Racik Sendiri 5 Obat Pelangsing Alami untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

JNEWS – Memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal adalah impian semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Ada banyak cara yang dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan dengan aman. Salah satunya dengan meracik sendiri obat pelangsing dari bahan alami.

Banyak yang mulai sadar akan pentingnya memiliki berat badan yang ideal. Karena apabila tubuh kelebihan lemak bisa memicu munculnya penyakit lain yang lebih serius. Mulai dari tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes tipe 2, dan lain-lain.

Itulah mengapa gaya hidup sehat populer dilakukan oleh berbagai kalangan dewasa ini. Bukan karena FOMO, tetapi banyak orang sudah menyadari betapa penting dan mahalnya harga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi obat pelangsing kerap dipilih oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Namun, perlu digarisbawahi untuk harus berhati-hati, karena ada banyak obat yang belum lulus BPOM dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Untuk lebih aman, bisa meracik sendiri obat pelangsing dari bahan-bahan alami. Bahan tersebut tidak sulit untuk ditemui, bahkan sering digunakan sebagai bumbu dapur.

5 Obat Pelangsing Alami yang Bisa Diracik Sendiri di Rumah

Cara kerja dari obat pelangsing alami ini adalah meluruhkan lemak darah, lemak tubuh, mengenyangkan perut, melancarkan buang air besar, tidak mudah lapar dan menekan nafsu makan. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa diracik sendiri untuk menurunkan berat badan berlebih.

Obat Pelangsing Alami untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang memiliki segudang khasiat baik untuk tubuh. Dikutip dari laman Kemenkes Direktoran Jendral Pelayanan Kesehatan, beberapa manfaat jahe yaitu mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, mencegah terjadinya risiko penyakit jantung.

Dalam mengonsumsinya, pastikan tidak lebih dari 5 gram jahe per hari. Karena apabila berlebih akan menyebabkan perut terasa kembung hingga mulas.

Cara meracik jahe:

Untuk menambah cita rasa bisa campurkan dengan madu atau jeruk nipis.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Teh Rosella: Lebih dari Sekadar Minuman

2. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon populer digunakan sebagai bahan pelangsing alami terbaik. Manfaat air lemon yang kaya akan vitamin C tak sekadar baik untuk pencernaan saja tetapi bisa membantu proses detoksifikasi.

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah pencernaan yang sehat. Dengan demikian, tubuh bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk membakar lemak. Lemon juga berkhasiat menghilangkan toksin di dalam tumbuh yang memperlambat metabolisme.

Cara meracik air perasan lemon dengan mencampurkan 2 sdt air perasan lemon, 1 sdt madu, ¼ sdt bubuk merica hitam ke dalam gelas berisi air putih. Minum setiap pagi saat perut masih kosong selama kurang lebih tiga bulan.

3. Kayu Manis

Kayu manis adalah jenis rempah dengan aroma yang kuat dengan cita rasa manis dan sedikit pedas. Ternyata rempah aromatik ini bisa juga digunakan untuk menurunkan berat badan. Berbagai khasiat dari bahan alami ini antara lain menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes hingga meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

Cara untuk meracik:

Air kayu manis tersebut bisa diminum di pagi hari saat perut masih kosong.

4. Daun Jati Cina

Dikenal sejak abad ke-9 sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit, bahan alami ini masih terus digunakan hingga sekarang. Di Indonesia, daun jati Cina kerap digunakan sebagai bahan jamu tradisional.

Bahan alami ini mengandung zat laksatif yang dipercaya bisa melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, mampu mengontrol lemak di dalam tubuh dan kolesterol. Efek dari khasiat daun jati Cina bisa menurunkan berat badan serta memperlancar BAB.

Cara meracik:

Mengonsumsi air daun jati Cina maksimal tiga kali sehari dan tidak boleh berlebihan.

Baca juga: Mengenal Teh Jati Cina: Manfaat dan Tata Cara Konsumsi untuk Hasil Terbaik

5. Asam Jawa

Siapa yang menyangka asam jawa bisa membantu menurunkan berat badan? Rempah yang berwarna merah kecokelatan ini memiliki cita rasa asam, dan sering digunakan sebagai bahan utama membuat sayur asem dan campuran jamu tradisional.

Asam jawa mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan dan penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Manfaat rempah ini bagi tubuh bisa mencegah alergi, memperkuat imun, menyehatkan sistem pencernaan serta melancarkan BAB.

Cara meracik asam jawa:

Minuman ini bisa dikonsumsi setiap hari setelah makan, maksimal tidak lebih dari tiga gelas sehari.

Obat pelangsing dari bahan alami di atas memang tidak ada dosis tepat selayaknya obat minum dari dokter. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengonsumsi secara berlebihan. Apabila memiliki riwayat penyakit tertentu, baiknya konsultasikan dengan dokter. Jangan lupa imbangi juga dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Exit mobile version