Panduan Wisata Bedugul: Destinasi Seru untuk Liburan di Bali

JNEWS – Setiap sudut Pulau Dewata memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari pesona budaya, wisata alam hingga kuliner. Di antara kawasan wisata favorit wisatawan, Bedugul memiliki pesona tersendiri. Wisata Bedugul didominasi oleh pemandangan danau yang indah serta udara sejuk karena berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl.

Bedugul berada di Kecamatan Baturiti, Tabanan. Dari pusat Kota Denpasar, jaraknya kurang lebih 50 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 55 menit. Akses menuju kawasan ini sangat mudah dan di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah.

Di salah satu sisi jalan akan nampak hijaunya daerah persawahan yang berundak-undah, di sisi lain ada lembah nan hijau. Hal inilah yang membuat wisata Bedugul masuk ke dalam daftar favorit dan wajib dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

7 Destinasi Wisata Bedugul yang Populer

Berkunjung ke Bedugul, jangan lewatkan sejumlah destinasi wisata menarik berikut ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Panduan Wisata Bedugul: Destinasi Seru untuk Liburan di Bali

1. Danau Beratan

Lanskap indah Danau Beratan sudah termasyhur di kalangan wisatawan. Pemandangan pura dan taman di tengah danau dengan latar belakang perbukitan hijau ini diabadikan di dalam uang pecahan lima puluh ribu rupiah.

Danau Beratan memiliki luas sekitar 375,6 hektare dengan kedalaman 22-48 meter. Dengan luas tersebut, menjadikan danau ini sebagai danau terluas kedua setelah Danau Batur. Danau ini terletak di ketinggian sekitar 1230 meter, sehingga udaranya sangat sejuk dan terkadang turun kabut.

Tidak sulit menemukan lokasi danau ini karena berada di tepi jalan raya. Wisatawan bisa berkendara menuju tujuan tanpa mesti berjalan kaki. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti memancing, keliling danau naik perahu hingga makan di restoran.

Baca juga: Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam: Waktu Terbatas untuk Liburan Maksimal

2. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul atau biasa dikenal dengan Kebun Raya Bali sebenarnya bernama Kebun Raya Eka Karya Tabanan. Wisata Bedugul ini adalah salah satu kebun raya terluas di Indonesia. Adapun luasnya mencapai 157,5 hektare.

Selain luas, kebun raya ini berada di ketinggian 1.240 meter di atas permukaan laut. Tak sekadar tempat wisata, kebun raya ini juga merupakan tempat konservasi dan edukasi. Lebih dari 2000 spesies flora ada di sini, sebut sana begonia, anggrek hingga kaktus.

Menariknya lagi, pohon-pohon di sini berumur lebih dari satu abad. Karena memiliki lahan luas, di sini juga terbadap wahana seperti Rumah Kaca Begonia, Ramayana Boulevard, Tanaman Bambu, Taman Usada, Taman Mawar, Taman Surya Nirwana dan Taman Rhododendron.

3. Pura Ulun Danu

Berkunjung ke Danau Beratan wajib menyambangi Pura Ulun Danu atau yang biasa disebut sebagai Pura Penataran Agung Ulun Danu. Kehadiran pura ini sangat sakral karena merupakan salah satu dari Sembilan Pura Kahyangan Jagat yang mengelilingi Pulau Dewata.

Dikutip dari Love Bali, terletak di sebelah barat Danau Beratan di Bedugul, Pura Ulun Danu Bratan adalah pura abad ke-17 yang didedikasikan untuk trinitas Hindu, Brahma-Wisnu-Siwa. Dikelilingi oleh danau yang memberikan tampilan ‘mengambang’, pura ini dibangun dengan gaya tradisional Bali dengan kuil bertingkat untuk menghormati dewa-dewa Hindu. Dengan latar belakang pegunungan Bedugul, tempat ini menjadi tempat pemujaan yang indah.

Pura Ulun Danu dibangun pada Tahun Saka 1556 oleh I Gusti Agung Putu, Raja Puri Mengwi yang pertama. Kompleks pura ini cukup luas, ada beberapa bagian di dalamnya yaitu Lingga Petak, Taman Beji, Dalem Purwa, Penataran Agung, Stupa dan Prajapati.

4. Danau Buyan

Danau Buyan berada di ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut dan berdekatan dengan Danau Tamblingan. Kawasan danau ini juga merupakan area konservasi wisata dengan luas mencakup 15.000 hektare. Di sini, wisatawan bisa bertemu dengan monyet ekor panjang dan hewan lainnya di sekitaran danau.

Menariknya, Danau Buyan adalah salah satu camping ground terbaik yang ada di Pulau Bali. Panorama alam yang eksotis dan indah merupakan faktor utama tempat ini disukai para wisatawan yang ingin berkemah. Selain itu, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan di tempat ini seperti trekking, sepeda santai hingga memancing.

5. The Sila’s Agrotourism

Ingin mencoba pengalaman baru bercocok tanam ala hidroponik, maka wajib mengunjungi The Sila’s Agrotourism. Destinasi wisata ini menarik dikunjungi bersama keluarga. Apalagi ditambah udara sejuk khas daerah pegunungan, membuat kunjungan wisata Bedugul ini akan terasa lebih menyenangkan.

Lokasi wisata ini berada di di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Ada sejumlah perkebunan buah yang disediakan seperti jeruk, stroberi dan juga jambu.

Selain itu, wisatawan bisa menjajal beragam aktivitas lainnya seperti main ATV, paintball, trekking, bersepeda, flying fox, memancing dan berkemah. Wahana lain yang tak kalah seru untuk dicoba adalah kincir dengan tinggi 30 meter serta kora-kora. Untuk anak-anak ada area Kid’s Zone dengan berbagai aktivitas mulai dari mandi balon, wall climbing dan lain-lain.

6. The Blooms Garden

The Blooms Garden merupakan taman yang disebut terinspirasi dari Dubai Miracle Garden. Sejak dibuka pada bulan Juni 2019, kawasan wisata dengan luas mencapai 4,5 hektare ini tidak pernah sepi pengunjung.

Ada 10 jenis bunga yang tersebar di berbagai area taman di tempat ini. Area taman tersebut yaitu Taman Merak, Taman Oval, Taman Dewi Danu serta Taman Cinta. Selain mengunjungi taman bunga, ada juga kebun kopi yang menarik dikunjungi. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di The Blooms Garden yaitu main ATV, bersepeda, aktivitas outbond dan lain sebagainya.

7. Wisata Petik Stroberi

Bedugul berada di daerah ketinggian sehingga cocok ditanami berbagai jenis buah-buahan termasuk stroberi. Apabila sudah puas mengunjungi Kebun Raya Bedugul, bisa mampir ke wisata Bedugul lainnya yakni kebun stroberi. Lokasinya tidak jauh dari kebun raya sehingga bisa sekali jalan.

Di tempat wisata ini, wisatawan bisa langsung memetik buah stroberi dan mencicipinya langsung tanpa perlu bayar terlebih dulu. Wisata Petik Stroberi cocok dikunjungi bersama anak-anak karena aktivitasnya menyenangkan serta mengedukasi. Stroberi yang dipetik di tempat ini bisa dijadikan oleh-oleh.

Tip Perjalanan ke Wisata Bedugul

1. Siapkan Itinerary

Berlibur ke mana pun sebaiknya menyiapkan itinerary. Apalagi berkunjung ke kawasan wisata Bedugul yang memiliki sejumlah tempat menarik dan unik. Dengan menyiapkan itinerary, perjalanan akan lebih menyenangkan dan bisa mengunjungi ke berbagai tempat wisata.

2. Memilih Akomodasi Sesuai Bujet

Akomodasi seperti tiket pesawat dan lokasi penginapan juga harus disiapkan secara matang. Untuk tiket pesawat bisa dibooking dari jauh hari agar bisa mendapatkan harga yang relatif terjangkau. Sedangkan tempat penginapan bisa dipilih yang dekat dengan lokasi wisata sehingga tidak sulit untuk menjangkaunya.

Selain tiket dan penginapan, akomodasi kendaraan selama berlibur pun harus dipikirkan. Apakah mau rental mobil atau menggunakan ojek online.

3. Bawa Pakaian Hangat, Kenakan Sepatu Nyaman dan Payung

Daerah Bedugul terletak di ketinggian, jadi pastikan membawa sejumlah pakaian hangat seperti sweater atau jaket untuk mengantisipasi udaranya yang dingin. Sediakan juga payung karena cuaca di Bedugul kadang hujan.

Selain itu, kenakan sepatu yang nyaman agar perjalanan mengelilingi tempat wisata maupun trekking tidak membuat kaki sakit atau lecet.

4. Kenakan Pakaian Sopan dan Jaga Etika

Berkunjung ke pura, wisatawan wajib mengenakan pakaian yang sopan karena tempat tersebut berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Jaga pula etika selama berada di dalamnya dengan tidak berisik ataupun teriak.

Apabila mengunjungi pura ada upacara ritual, sebaiknya tidak langsung memotret tapi minta izin terlebih dulu apakah mereka berkenan atau tidak. Selain itu, hormati alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Sejarah dan Arsitektur Taman Ayun Bali: Keindahan Pura Kerajaan Mengwi

Wisata Bedugul menawarkan ‘paket’ lengkap, mulai dari wisata budaya hingga edukasi yang cocok bagi semua kalangan. Menerapkan tip di atas juga perlu dilakukan agar liburan lebih seru dan menyenangkan.

Exit mobile version