Cara Menemukan Font Tersembunyi di di Instagram

Instagram sering memperbarui fitur-fiturnya untuk memberikan kenyamanan serta membuat para kreator bisa memaksimalkan konten mereka. Dari sekian banyak fitur yang diperbarui berkala, ada font tersembunyi di Instagram yang masih sedikit diketahui oleh penggunanya.

Berdasarkan data dari Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia per Agustus 2023 menembus angka 116 juta orang. Dengan perincian, 55,5% perempuan dan 44,5% laki-laki.

Media sosial yang satu ini memang mudah untuk digunakan dan menyajikan beragam konten menarik dari para kreator baik dalam bentuk video atau foto. Sekarang ini, banyak yang menggunakan Instagram sebagai media promosi dan juga meraup cuan. Sedangkan dari sisi platform, ini tentu saja angin segar bagi mereka, karena fitur ads akan lebih banyak peminat serta pihak Instagram bisa mendapatkan data untuk memperbarui algoritmanya.

Harus diakui, Instagram sering update fiturnya baik untuk feed maupun Instagram Story. Sebagai contoh, sekarang ini pengguna dengan followers banyak bisa memanfaatkan fitur ‘Subscribe’ untuk membagikan konten eksklusif ke followers yang telah subscribed dan konten tersebut juga bisa dimonetisasi.

Satu lagi yang menarik, ada font tersembunyi di Instagram story. Fitur yang satu ini memang masih belum banyak diketahui penggunanya. Pasalnya, font di Instagram Story sudah cukup bervariasi yakni ada sembilan. Mulai dari jenis Series, Sans Serif, Monospace, Handwriting, Comic Sans tersedia di IGs.

Sekarang ketambahan lagi satu tapi tidak langsung muncul harus melakukan beberapa langkah untuk bisa menggunakannya.

Cara Menemukan Font Tersembunyi di Instagram dan Menggunakannya

Cara Menemukan Font Tersembunyi di Instagram

Font tersembunyi di Instagram adalah Papyrus. Jenis font ini kerap ditemui di poster film, sampul buku maupun novel. Font yang satu ini memiliki desain khusus serta unik.

Papyrus dibuat oleh Chris Costello pada tahun 1982. Costello merancang font ini dengan memadukan tampilan kaligrafi dan karakter Romawi, sehingga menimbulkan kesan kuno tapi artistik.

Sayangnya untuk font tersembunyi di Instagram ini belum bisa digunakan oleh pengguna Android. Sementara ini, baru bisa digunakan oleh pengguna iOS saja. Lantas bagaimana cara menemukan dan menggunakannya?

  1. Masuk ke aplikasi Instagram
  2. Klik ikon tambah di halaman beranda
  3. Lalu pilih story
  4. Klik ‘create’ atau bisa langsung masukkan foto maupun video
  5. Apabila menggunakan foto, klik ikon ‘Aa’ di kanan atas
  6. Kemudian cari font Comic Sans
  7. Silakan tulis: Papyrus lalu spasi
  8. Font Comic Sans akan otomatis berganti Papyrus
  9. Silakan dihapus tulisan Papyrus, lalu ganti dengan kalimat yang ingin diunggah
  10. Selesai

Mudah banget bukan? Jadi, sekarang Instagram Story makin lebih menarik dengan ada tambahan dari font Papyrus.

Baca juga: Tips Membuat Desain Feed Instagram yang Menarik Calon Pembeli untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

Karena font Papyrus masih jarang diketahui, barangkali belum banyak yang tau apa sih kelebihannya. Berikut adalah kelebihan dari menggunakan font tersembunyi di Instagram ini.

  1. Mempunyai gaya yang unik, berbeda banget dari jenis font yang telah ada
  2. Font ini termasuk artistik dan unik
  3. Mudah untuk digunakan
  4. Tampilan minimalis
  5. Masih jarang yang menggunakannya
  6. Dibandingkan dengan font bawaan, Papyrus terlihat lebih menarik

Agar tampilan Instagram Story tidak terlalu monoton, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan supaya kontennya lebih interaktif dan disukai followers.

Tip Membuat Instagram Story yang Menarik

1. Mengunggah Foto Tidak Blur

Instagram Story ini bisa dibilang fitur ‘suka-suka’, mau unggah konten apapun ya silakan. Tapi, alangkah baiknya, walaupun mau unggah konten random, konsepnya dipikirkan. Tidak perlu ribet mikir kejauhan, konsep yang menarik ini bisa dimulai dengan mengunggah foto tidak blur.

Cobalah membiasakan mengambil foto menggunakan metode rule of third. Tempatkan objek foto di perpotongan garis-garis atau di tengah. Dengan demikian, akan menciptakan foto dengan komposisi menarik.

2. Ciptakan ‘Suasana’

Hal berikutnya, mau dibuat suasananya seperti apa? Ini bisa dibantu dengan menggunakan filter yang sudah ada di Instagram. Silakan pilih salah satu filter favorit dan gunakan rutin saat mengunggah konten di Instagram Story. Yakin deh, ini semacam menjadi signature kamu.

3. Gunakan Teks

A picture is worth a thousand words.

Istilah tersebut memang benar, tapi lebih baik apabila ditambahkan teks. Misalnya, kamu lagi kuliner, bisa ditulis menunya apa dan review singkat soal rasa. Bisa juga menambahkan quote atau informasi apapun terkait konten yang diunggah.

Dalam menggunakan teks ini ada beragam font yang bisa digunakan, warna, highlight juga. Termasuk font tersembunyi di Instagram menarik untuk dipakai.

4. Gunakan Fitur dan Stiker yang Ada

Ada banyak fitur yang bisa digunakan dari Instagram Story yang bisa meningkatkan engagement dengan followers. Apa saja?

  1. Question
  2. Pool
  3. Mention
  4. Quiz
  5. Countdown

Selain fitur tersebut, bisa juga gunakan stiker yang lucu dan unik, untuk menambah estetika di unggahan Instagram Story. Gunakan stiker dengan bijak, pilihlah yang mencerminkan isi konten untuk memberikan vibes positif.

6. Menyematkan Link

Fitur sematkan link ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menyebarkan link afiliasi, artikel blog maupun link order makanan. Tentu saja, ini akan berdampak pada pundi-pundi rupiah para konten kreator.

7. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Untuk membuat tampilan Instagram Story makin menarik, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Seperti Canva dan Unfold yang menyediakan beragam template khusus Instagram Story, filter dan alat desain untuk membuat konten lebih estetik dan menarik.

Baca juga: 7 Langkah Cara Menambah Instagram Follower yang Mungkin Belum Pernah Dicoba

8. Konsisten

Membuat konten memang butuh konsisten agar algoritma bisa membaca bahwa akun tersebut selalu aktif, jadi akan diprioritaskan untuk tampil di beranda followers. Tak hanya itu saja, konten yang rutin diunggah akan meningkatkan interaksi dengan followers.

Gimana, mudah bukan mencari dan menggunakan font tersembunyi di Instagram? Silakan dipraktikkan dan selamat membuat konten Instagram Story yang menarik, edukatif dan estetik.

Exit mobile version