Strategi Optimasi Toko di Marketplace

Strategi Optimasi Toko di Marketplace

Membuka toko di marketplace sekarang ini makin ramai ditekuni. Pasalnya, peluang untuk mendapatkan cuan lewat jalur ini terbuka lebar bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Agar bisa menjaring banyak pelanggan dan meningkatkan omset, optimasi toko sebaiknya dilakukan.

Makin banyak orang menyukai belanja online karena menawarkan berbagai kemudahan seperti promo di angka cantik, gratis ongkir dan mudah diakses kapan pun dan di mana pun. Jumlah pengunjung marketplace pun mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Data dari Katadata menyebutkan, Tokopedia menempati urutan pertama dengan jumlah pengunjung per bulan menembus 158,3 juta.

Lantas apa sih kelebihan membuka toko di marketplace?

Kelebihan Membuka Toko di Marketplace

 

1. Modal minim

Membuka toko di marketplace seperti Tokopedia, Shopee tidak berbayar. Dan siapa pun bisa berjualan di marketplace. Yang kamu butuhkan adalah ponsel atau laptop, kuota, dan produk yang akan dijual. Cara mendaftar di berbagai marketplace sangat mudah dan fitur yang disediakan pun bisa diakses secara gratis.

Baca juga: Tips Jualan di Tokopedia Melalui 3 Fitur Unggulan

2. Tidak ada pembatasan barang yang akan dijual

Marketplace adalah bertemunya penjual dan pembeli secara online. Dari sisi penjual, di marketplace bisa berjualan apa pun selama tidak bertentangan dengan aturan. Bagi pembeli, ada banyak pilihan toko untuk berbelanja dan ini memudahkan mereka mendapatkan barang yang ingin dicari.

3. Banyak promosi

Berbelanja di marketplace pembeli dimanjakan dengan banyak promo. Mulai dari promo harbolnas, angka cantik setiap bulan maupun gratis ongkir. Jadi, kamu tinggal menyesuaikan mau ikut promo dari marketplace atau bikin promo sendiri.

4. Mudah mendaftar dan digunakan

Berjualan di marketplace, kamu cukup membuat akun, mendaftar, unggah foto produk dan isi deskripsi produk. Apalagi semua marketplace tidak membebankan biaya bagi yang ingin buka toko. Di sisi konsumen, aplikasi marketplace sangat mudah digunakan dan sistemnya pun tidak ribet.

Kelebihan inilah yang membuat banyak orang tertarik membuka toko di marketplace. Apabila kamu sudah memiliki toko di marketplace, maka perlu menjalankan optimasi toko agar bisa menaikkan omzet.

Strategi Optimasi Toko di Marketplace

Optimasi toko marketplace sering dilakukan oleh toko online agar ketika calon pembeli mengetik nama produk yang dicari maka produk kamu akan muncul di urutan teratas. Sebenarnya cara kerja optimasi toko marketplace kurang lebih mirip dengan Google. Pengguna cukup mengetik keyword maka akan muncul rekomendasi produk.

Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk optimasi toko di marketplace.

1. Keyword

Keyword merupakan hal yang penting dalam optimasi toko marketplace. Maka sebaiknya tentukan keyword apa yang berhubungan dengan produk kamu. Sebaiknya keyword disematkan di judul produk, deskripsi, dan hestek.

2. Kategori

Penting untuk memilih kategori agar sesuai dengan produk yang akan kamu jual. Mengapa demikian? Agar algoritme marketplace bisa memberikan rekomendasi ketika calon pembeli mencari produk yang berhubungan secara nama maupun kategori.

Kompetisi di marketplace sangat ketat, kamu akan bersaing dengan brand-brand besar di sana. Berada di urutan atas tentunya berpengaruh terhadap penjualan. Oleh karena itu, ketika upload produk di marketplace selalu gunakan kata kunci serta kategori yang tepat, ya.

Baca juga: Rekomendasi 7 Ide Diskon Menarik untuk Dongkrak Penjualan di E-Commerce

3. Unggah produk

Unggah produk ternyata berpengaruh terhadap optimasi toko di marketplace. Ada beberapa hal terkait unggah produk yang perlu diperhatikan karena bisa berdampak akan ketertarikan pembeli ke produk yang dijual.

Hindari copy paste deskripsi produk orang lain

Buatlah deskripsi yang original berdasarkan produk yang kamu jual. Walaupun ada toko lain yang menjual produk mirip dengan tokomu, hindari copy paste ya. Karena setiap produk pastinya memiliki keunikan tersendiri.

Deskripsi yang informatif

Calon pembeli lebih menyukai deskripsi yang informatif dan menentukan apakah produk itu akan dibeli atau tidak. Tuliskan detail dari produk misal bahan, ukuran, lama penggunaan dan lain-lain. Manfaatkan sebaik mungkin kolom deskripsi untuk menggaet calon pembeli yang awalnya hanya melihat menjadi tertarik membeli.

Gunakan foto sendiri

Sebaiknya gunakan foto sendiri. Walaupun foto menggunakan kamera ponsel setidaknya kamu jujur kepada calon pembeli. Sekarang ini ada banyak trik untuk membuat foto menarik bermodalkan kamera ponsel kok, jadi manfaatkan hal tersebut.

Atau kalau kamu reseller, mintalah foto ke suplier resmi.

Harga

Perang harga di marketplace itu hal yang lumrah terjadi. Ini disebabkan karena banyaknya penjual dan kemiripan antara produk satu toko dengan toko lainnya.

Strategi optimasi toko di marketplace terkait harga adalah buatlah harga yang kompetitif versi kamu. Kompetitif di sini tidak berarti kamu banting harga menjadi sangat murah, ya.

Di setiap marketplace ada fitur list berdasarkan dari harga terendah sampai termahal. Di sinilah peluang kamu untuk mendapatkan pembeli di berbagai level harga, selama harga produk kamu masih di level wajar di pasaran.

Baca juga: Tips Jadi Seller Online Shop yang Sabar Menghadapi Komplain Pelanggan

4. Manfaatkan fitur promosi dan iklan

Harus diakui daya tarik terbesar marketplace ada di fitur promosi. Coba perhatikan, ketika pihak marketplace mengadakan promo belanja, umumnya toko yang mengikuti promo tersebut omzetnya akan terkatrol naik.

Nah, manfaatkan promosi dari pihak marketplace dengan promo dari tokomu sendiri. Misal, beberapa produk didiskon lalu digandeng promo gratis ongkir dari marketplace.

Selain itu, fitur iklan berbayar dari pihak marketplace adalah strategi optimasi toko terbaik yang bisa kamu lakukan. Karena dengan iklan berbayar maka toko kamu akan muncul di urutan teratas dengan keyword yang sudah kamu tentukan.

5. Tingkatkan performa toko

Optimasi toko di marketplace yang terakhir adalah meningkatkan performa toko. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain:

Mendapatkan penghasilan sampingan dengan membuka toko di marketplace bisa kamu lakukan dengan menerapkan strategi optimasi toko di atas. Lakukan dengan rutin dan jangan lupa untuk kelola keuangan toko dengan baik ya agar kamu bisa menikmati keuntungannya. Selamat mencoba!

Exit mobile version