Tip dan Panduan Foto Selfie OOTD Hijab ala Fashionista

Foto selfie OOTD hijab ala fashionista di Instagram selalu menarik perhatian. Tidak dimungkiri, tampilan yang begitu paripurna secara visual dari para selebgram hingga fashionista membuat sebagian orang ingin bisa memiliki foto persis seperti mereka.

Di zaman serba visual sekarang ini, foto selfie sudah menjadi budaya populer yang hadir di tengah masyarakat urban. Ditambah penggunaan media sosial yang meningkat dari tahun ke tahun dan bisa menghasilkan cuan dari platform ini, membuat sebagian besar warganet sangat memperhatikan foto yang akan diunggah.

Bahkan tidak jarang, brand-brand bekerja sama dengan fashionista untuk mempromosikan produk fashion mereka agar bisa menjangkau calon pembeli yang lebih luas.

Bagi perempuan muslimah, tren foto OOTD hijab pun marak dilakukan beberapa tahun belakangan ini. Apabila mentok dengan ide berpakaian, bisa scrolling Instagram dengan hashtag #OOTDhijab dan … voila! Ada banyak referensi foto yang bisa dijadikan panduan berpenampilan sopan, fotogenic, dan cantik.

Ternyata, rahasia agar bisa memiliki foto selfie ala fashionista tidak pada penggunaan gear yang mahal. Ada banyak elemen pendukung yang membuat sebuah foto sangat instagramable dan cocok diunggah di media sosial. Menggunakan smartphone pun tidak masalah, yang penting tahu teknik, kecocokan pakaian yang dikenakan, dan makeup.

Ingin memiliki foto selfie OOTD hijab ala fashionista? Bisa banget! Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk hasil foto estetik dan sopan.

Tip Foto Selfie OOTD Hijab

Tip dan Panduan Foto Selfie OOTD Hijab ala Fashionista

1. Gunakan Riasan Wajah

Menggunakan makeup is a must untuk tampilan cantik. Untuk referensi makeup, ini tergantung suasana. Misalnya mau ke pesta, menggunakan makeup bold akan lebih menarik. Atau hanya sekadar hangout bareng bestie, menggunakan makeup minimalis pun sudah cukup.

Sedikit tip untuk riasan wajah, gambari alis dengan warna lebih gelap, sapukan eyeliner berwarna netral, dan pilih warna bibir nude atau ombre. Pilih salah satu bagian wajah yang ingin ditonjolkan, misal memilih warna lipstik bold, maka gunakan eyeshadow warna netral. Dan jangan lupa selalu menggunakan sunscreen, baik akan foto di dalam ruangan maupun di luar.

Baca juga: 10 Inspirasi OOTD Style Korea bagi Perempuan Berhijab untuk Berbagai Acara

2. Komposisi Foto

Mau memotret menggunakan DSLR atau smartphone tapi tidak paham komposisi foto, akan membuat hasilnya kurang menarik. Komposisi dalam hal ini adalah penempatan subjek (point of view) sebuah foto.

Tip yang perlu dilakukan adalah gunakan komposisi rule of third. Aktifkan garis-garis ROT di smartphone atau DSLR. Nantinya akan muncul dua garis vertikal dan horisontal yang bersinggungan. Tempatkan subjek foto di perpotongan garis-garis tersebut atau di kotak tengah untuk hasil yang estetik.

3. Cahaya adalah Kunci

Minimnya cahaya akan membuat hasil foto gelap dan noise (bintik-bintik warna putih di foto). Oleh karena itu, usahakan saat motret selfie OOTD hijab, pilihlah tempat atau ruangan yang berlimpah cahaya.

Apabila menggunakan smartphone, usahakan memotret saat pagi hingga sore hari sebelum matahari terbenam. Saat kondisi tersebut, smartphone akan lebih maksimal untuk pengambilan foto. Jika menggunakan DSLR bisa disetting ISO, aperture, dan bukaan menyesuaikan kondisi cahaya.

Jika ingin menggunakan filter Lightroom kekinian, syarat utamanya adalah foto harus terang. Manfaatkan cahaya alami untuk membuat foto instagramable dengan filter favorit.

4. Hindari Background yang Sewarna dengan Busana

Tujuan dari foto selfie OOTD hijab adalah menampilkan busana yang dikenakan. Karena itu, penting untuk mencari background dengan warna netral atau pemandangan yang tidak terlalu ramai. Memilih background dengan pemandangan ramai, misalnya kerumunan orang, akan mengganggu fokus foto. Apabila tetap ingin berada di keramaian, background sebaiknya bokeh.

Warna background ini sangat penting, sebisa mungkin hindari warna yang sama dengan busana. Penampilan kamu tidak akan memukau jika background dan busana memiliki warna sama.

5. Gunakan Alat Bantu Foto

Sudah tidak zaman lagi mengambil foto selfie bermodalkan tangan sendiri, gunakan alat bantu. Ada banyak alat bantu yang bisa digunakan mulai dari tongsis, tripod, tumpukan buku hingga botol minuman.

Gunanya untuk apa? Yang pasti untuk menghindari foto blur akibat tangan yang tremor. Apabila menggunakan alat bantu, akan lebih maksimal bergaya dan tidak perlu merepotkan orang lain untuk memotret.

6. Foto Sebanyaknya dengan Berbagai Angle

Foto sebanyak-banyaknya! Pasalnya, hal ini akan membantu dalam memilih foto terbaik untuk diunggah. Jangan lupa memotret dari berbagai angle agar terlihat hasil yang lebih menarik dan stok fotonya banyak.

Panduan Gaya Selfie OOTD Hijab ala Fashionista

Setelah memahami tip selfie OOTD hijab di atas, berikutnya adalah memiliki referensi panduan gaya untuk foto. Mengapa? Agar hasil foto tidak monoton dengan wajah ala duck face atau bergaya dengan menempatkan angka dua dengan jari di wajah.

1. Foto Menghadap Samping

Panduan gaya yang pertama adalah foto dengan menghadap samping. Pose ini sering dilakukan oleh para fashionista untuk menampilkan foto OOTD hijab. Gaya ini sangat cocok untuk perempuan dengan badan berisi karena akan menciptakan ilusi badan lebih kecil.

2. Duduk di Tangga

Pose duduk di tangga akan menghasilkan foto yang estetik dengan menampilkan background menarik dan ilusi badan yang lebih jenjang. Gaya ini bisa dilakukan dengan candid atau mata fokus melihat kamera.

Tip untuk badan berisi, sebaiknya duduk di tangga dengan posisi agak menyamping dan letakkan tangan di atas paha. Sedangkan untuk tubuh mungil dan proporsional, bisa menghadap kamera dengan posisi kedua kaki di dua tangga berbeda.

Pemilihan tempat foto akan berpengaruh terhadap hasilnya. Misalnya foto di taman kota, background taman akan membuat foto lebih instagramable. Sedangkan, untuk pengambilan foto sebaiknya posisi kamera dari bawah.

3. Mirror Selfie

Gaya mirror selfie sangat disukai untuk foto OOTD hijab karena bisa memperlihatkan keseluruhan outfit sekaligus aksesori seperti tas dan alas kaki. Apalagi jika fotonya dengan menempatkan smartphone di bagian wajah, akan terlihat menarik dan sedikit ‘misterius’. Tapi, bisa juga posisi kamera smartphone agak ke bawah tapi pastikan dagu agak sedikit diangkat dan mata fokus di kaca.

4. Melihat ke Bawah

Ini salah satu pose favorit OOTD hijab yang unik! Foto candid dengan fokus mengarah ke bawah akan lebih menarik jika kedua tangan seolah-olah tengah memegang hijab. Gaya ini bisa dilakukan sambil berdiri, duduk dan cari background yang instagramable.

Baca juga: 7 Gaya Foto Couple dengan Pasangan yang Cute dan Unik

5. Pose Silau

Pose foto yang satu ini juga bisa dicoba. Yang perlu dilakukan adalah mengangkat salah satu tangan dan tempatkan di jidat mengarah ke matahari untuk menutupi wajah. Pantulan bayangan yang tercipta di wajah akan membuat foto menjadi unik. Tak hanya itu saja, dengan cahaya melimpah akan membuat foto lebih stand out dan mudah untuk diedit.

Pastinya untuk pose ini, harus menyesuaikan waktu yang tepat. Misalnya saat pagi sekitar pukul tujuh pagi, siang  di pukul 12, atau satu dan sore di pukul 5 menjelang matahari terbenam.

Bagaimana, udah siap untuk foto selfie OOTD hijab ala fashionista? Pastikan terapkan tip dan pilih salah satu panduan gaya di atas. Selamat mencoba!

Exit mobile version