Saat Paket JNE Belum Sampai, Apa yang Harus Dilakukan?

Ada beberapa faktor yang menentukan mengapa paket JNE belum sampai ke alamat penerima. Salah satu yang menjadi kendala adalah kesalahan input data terkait alamat penerima.

JNE merupakan perusahaan ekspedisi besar terpercaya di Indonesia. Sudah puluhan tahun JNE menghadirkan berbagai layanan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Jangkauan area distribusinya sekarang ini telah lebih dari 83.000 kota termasuk kabupaten, desa, pulau terluar dengan jumlah 8.000 titik.

Banyak pebisnis online, perusahaan dan masyarakat mengandalkan layanan JNE dalam pengiriman paket. Untuk memudahkan para pelanggan, JNE pun menyediakan tracking online supaya tahu posisi paket dalam proses pengiriman.

Penyebab Paket JNE Belum Sampai

Cara Menjadi Agen JNE, Sebuah Panduan untuk Pemula

Dalam proses tersebut sering kali muncul berbagai kendala sehingga paket JNE belum sampai ke penerima. Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kendala ini antara lain sebagai berikut.

Proses Pengiriman Masih Berjalan

Umumnya pengiriman yang diproses oleh kurir masih menuju ke gudang atau kota yang dituju belum selesai dilakukan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Mengecek Paket JNE yang Efisien

Resi Terlambat Diupdate

Hal ini juga menjadi faktor saat petugas belum update status paket JNE

Salah Input Informasi

Faktor yang satu ini juga menjadi kendala mengapa paket belum sampai. Misalnya, petugas JNE salah memasukkan kode kota atau gudang, sehingga menyebabkan status yang muncul tidak bergerak. Atau bisa juga kesalahan penulisan oleh pengirim, misalnya salah angka di kode pos, nomor telepon atau typo.

Penundaan Pengiriman

Faktor penundaan pengiriman pun bisa terjadi. Beberapa hal yang menyebabkan hal ini antara lain cuaca buruk, ada bencana alam, kendala logistik dan masalah di kendaraan operasional.

Masalah Teknis

Kendala teknis juga menjadi faktor paket JNE belum sampai. Misalnya, ada masalah terkait dokumen pengiriman atau masalah di sistem JNE

Semua hal tersebut bisa diketahui saat melakukan tracking, status yang muncul bertuliskan JNE on Process. Tapi, apabila ini berlanjut berhari-hari, apa yang harus dilakukan?

Cara Cek Status Pengiriman Paket JNE

Sebelum masuk ke langkah-langkah, yang harus dilakukan ada mengecek status pengiriman paket JNE tersebut. Karena komplain bisa dilakukan apabila status paket belum berubah atau sudah melewati estimasi pengiriman.

Berikut beberapa cara cek status pengiriman paket JNE.

1. Melacak Resi Melalui Website Resmi JNE

2. Melacak Resi Melalui Aplikasi MyJNE

3. Melacak Melalui Google

Langkah untuk Cek Paket JNE Belum Sampai

1. Mengecek Ulang Estimasi Layanan Pengiriman

Sebelum melakukan komplain ke JNE, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek estimasi pengiriman dari layanan yang dipilih. Karena, status yang tidak berubah tapi masih dalam batas estimasi pengiriman, maka hal ini tidak masalah.

2. Lapor ke Chat Joni

Jika estimasi pengiriman sudah lewat tapi status paket JNE belum sampai, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan fitur ‘Chat Joni’ di website resmi JNE. Fitur ini ada di bagian bawah sebelah kanan.

Langkah-langkah untuk Chat Joni sebagai berikut:

Setelah melakukan langkah tersebut, ditunggu saja, biasanya akan ada balasan dari fitur tersebut.

3. Menghubungi Call Center JNE

Langkah kedua sudah dilakukan, tapi belum ada respon dari fitur Chat Joni, cara lain yang bisa dicoba adalah menghubungi call center JNE.

Nomor customer service JNE yaitu (021) 29278888. Setelah tersambung, sampaikan keluhan yang dialami terkait paket JNE belum sampai.

4. Menanyakan Melalui Media Sosial

Media sosial merupakan media komunikasi. Pelanggan bisa memanfaatkan media sosial untuk menanyakan paket JNE yang belum sampai ke penerima. Sebaiknya, menggunakan fitur direct message bukan komen agar terbaca oleh admin.

Berikut adalah akun media sosial JNE:

5. Mendatangi Kantor JNE

Apabila keempat cara di atas masih belum ada respon, jawaban atau solusi terbaik, lakukan langkah terakhir yakni mendatangi kantor JNE terdekat. Sampaikan keluhan ke petugas tentang permasalahan paket JNE belum sampai.

Untuk mengetahui lokasi kantor JNE terdekat, bisa melalui website resmi JNE, Google maps.

Baca juga: Cara Menulis Alamat dengan Benar agar Paket Aman Sampai di Tujuan

Langkah-langkah di atas bisa diterapkan apabila mengalami kondisi paket JNE belum sampai. Apalagi jika paket tersebut urgent, bisa langsung menghubungi layanan call center atau langsung mendatangi kantor JNE terdekat di kota.

Exit mobile version