Optimasi Bisnis Online, MINISO Gandeng Jet Commerce

Miniso Jet Commerce

Saat ini tren belanja online di Indonesia sedang meningkat pesat selama masa pandemi. Hal ini kemudian mendorong MINISO untuk melakukan optimasi bisnis melalui kerja sama dengan Jet Commerce.

Sebagai perusahaan e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu, Jet Commerce dipercaya oleh MINISO dalam memenuhi peningkatan jumlah pesanan online. Kerja sama yang dijalin sejak bulan April lalu ini turut menjawab tantangan dalam mengelola bisnis di e-commerce selama pandemi.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian selama pandemi ini, kita wajib beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Kerja sama ini merupakan upaya MINISO dalam beradaptasi untuk dapat memahami perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan di masa sulit ini,” ujar Yingying Wu, E-commerce Marketing Manager MINISO.

Baca Juga: Penjualan Snack Meningkat Pesat Selama PSBB

Dengan menggandeng Jet Commerce, Yingying ingin memastikan setiap kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan mudah. Ia pun ingin memastikan pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu.

Seperti yang diketahui, meski memberikan berbagai dampak negatif yang berkepanjangan di berbagai sektor, pandemi Covid-19 juga telah memicu terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat.

Dalam laporan Badan Pusat Statistik bertajuk ‘Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020’, ditemukan bahwa terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320 persen pada bulan Maret dan 480% pada bulan April dibandingkan bulan Januari.

Perluas Gerai Online

Sejak 2016, MINISO telah berdiri di Indonesia dengan memiliki lebih dari 171 gerai offline yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kini MINISO telah memperluas jangkauannya dengan membuka gerai online di berbagai platform e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya

“Dengan semakin bertambahnya akses bagi pelanggan dalam mendapatkan produk-produk MINISO, kami juga harus menjaga kepercayaan dan pengalaman berbelanja konsumen di semua gerai, termasuk gerai online,” tambah Wu.

MINISO memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi. Mulai dari pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian.

Dalam kerja samanya dengan Jet Commerce, MINISO juga menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris. Layanan tersebut dimaksudkan untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk-produknya.

Mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan MINISO di berbagai platform e-commerce, sampai menganalisa data inventaris dan penjualan produk MINISO menggunakan Warehouse Order Management System. Sistem yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce ini memudahkan proses pemantauan dan pelacakan setiap produk yang dipesan.

Baca Juga: E-commerce Bukalapak Gandeng HappyFresh Sediakan Bahan Pokok Makanan

“Kepercayaan pelanggan bagi bisnis consumer goods seperti MINISO merupakan hal vital, tapi  melibatkan upaya yang kompleks. Untuk itu melalui kerja sama ini kami akan mendukung pertumbuhan bisnis MINISO,” ujar CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen.

Selain berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja pelanggan, strategi pengelolaan pesanan yang baik dari hulu hingga hilir dan pengelolaan inventaris dapat mempengaruhi performa bisnis.

Sejak dimulainya kerja sama ini pada awal April lalu, MINISO mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan sebelum masa pandemi. Beberapa produk penunjang aktivitas di rumah milik MINISO tercatat menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak.

Kategori yang dimaksud, seperti Fashion dengan produk tas dan parfum yang terjual sebanyak 30 persen dari total penjualan. Ada juga kategori produk Home Living dengan produk Yoga Mat untuk berolahraga di rumah.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp Business yang Bisa Dimanfaatkan UKM

Exit mobile version