10 Inspirasi OOTD Style Korea bagi Perempuan Berhijab untuk Berbagai Acara

10 Inspirasi OOTD Style Korea bagi Perempuan Berhijab untuk Berbagai Acara

Style Korea sudah merambah ke semua sisi kehidupan anak muda Indonesia, termasuk style berpakaian. Hal itu bisa dimengerti karena anak muda senang bereksperimen dan mengikuti hal-hal terbaru yang sedang tren. Anak muda Indonesia yang mayoritas beragama Islam pun berusaha mengadaptasi gaya berbusana Korea ke dalam busana muslim.

Kreativitas desainer busana muslim Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Dalam laman Kemenparekraf disebutkan bahwa berdasarkan laporan The State Global Islamic Economy, Indonesia merupakan negara terbaik kedua setelah Uni Emirat Arab dalam pengembangan fashion muslim terbaik.

10 Inspirasi OOTD Style Korea

Beberapa aturan berbusana muslim yang harus diperhatikan adalah menutup aurat, tidak tipis, dan tidak sempit. Aturan tersebut tentu saja bisa diterapkan pada gaya berbusana Korea. Di bawah ini adalah beberapa inspirasi OOTD style Korea yang mungkin bisa dicontoh atau dikembangkan sendiri.

1. Longdress Casual

Longdress dan pashmina adalah kombinasi paling aman dalam berbusana style Korea muslim. Pilih bahan baju yang tebal. Hindari lekukan di pinggang dan bagian dada yang sempit. Longdress ala Korea itu lucu-lucu. Motif baju umumnya adalah polos dan kotak-kotak, sedangkan pashmina polos. Jika ada renda, umumnya minim di area kerah atau pergelangan tangan. Tak lupa ditambah saku di pinggang.

2. Longdress dan Long Outer

Busana ini memiliki fleksibilitas tinggi untuk yang sering keluar masuk rumah. Bagian dalam baju berupa longdress  dengan atau tanpa lengan. Jika di dalam rumah, outer bisa dilepas, sedangkan jika keluar rumah, outer dipakai lagi. Untuk bahan longdress yang tipis dipadukan outer yang bisa dikancingkan. OOTD ini terinspirasi dari style Korea ketika winter.

Baca juga: Momentum Istimewa, Ini 5 Rekomendasi Bahan Hijab Bebas Gerah

3. Floral Skirt dan Boots

Kombinasi ini sering menjadi pilihan bagi yang stylish untuk ke pesta atau jalan-jalan ke mall. Floral skirt ini akan bagus sekali dari bahan yang ringan. Jika khawatir terlalu tipis, gunakan dalaman yang tebal. Lebih bagus lagi jika sepatu boots tersebut menggunakan hak. Sedangkan atasan bisa menggunakan bahan rajut polos yang menutupi pinggang.

4. Crop Top

Bukan hal yang mustahil mengenakan crop top untuk perempuan berhijab. Ada 2 pilihan aman yang bisa dicoba. Pertama, gunakan longdress yang simple, lalu kenakan croptop di bagian luar. Kedua, kenakan baju 3 lapis, terdiri dari rok panjang, atasan kemeja atau lainnya yang menutup pinggang dan cop top.

5. Bahan Rajut

Hampir di semua K-drama ada adegan mengenakan baju berbahan rajut. Umumnya baju rajut dikenakan ketika winter karena sifat bahannya yang mendatangkan panas. Di Indonesia, bahan ini bisa dikenakan di musim hujan. Baju berbahan rajut bisa dikenakan dalam bentuk vest atau rompi dan oversized sweater.

6. Longdress dan Vest

Umumnya vest style Korea menggunakan bahan rajut. Vest bisa dipadukan dengan longdress atau kombinasi 3 lapis, yang terdiri dari rok, atasan lengan panjang dan vest. Atasan dengan kerah akan terlihat bagus. Namun jika tertutup hijab sebaiknya tidak mengenakan kerah karena akan kurang nyaman dan membuat gerah.

7. Rok Rampel

Rok rampel ini sangat digemari anak muda. Namun rok rampel kurang bagus jika dikombinasikan dengan atasan yang panjang hingga menutup pinggang. Karena itu, siasati dengan baju 3 lapis, yaitu rok, atasan yang dimasukkan ke rok dan outer hingga menutup pinggang yang tidak dikancing. Atasan yang dikenakan bisa berupa bagian dalam lengan panjang dengan outer tanpa lengan. Alternatif lain mengenakan bagian dalam lengan pendek atau tanpa lengan dengan outer lengan panjang.

8. Ke Kondangan ala Korea

Salah satu aktivitas masyarakat Indonesia adalah pergi ke kondangan. Ide style Korea yang bisa dicoba adalah mengenakan rok mekar dengan bagian luar dilapisi bahan transparan misalnya organdi. Sedikit kreasi ini sudah bisa memberikan tampilan mewah. Bagian atas bisa mengenakan bahan lace atau polos yang ringan agar tidak berlebihan mengingat roknya sudah memberi kesan. Untuk lace, tidak perlu ditambah payet agar tidak berubah jadi style Indonesia.

9. Piknik Ala Korea

OOTD style Korea piknik di alam terbuka itu menyesuaikan medannya. Jika di gunung, tak ada salahnya mengenakan celana panjang demi kesalamatan. Namun jika ragu bisa melapisinya dengan rok yang tidak mengganggu ketika terkena angin atau tersangkut ranting. Bagian atas bisa memakai kaos lengan pendek oversized dan manset warna senada. Tak lupa kenakan bucket hat di atas hijab agar tidak kepanasan dan silau. Gunakan sneaker atau sepatu kets.

10. Blazer untuk Kantoran

Perempuan Korea sangat menyukai blazer. Ada bermacam-macam pilihan model blazer. Untuk oversized blazer, pilih yang polos. Sedangkan untuk bahan tweed, kenakan ukuran yang pas di pundak dan lengan. Umumnya cara mengenakan blazer Korea tidak dikancingkan meski ada kancingnya. Cukup mengenakan simple longdress ditambah blazer berbahan tweed sudah cukup keren untuk ke kantor ala style Korea.

Baca juga: Tren Hijab Terbaru, Platform Video Pendek Ini Berikan Tips dan Tutorialnya

Demikianlan inspirasi OOTD style Korea bagi perempuan berhijab untuk berbagai acara, dengan berbagai gaya modis yang chic dan elegan, sekaligus menjaga prinsip berhijab.

Exit mobile version