menjadi K-Drama favorit yang memikat banyak penonton dengan kisah romantis pasangan beda negara.

Dalam drama ini penonton akan menemukan gabungan ekspresi dan kosakata dari Korea Utara dan Korea Selatan. Selain itu, melalui drama ini penonton juga akan ditunjukkan bagaimana kebudayaan dari dua negara ini dan kompleksitas hubungan antar Korea.

4. Romance is a Bonus Book

Romance is a Bonus Book adalah drama yang mengisahkan kisah romantis seorang penulis berbakat dengan direktur utama perusahaan penerbitan. Dengan latar industri penerbitan, penonton bisa melihat bagaimana industri penerbitan yang dinamis dan serba cepat.

Di dalam drama ini menyajikan berbagai istilah, jargon dan ekspresi yang biasa digunakan dalam bidang penerbitan. Tentu saja ini menjadi nilai positif bagi penonton yang ingin belajar bahasa korea dan memahami seluk-beluk dunia penerbitan ini.

Nonton drama Korea memang membuka kesempatan untuk belajar bahasa Korea melalui jalur hiburan sekaligus mempelajari budaya dari negeri ini. Namun, perlu juga dikombinasikan dengan berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas agar level kemampuan semakin meningkat dan semakin paham berbagai kata-kata yang mesti diucapkan untuk hal tertentu.

Exit mobile version